Mengenal Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Meningkatkan  Bisnis

248

Strategi marketing dengan menggunakan influencer marketing saat ini banyak dilakukan oleh pelaku bisnis. Penggunaan media sosial yang masif juga menjadi salah satu alasan kenapa menggunakan influencer marketing sangat efektif untuk melakukan promosi produk.

Seorang influencer memiliki pengaruh yang begitu besar di media sosial. Ulasan produk, gaya berpakaian bahkan kegiatan sehari-hari mereka bisa menjadi perhatian dan diikuti oleh pengikutnya. 

Penggunaan influencer menjadi cara yang efektif dalam membangun kesadaran merek dan membantu meningkatkan penjualan.

Mengenal Influencer Marketing

Influencer marketing adalah salah satu bentuk strategi marketing yang menggunakan jasa  influencer. Bentuk kampanye pemasaran yang dihasilkan adalah kolaborasi antara influencer dengan merek.

Seorang influencer tidak terbatas dari kalangan selebritis saja, tapi bisa juga individu atau sekelompok orang yang memiliki pengikut yang solid dan dianggap ahli dalam bidangnya. influencer adalah orang-orang yang memiliki pengaruh kuat terhadap pengikutnya dan memiliki jumlah pengikut yang banyak. 

Penggunaan influencer marketing bisa berhasil dikarenakan tingkat kepercayaan yang telah dibangun oleh influencer dengan para pengikutnya. Jika influencer memberikan ulasan atau rekomendasi suatu produk, maka pengikutnya biasanya akan membeli produk tersebut.

Rekomendasi yang diberikan influencer akan menjadi daya tarik dalam menarik calon pelanggan potensial.

Baca Juga : Mengenal Jenis Influencer dan Manfaatnya untuk Memaksimalkan Bisnis

Manfaat Influencer Marketing Untuk Bisnis

Di era digital saat ini banyak perubahan yang terjadi, termasuk perilaku orang dalam melakukan pembelian. Pemasaran online yang berkembang dengan pesat memaksa para pelaku bisnis untuk menyesuaikan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. 

Influencer marketing menjadi salah satu strategi pemasaran online yang akan membantu dalam meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan audiens terhadap merek dan meningkatkan penjualan.

Beberapa manfaat yang akan didapatkan saat menjalin kerja sama dengan Influencer marketing

Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Dengan jumlah pengikut yang banyak bahkan bisa mencapai 1.000.000 lebih pengikut, seorang influencer dapat memberikan pengaruhnya saat memberikan ulasan atau mempromosikan produk.

Saat influencer mempromosikan produk, maka akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis kamu. Pastikan influencer memiliki pengikut yang sesuai dengan kriteria produk kamu, sehingga akan memudahkan untuk mengenalkan produk dan memperluas jangkauan kepada calon pelanggan potensial.

Meningkatkan Brand Awareness

Influencer akan membantu kamu meningkatkan brand awareness produk karena memiliki basis pengikut yang banyak. Bisnis baru akan sangat terbantu dengan ulasan yang diberikan oleh influencer. Karena secara tidak langsung para pengikutnya akan mengingat produk yang dipromosikan oleh influencer yang mereka percayai. Para pengikut akan lebih menyukai produk yang digunakan oleh influencer yang mereka sukai.

Meningkatkan Kepercayaan

Banyak yang melakukan pembelian produk karena melihat rekomendasi influencer atau melihat unggahan produk yang dibagikan oleh influencer

Seorang influencer mendapatkan kepercayaan dari para pengikutnya karena hubungan solid yang dibangun. Menggunakan infulencer untuk mempromosikan produk akan membuat produk mendapat kepercayaan lebih cepat karena kredibilitas influencer yang terpercaya.

Konten Promosi yang Menarik

Biasanya influencer akan membuat konten dengan tampilan visual yang menarik, fresh dan unik. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri dan  lebih efektif dalam menjangkau audiens. Penyampaian konten yang jujur, otentik dan natural menjadikan konten yang disajikan oleh influencer menjadi lebih menarik.

Baca Juga : Memahami Peran, Mekanisme & Era Baru Influencer Marketing

Nah, itulah gambaran singkat mengenai influencer marketing. Pastikan influencer yang kamu ajak kerja sama sesuai dengan niche produk kamu sehingga tujuan bisnis dapat tercapai.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading