Cek di Sini! Kisaran Gaji Data Analyst di Indonesia dari Entry Level Sampai Senior

851
0

Di era serba digital seperti saat ini profesi pengolahan informasi dari big data banyak diminati dan cukup populer. Banyak perusahaan yang membutuhkan profesional untuk menganalisis, mengolah dan memvisualisasikan data untuk membantu keberlangsungan bisnis. 

Salah satu profesi berbasis data dengan proyeksi karir dan gaji yang menjanjikan adalah data analyst. 

Besaran gaji seorang data analyst dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah tingkatan karir, pengalaman bekerja, wilayah dan kondisi perusahaan. Semakin banyak pengalaman dan semakin tinggi kemampuan, gaji yang kamu terima juga akan ikut meningkat.

Berapa Kisaran Gaji Data Analyst?

Gaji Data Analyst Entry Level

Gaji sebagai data analyst pemula dengan pengalaman kurang dari 4 tahun, berkisar antara Rp 3.500.000 – Rp 7.000.000. Biasanya fresh graduate masuk ke dalam kategori ini.

Selain gaji biasanya ada tunjangan lain dan bonus yang didapatkan tergantung dari kebijakan perusahaan.

Gaji Data Analyst Junior Level

Selanjutnya tingkatan junior dengan pengalaman bekerja antara 5 – 8 tahun mendapatkan gaji berkisar Rp 9.000.000 – Rp 15.000.000 per bulan. Ternyata gaji level junior besar juga ya.

Di tingkatan ini biasanya seorang data analyst bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisis data dan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan berdasarkan data.

Data Analyst Senior Level

Untuk tingkatan senior biasanya gaji data analyst sudah mencapai dua digit. Tidak mengherankan karena pada posisi ini biasanya seorang data analyst sudah memiliki pengalaman diatas 10 tahun.

Gaji untuk level senior bisa mencapai Rp 30.000.000 keatas. Angka yang sangat menggiurkan bukan? Tetapi untuk sampai di level ini membutuhkan pengalaman dan portofolio yang mumpuni.

Selain melakukan tugas utama, seorang senior data analyst dituntut untuk bisa mengambil keputusan yang mendukung bisnis. Biasanya mereka akan berhubungan dengan tim manajemen dan stakeholder untuk meningkatkan proses bisnis.

Artikel Karir: Skill Social Media Manager yang tidak semua orang miliki

Gaji data Analyst di Wilayah Indonesia

Dikutip dari laman job portal Indeed berikut beberapa kota di Indonesia yang memberikan gaji cukup besar untuk profesi data analyst : 

  • Tangerang : Rp 9.030.057 per bulan
  • Depok : Rp 7. 436.319 per bulan
  • Jakarta : Rp 6.694.619 per bulan
  • Pekanbaru : Rp 5.473.767 per bulan
  • Medan : Rp 3.696.165 per bulan
  • Surabaya : Rp 3.477.888 per bulan
  • Bandung : Rp 3.354.058 per bulan
  • Yogjakarta : Rp. 3.294.276 per bulan
  • Denpasar : Rp 3.141.926 per bulan

Data analyst termasuk ke dalam profesi dengan gaji yang menggiurkan, tentunya hal ini tidak bisa dilepaskan dari tugas dan tanggung jawabnya yang juga besar. Ingat saja kata-kata paman ben di film spiderman “ With Great Power Comes Great Responsibility”.

Jadi sudah siap berkarir sebagai data analyst?

potongan harga nolimit
Koswara Adiharja
WRITTEN BY

Koswara Adiharja

Halo! Saya Koswara Adiharja, seorang penulis dengan latar belakang pendidikan di bidang manajemen bisnis. Tulisan-tulisan saya difokuskan pada Digital Marketing, Bisnis, Pengembangan Diri, dan Karir. Sebagai seseorang yang memiliki kecintaan pada dunia bisnis, saya berbagi pandangan dan pengetahuan melalui blog pribadi ini. Mari bersama-sama mengeksplorasi ide, strategi, dan inspirasi yang dapat membantu kita tumbuh bersama. Teruslah membaca tulisan saya untuk mendapatkan wawasan dan motivasi yang baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading