Jadi Social Media Manager? Wajib Kuasai 10 Skill Ini!

185
0

Di tengah perkembangan media sosial yang begitu pesat, terdapat beberapa pekerjaan yang membutuhkan skill berkaitan dengan media sosial, salah satunya adalah Social media manager.

Social media manager menjadi salah satu karir favorit milenial, Gen Y, hingga Gen Z karena dianggap menantang, melek digital, up to date, kreatif dan memiliki kompensasi yang relatif bersaing.

Nah, jika tertarik untuk menjajal profesi yang satu ini, yuk ketahui apa saja skill social media manager yang harus dikuasai dalam artikel berikut!

10 Skill Social Media Manager

Seorang social media manager perlu menguasai berbagai keterampilan agar bisa berhasil, di antaranya yaitu:

1. Update dengan Tren

Seperti yang kita tahu, tren media sosial berubah dengan sangat cepat. Oleh karenanya, penting bagi seorang manajer media sosial untuk selalu menggali informasi mengenai peristiwa terbaru dan mengintegrasikannya ke dalam konten.

Sebab, jika tidak update dengan tren terbaru, konten media sosial yang dihasilkan mungkin kurang menarik bagi audiens, sehingga dapat berpengaruh pada tingkat interaksinya.

2. Menguasai Media Sosial

Menguasai media sosial termasuk skill yang penting bagi seorang social media manager karena memungkinkan mereka untuk mempromosikan konten, meningkatkan interaksi dengan audiens, membangun brand awareness, dan mengelola campaign

Dengan menguasai media sosial, seorang social media manager dapat menjadi lebih efektif dalam merencanakan, membuat, dan menganalisis konten media sosial, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait. 

3. Melakukan Analisis

Skill lain yang tidak kalah penting adalah kemampuan analisis media sosial. Kemampuan ini membantu social media manager dalam menganalisis kinerja kampanye.

Dalam melakukan analisis media sosial, seorang social media manager harus mampu menggunakan tools analisis media sosial, seperti NoLImit Dashboard yang memiliki beragam fitur dan keunggulan monitoring media sosial untuk profesional yang akan membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Marketing

Kemampuan marketing termasuk skill penting yang harus dikuasai oleh seorang social media manager karena mereka bertanggung jawab dalam membangun citra bisnis melalui strategi pemasaran yang terstruktur, meningkatkan interaksi dengan audiens, dan memahami kebutuhan audiens. 

Dengan demikian, penguasaan skill ini memastikan bahwa setiap tindakan social media manager di media sosial memiliki dampak positif pada citra merek dan konversi bisnis.

5. Copywriting

Mengingat konten media sosial harus persuasif, social media manager juga harus menguasai skill copywriting agar bisa menarik audiens dan mendapatkan engagement yang tinggi.

Dengan menguasai kemampuan copywriting, seorang social media manager dapat membuat caption yang menarik, yang pada akhirnya akan memengaruhi jumlah interaksi di media sosial.

6. Komunikasi

Social media manager perlu menjalin interaksi langsung dengan audiens sehingga wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Manajer media sosial harus dapat berkomunikasi dengan jelas, membangun hubungan yang positif, dan merespons pertanyaan atau umpan balik dengan cepat.

Kemampuan ini memastikan bahwa pesan merek disampaikan secara konsisten, membangun kepercayaan pasar, dan meningkatkan keterlibatan dari para audiens.

7. Kreativitas

Social media manager juga diharuskan untuk kreatif agar dapat merancang kampanye serta menghasilkan ide konten yang unik dan memikat audiens. Selain menarik perhatian audiens, kreativitas juga penting untuk membangun identitas bisnis di tengah persaingan pasar yang ramai.

Kemampuan ini juga memungkinkan social media manager untuk merangkai pesan secara menarik dan merespon tren terkini dengan konten yang relevan. 

8. Desain dan Editing

Kemampuan desain dan editing atau setidaknya memahami dasar-dasarnya perlu dimiliki oleh seorang social media manager, karena media sosial sangat menekankan aspek visual. Dengan keahlian ini, manajer media sosial dapat menentukan grafis, gambar, dan video yang memikat, sekaligus meningkatkan daya tarik kampanye media sosial.

Di sisi lain, kemampuan desain dan editing juga membantu menyampaikan pesan merek secara visual, meningkatkan keterlibatan audiens, dan menciptakan identitas visual yang kuat di dunia digital.

9. Time Management yang Bagus

Salah satu job desc social media manager adalah mengatur jadwal posting, memantau interaksi online, dan memahami kebutuhan audiens secara cepat. Itulah mengapa, mereka diharuskan untuk memiliki kemampuan time management yang bagus.

Keterampilan ini juga memungkinkan social media manager dalam mengatur waktu untuk mengerjakan tugas-tugas yang beragam, seperti analisis data, strategi konten, dan respons terhadap peristiwa atau tren yang sedang berlangsung. 

10. Mampu Bekerja dalam Tim

Dalam menjalankan tugas sehari-hari, seorang social media manager perlu berkolaborasi dengan tim internal dan eksternal untuk merencanakan, membuat, dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif. 

Keterampilan bekerja dalam tim juga membuka peluang untuk pertukaran ide, memperkaya kreativitas, serta meningkatkan kemampuan responsif terhadap perubahan di dunia media sosial.

Itu dia 10 skill social media manager yang perlu dikuasai. Skill mana saja yang sudah Anda kuasai?

Dapatkan potongan harga berlangganan dari NoLimit Dashboard untuk Anda, potongan harga hinga 30% untuk seluruh paket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading