Data Center : Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tips memilih yang Terbaik Untuk Bisnis

154
0

Data center adalah suatu pusat pengolahan data yang dirancang untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data serta aplikasi. Sebagai infrastruktur terpusat, data center menjadi inti dari operasional bisnis, penyediaan layanan cloud, dan pengelolaan aplikasi pada era digital ini. 

Sebagai fondasi digital, data center menjadi elemen kunci dalam mendukung konektivitas dan transformasi digital di berbagai sektor. Selengkapnya, yuk simak artikel berikut!

Pengertian Data Center

Data center adalah pusat operasional yang dirancang untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data serta aplikasi secara efisien. Dalam ranah teknologi informasi, data center menjadi infrastruktur kunci yang mendukung berbagai layanan dan operasional bisnis. 

Dengan kata lain, data center adalah tempat di mana semua informasi dan aplikasi penting diolah dan dijaga. Di dalamnya, terdapat komponen utama seperti server, pusat penyimpanan data (storage), dan jaringan yang saling terhubung. 

Server berperan menjalankan aplikasi dan menyimpan data, sedangkan jaringan memastikan semua perangkat terkoneksi dengan baik. Oleh karenanya, data center memastikan bahwa aplikasi yang kita gunakan setiap hari berjalan dengan lancar dan memberikan akses data yang cepat.

Baca Juga : Data: Indonesia Internet Users up to 78.19% This Month

Jenis-jenis Data Center

Beberapa jenis data center yang paling banyak digunakan, di antaranya yaitu:

  • Enterprise data center: Dikelola oleh perusahaan besar untuk kebutuhan internal, termasuk penyimpanan data dan aplikasi bisnis.
  • Cloud data center: Menyediakan infrastruktur cloud computing dan menyimpan data secara virtual di lingkungan cloud.
  • Colocation data center: Memberikan fasilitas fisik untuk menyimpan server dan perangkat keras IT.

Manfaat Data Center

Adapun sejumlah manfaat yang akan diperoleh dengan menggunakan data center, antara lain adalah:

  • Menyediakan ruang penyimpanan yang efisien dan terstruktur untuk data perusahaan.
  • Menjamin aksesibilitas data secara terus-menerus selama 24/7.
  • Memungkinkan perusahaan untuk mengubah kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan bisnisnya.
  • Melibatkan sistem keamanan yang canggih untuk melindungi data dari ancaman dan risiko keamanan.

Cara Memilih Data Center yang Baik Untuk Bisnis

Memilih data center yang tepat adalah keputusan strategis karena berpengaruh pada kinerja, keamanan, dan ketersediaan data bisnis. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa cara memilih data center yang bisa Anda gunakan.

1. Lokasi Geografis

Pilih data center yang dekat dengan lokasi bisnis Anda untuk meminimalkan latency dan meningkatkan ketersediaan. Evaluasi juga faktor cuaca dan risiko bencana sekitar lokasi.

2. Keamanan Fisik dan Cyber

Pastikan data center memiliki keamanan fisik yang ketat, seperti akses terbatas, pemantauan CCTV, dan sistem deteksi kebakaran. Keamanan siber yang kuat penting untuk melindungi data dari ancaman digital.

3. Ketersediaan Energi dan Keandalan Infrastruktur

Pilihlah data center dengan pasokan daya yang andal, cadangan listrik, dan sistem pendingin yang efisien. Keandalan infrastruktur ini penting untuk mendukung ketersediaan layanan data center selama 24/7.

4. Skalabilitas dan Kapasitas

Selanjutnya, evaluasi kapasitas penyimpanan dan pemrosesan data center. Pilihlah penyedia yang dapat menyesuaikan diri dengan pertumbuhan bisnis Anda dan menawarkan opsi skalabilitas yang mudah.

5. Layanan dan Dukungan

Pilih penyedia data center yang menawarkan layanan dan dukungan teknis yang baik. Sebab, keberadaan tim dukungan yang responsif dapat membantu menangani masalah dengan cepat dan efisien.

6. Kepatuhan dan Sertifikasi

Pastikan data center mematuhi standar keamanan dan privasi data. Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangan sertifikasi tertentu, seperti ISO 27001 untuk keamanan informasi dan SSAE 18 (SOC 2) sebagai indikator kualitas.

7. Harga dan Fleksibilitas Kontrak

Terakhir, evaluasi model biaya dengan cermat, termasuk biaya instalasi, sewa, dan biaya tambahan yang mungkin timbul. Dalam hal ini, pastikan untuk memilih penyedia data center yang menawarkan kejelasan biaya dan kemudahan penyesuaian kontrak sesuai kebutuhan bisnis. 

Semoga artikel ini membantu Anda lebih memahami mengenai data center, jenis, manfaat dan cara memilih yang terbaik untuk bisnis.

Koswara Adiharja
WRITTEN BY

Koswara Adiharja

Halo! Saya Koswara Adiharja, seorang penulis dengan latar belakang pendidikan di bidang manajemen bisnis. Tulisan-tulisan saya difokuskan pada Digital Marketing, Bisnis, Pengembangan Diri, dan Karir. Sebagai seseorang yang memiliki kecintaan pada dunia bisnis, saya berbagi pandangan dan pengetahuan melalui blog pribadi ini. Mari bersama-sama mengeksplorasi ide, strategi, dan inspirasi yang dapat membantu kita tumbuh bersama. Teruslah membaca tulisan saya untuk mendapatkan wawasan dan motivasi yang baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading