UMKM Bangkit Bawa Indonesia Mendunia

137

Pandemi Covid – 19 berdampak sangat besar terhadap keseluruhan tatanan kehidupan umat manusia. Banyak perubahan terjadi untuk menyesuaikan kondisi yang luar biasa tersebut. Salah satunya adalah pembatasan kegiatan sosial yang dilakukan di seluruh dunia. Akibatnya, perekonomian di seluruh dunia menjadi lemah. Beberapa dampak besar yang langsung terjadi adalah peningkatan angka pengangguran akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan untuk meyelamatkan angka profit. Oleh karena itu, Pemerintah berupaya untuk memperkuat kondisi perekonomian melalui Kebijakan Pelonggaran Pembatasan Sosial yang dimulai sejak Bulan Mei Tahun 2022. Salah satu sektor yang langsung mengalami manfaatnya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia tahun 2022, Sektor UMKM berkontribusi sebesar 60,5 % terhadap PDB Nasional dan mampu menyerap tenaga kerja sebesar 96,9%. Hal ini mengindikasikan adanya kebangkitan di sektor UMKM terhdapa perekonomian Indonesia. Tren tersebut terus berlangsung hingga awal tahun 2023 dan semakin ramai diperbincangkan karena beberapa produk UMKM berhasil tembus pasar dunia. Kami melakukan pemantauan melalui NoLimit Dashboard pada 28 Januari 2023 hingga 28 Februari 2023 yang mana menunjukan adanya peningkatan perbincangan di Media Sosial terkait UMKM Indonesia.

Sumber: NoLimit Dashboard

Day to Day Talk

Sumber: NoLimit Dashboard

Hasilnya, terdapat 11.372 talk dari 5.487 talker selama periode monitoring di Social Media. Perbincangan yang terjadi memiliki kecenderungan mengalami kenaikan selama sebulan terakhir dengan perbincangan tertinggi terdapat pada tanggal 27 Februari 2023 sebesar 963 talk. Hal ini dikarenakan terdapat perbincangan terkait salah satu produk UMKM Indonesia yang bergerak di sektor fashion berhasil menyelenggarakan pameran di New York Fashion Week 2023. Hal ini tentu membawa dampak positif karena ikut serta memperkenalkan budaya dan karakteristik fashion Indonesia ke internasional.

Baca juga  Perlukah Menjalankan Social Media Marketing?

Share of Voice

Sumber: NoLimit Dashboard

Selain UMKM yang bergerak di sektor fashion, UMKM Makanan dan Minuman juga berhasil menembus pasar ekspor pada periode pengamatan ini. Selain kedua sektor UMKM tersebut, terdapat juga sektor otomotif dan furniture yang juga ikut diperbincangkan pada periode pengamatan tersebut. Berdasarkan 11.372 perbincangan di Social Media terkait UMKM Indonesia, 51% membicarakan terkait UMKM Fashion. Kemudian diikuti oleh UMKM sektor makanan dan minuman 37%, UMKM Otomotif 9%, dan UMKM Furniture 3%.

5 Top Topik

Sumber: NoLimit Dashboard

Topik yang paling banyak diperbincangkan di Media Sosial terkait UMKM Indonesia selama periode pengamatan adalah terkait keikutsertaan UMKM Fashion Indonesia dalam pagelaran New York Fashion Week 2023. Hal ini berdampak baik untuk memperkenalkan mode fashion Indonesia ke dunia internasional. Selain mode fashion, corak kebudayaan juga menjadi salah satu objek yang secara tidak langsung dipromosikan dalam pagelaran tersebut. Dari sisi ekonomi, keikutsertaan ini dapat berdampak pada peningkatan jumlah pembelian produk fashion Indonesia sehingga mampu lebih banyak menumbuhkan UMKM fashion baru yang bisa membuka lapangan pekerjaan.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading