Asean Tourism Forum 2023

327

ASEAN Tourism Forum (ATF) adalah upaya kerja sama regional untuk mempromosikan Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sebagai salah satu tujuan wisata. Acara tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Viet Nam. Forum Pariwisata ASEAN (ATF) memiliki tugas utama untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai salah satu tujuan wisata di mana keramahan dan keragaman budaya Asia berada pada yang terbaik. ATF didirikan pada tahun 1981. Setiap tahun, tuan rumah ATF digilir di antara negara-negara anggota.

Latar Belakang ATF, ASEAN Tourism Forum (ATF) adalah acara pariwisata tahunan terbesar di kawasan ASEAN. Forum Pariwisata ASEAN akan dihadiri oleh para pembuat kebijakan, pelaku industri pariwisata, pemasok produk dan jasa berbasis pariwisata di kawasan ASEAN. ATF terdiri dari dialog antara Kementerian Pariwisata, organisasi sektor swasta, juga Travel Exchange (TRAVEX) antara peserta pameran ASEAN dan pembeli internasional.

Tujuan utama ASEAN Tourism Forum (ATF) adalah  Proyeksi ASEAN sebagai tujuan tunggal multifaset yang menarik dari pasar penghasil turis utamaPeningkatan kesadaran ASEAN sebagai tujuan wisata regional yang sangat kompetitif di kawasan Asia-Pasifik. Promosi peningkatan arus wisatawan ke masing-masing dan/atau kombinasi negara-negara anggota ASEAN dari berbagai negara penghasil wisatawan; Promosi perjalanan intra-ASEAN, dan Penguatan ikatan kerja sama di antara berbagai sektor industri pariwisata ASEAN. Secara khusus, ATF juga bertujuan untuk Menjadi konvensi tahunan industri pariwisata ASEAN untuk tujuan bertukar pikiran, meninjau perkembangan industri dan bersama-sama merumuskan rekomendasi khusus untuk lebih mempercepat pertumbuhan pariwisata ASEAN, dan menyediakan platform untuk jual beli produk pariwisata regional dan individual negara-negara anggota ASEAN.

Jika dilihat dari grafik diatas trend pembicaraan Asean Tourism Forum dari 1 Februari hingga 28 Februari mengalami penurunan. Pembicaraan tertinggi terjadi di minggu awal Februari tepatnya di tanggal 1-7  Februari dikarenakan adanya pembicaraan terkait pengumuman Yogyakarta menjadi Tuan Rumah Asean Tourism Forum.

Topik ASEAN Tourism Forum di Media Sosial

Dalam kurun waktu Januari hingga Februari, terdapat sejumlah topik yang dibicarakan oleh netizen terkait Asean Tourism Forum di media sosial.

Perkenalan Destinasi Wisata Yogyakarta menjadi topik yang paling banyak dibicarakan oleh netizen. Ada yang membicarakan terkait kesiapan venue utama hingga program SiBakul Jogja.

Beberapa Cuitan Netizen

Berikut ini beberapa cuitan netizen di media sosial mengenai Asean Tourism Forum yang beberapa waktu lalu berlangsung di Yogyakarta.

Berikut ini merupakan hasil analisis menggunakan NoLimit Dashboard, bagaimana tanggapan sobat NoLimit mengenai ASEAN Tourism Forum 2023? berikan tanggapanmu di kolom komentar ya sobat NoLimit!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading