Jangan Tertukar! Kenali Perbedaan Influencer dan Key Opinion Leader (KOL)

297

Siapa yang masih mengira kalau influencer itu sama dengan Key Opinion Leader (KOL)?. Walaupun memiliki kesamaan dalam memberikan pengaruh, namun kedua istilah tersebut merujuk kepada individu yang berbeda lho.

Lantas apa perbedaan influencer dan KOL? Simak penjelasannya di artikel ini ya.

Apa Itu Key Opinion Leader (KOL)

Seseorang dikatakan sebagai key opinion leader (KOL) berdasarkan pengalamannya secara professional dalam menggeluti bidang tertentu.

Pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh KOL menjadikan mereka sebagai sumber informasi yang terpercaya.

Mereka memiliki pengetahuan khusus terkait topik di bidang tertentu dan biasanya mereka memiliki latar belakang profesi yang sesuai dengan materi yang mereka bahas. 

Biasanya KOL berprofesi sebagai dokter, psikolog, pengacara, guru, ahli keuangan dan lainnya.

Biasanya KOL berbagi informasi di stasiun televisi, radio, media cetak atau menjadi narasumber di event tertentu yang ada kaitannya dengan profesi mereka.

Namun saat ini KOL juga sudah mulai menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok dan Youtube untuk berbagi informasi seputar bidang yang mereka tekuni.

Jangkauan audiens KOL cukup luas dan lebih spesifik. KOL memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pengikutnya dalam menggunakan produk atau layanan tertentu.

Rekomendasi dan pendapat dari KOL biasanya memiliki tingkat kepercayaan yang cukup tinggi, karena mereka dianggap ahli dalam bidang tertentu.

Konten KOL yang bisa kamu lihat seperti di akun instagram milik @dr.mita.spkk yang selalu berbagi informasi dan memberikan edukasi mengenai kesehatan kulit atau akun @pritaghozie seorang financial planner yang konten nya berisi mengenai informasi cara mengelola keuangan.

Apa Itu Influencer?

Infliuencer adalah seseorang yang populer dan memiliki pengaruh yang begitu besar di media sosial. Semua yang berkaitan dengan influencer mulai dari aktivitas sehari-hari, gaya berpakaian tidak luput dari perhatian para pengikutnya. 

Bahkan para pengikutnya akan membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer. Hal tersebut bisa terjadi karena hubungan yang terjalin diantara keduanya sangat solid dan memiliki tingkat kepercayaan yang cukup tinggi.

Jangkauan audiens yang luas dengan jumlah pengikut yang banyak, membuat banyak perusahaan yang bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk.

Influencer menjadi salah satu strategi marketing yang banyak digunakan saat ini. Seorang influencer menggunakan media sosial sebagai sarana berkomunikasi dan berbagi dengan para pengikutnya seperti Instagram, TikTok, Twitter, Youtube dan Podcast. 

Perbedaan KOL dan Influencer

Key opinion leader (KOL) dan Influencer sama-sama memiliki pengaruh yang besar kepada audiensnya. Tapi ada beberapa hal yang membedakan keduanya, yaitu : 

Media yang Digunakan

Perbedaan pertama diantara influencer dan KOL adalah penggunaan media. Influencer menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk atau berbagi aktivitas keseharian. Mereka membangun kepercayaan dengan audiens melalui konten yang mereka bagi melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok atau Youtube.

KOL biasanya diundang untuk berbagi informasi dan pandangannya melalui media konvensional seperti Televisi, radio atau acara seminar. Tapi saat ini KOL juga menggunakan media sosial untuk berbagi informasi terkait bidang yang digelutinya.

Kredibilitas 

Kredibilitas KOL dilihat berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya dalam menekuni profesi di bidang  tertentu.

Keahlian, kemampuan dan kualifikasi merupakan beberapa kredibilitas yang dimiliki seorang key opinion leader.

Pendapat dan pandangan KOL tidak dipengaruhi oleh jumlah pengikut yang banyak. hal itu karena mereka adalah profesional di bidangnya, sehingga pendapat mereka memiliki tingkat validitas yang tinggi.

Seorang influencer mendapat kredibilitas dari konten yang mereka buat. Semakin banyak pengikut, maka konten seorang influencer dianggap baik dan menarik.

Influencer biasanya memberikan rekomendasi dan ulasan, namun bukan berbicara dari sudut pandang ahli sehingga kita tetap harus melakukan cross check untuk mengetahui validitasnya.

Cara Menyampaikan Informasi

Dalam menyampaikan informasi atau berbagi pandangan, KOL biasanya melengkapinya dengan data. Bahasa yang digunakan pun cenderung lebih formal dan menggunakan istilah-istilah tertentu yang relevan dengan bidang yang mereka geluti.

Biasanya audiens yang mengikuti KOL punya ketertarikan akan informasi atau pengetahuan di bidang tertentu.

Influencer lebih kasual dalam menyampaikan informasi. Hal tersebut bisa dilihat dari tampilan atau isi konten yang mereka bagikan. Bahasa yang mudah dimengerti menjadikan konten influencer dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan diantara Key Opinion Leader (KOL) dan Influencer. Semoga kamu tidak keliru lagi ya dalam menggunakan istilah Influencer dan KOL.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading