Bagaimana Analisis Data Twitter? Inilah Panduan Lengkapnya!

959
0

Twitter sampai saat ini memang masih membatasi 280 karakter dalam setiap tweets penggunanya, Namun faktanya banyak marketer melihat kesuksesan dalam strategi marketing media sosial dengan memperhatikan twitter analytics. 

Baik itu tweets, impressions, engagements atau click dan ada beberapa metrik yang memberikan Anda wawasan tambahan tentang seberapa baik Anda berhubungan dengan audiens Anda. 

Masalah utama bagi perusahaan adalah mereka tidak mengetahui rute terbaik yang harus diambil saat menganalisis data twitter tersebut. Dengan kata lain brand tidak mengetahui apakah suatu konten bekerja dengan sangat baik atau gagal total. 

Jika hanya melihat data tidak sebatas menunjukkan kepada Anda apa yang berhasil, tetapi Anda juga bisa mendapatkan wawasan baru untuk membuat campaign selanjutnya lebih baik. Itulah sebabnya para brand semakin beralih dengan memanfaatkan data media sosial sebagai sumber utama untuk business intelligence

Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk menentukan keputusan dalam pemasaran dan memberikan wawasan yang penting untuk perusahaan. 

Jika Anda memahami cara menganalisis data twitter secara menyeluruh, maka seharusnya dengan data tersebut bisa menjaga reputasi brand Anda dari pelanggan. Dengan mengumpulkan data menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja kampanye dan tren yang akan diikuti pada masa mendatang. 

Apa itu Twitter Data?

Data Twitter adalah informasi yang dikumpulkan oleh pengguna, titik akses terhadap apa yang ada di postingan dan bagaimana pengguna melihat atau menggunakan postingan Anda. Meskipun ini mungkin terdengar kurang jelas, sebagian besar disebabkan oleh banyaknya data yang dapat dikumpulkan dari satu Tweets.

Dengan mendapatkan informasi ini, Anda dapat mengetahui demographics, total klik terhadap profile Anda atau seberapa banyak pengguna melihat atau menggunakan postingan Anda. 

Bagaimana cara mengukur data twitter?

Mengukur data Twitter dapat dilakukan dengan berbagai cara, ini tergantung metode yang Anda gunakan untuk menganalisis data seberapa mendalam analytics yang dihasilkan. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang dua cara yang kami sarankan untuk menarik dan mengukur data Twitter Anda. 

Menggunakan Twitter Analytics

Sebenarnya Twitter sendiri sudah menyediakan sebuah tools khusus berupa analytics yang bisa Anda gunakan. Tools metric ini dapat menampilkan total shares, likes, retweets. Twitter terus meningkatkan fitur analytics untuk advertiser, publisher dan pengguna secara umum. 

Ini akan memudahkan bisnis yang bekerja dengan anggaran media sosial yang cukup ketat, tetapi membutuhkan data untuk campaign berikutnya. Menurut eMarketer, sekitar 66% bisnis menggunakan Twitter merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh marketing. Ada beberapa agency hanya memperkirakan bisa tumbuh dalam beberapa tahun kedepan, yang berarti Twitter selanjutnya akan lebih fokus dalam analytics ini. 

Sampai saat ini, Twitter memecah menjadi lima bagian dalam Analytics diantaranya : 

1. Account Home

Twitter menyediakan tinjauan bulanan yang cukup bagus bagi pengguna untuk melihat kinerja konten mereka. Beberapa data yang dapat Anda lihat dari bagian home diantaranya:

  • Tweets, Jumlah total Tweet yang Anda kirim.
  • Tweet impression, Total berapa kali pengguna menerima Tweet Anda di liminasa atau hasil pencarian mereka (termasuk apakah itu yang dilihat atau tidak)
  • Profile visits, ini akan menampilkan total berapa kali profile Anda diklik dari Tweet atau melalui pengguna lain..
  • Mentions, Total berapa kali Tweet Anda digunakan oleh pengguna lain
  • Followers, Jumlah total followers atau pengguna lain yang mengikuti Anda.

Metrik ini berfungsi dengan baik dalam menunjukkan traffic, views, dan trends. Jika Anda melihat langsung melalui dashboard Twitter Analytics disana Anda dapat melihat trend bulan ke bulan dengan jumlah data Twitter yang dikumpulkan. 

2. Tweet Activity

Aktivitas Tweet memberikan Anda gambaran yang cukup luas tentang jumlah Tweet dan tayangan secara organik (ini tidak termasuk dari paid traffic) untuk hari atau periode waktu tertentu. Jika melihat pada bagian Tweet, Anda juga dapat export data dari profile Twitter Anda ke file CSV dengan memilih jangka waktu spesifik Anda.

Pastikan Anda selalu melacak dan memantau informasi dalam bentuk spreadsheet untuk melihat tren dan perubahan yang signifikan dengan lebih baik. Selain itu Anda bisa melihat tayangan teratas, promoted, reply atau semua tweets dari profile Anda. Setelah Anda memilih views, Anda akan melihat data Twitter tertentu yang terkait dengan setiap Tweet. Metrik ini meliputi:

  • Impression
  • Engagements
  • Engagements rate (total engagements dibagi impression)

Ketika mengklik “View Tweet Activity” pada Tweet individual, Anda bisa mendapatkan detail lebih lanjut tentang jenis keterlibatan yang Anda terima. Anda akan melihat beberapa metrik seperti reply, retweet, klik profile dan lainnya. Ini bergantung pada jenis konten yang Anda bagikan: 

3. Audience Insights

Data Twitter ini dapat berubah, tergantung pada jenis audiens Anda. Twitter analytics memungkinkan Anda melihat wawasan pemirsa untuk semua pengguna Twitter, followers Anda, dan audiens Anda yang secara organic. Selain itu, Anda dapat menambahkan audiens perbandingan untuk analisis pesaing. 

Setelah Anda memilih audiens, Anda bisa melihat hal-hal seperti berikut ini.

  • Top Interest, Subjek yang paling mungkin memiliki kesamaan dengan audiens Anda.
  • Top Language, informasi bahasa teratas dari audiens Anda.
  • Top Interest Type, kategori yang paling umum untuk audiens Anda
  • Mobile Footprint, operator nirkabel teratas yang digunakan oleh audiens Anda.

Bagian dari insights audiens bahwa menggambarkan detail gender dari audiens sebagai pengikut Anda di Twitter. Persentase ini memberikan Anda pandangan yang lebih mendalam tentang minat yang dimiliki oleh audiens Anda. Hal ini tentu Anda bisa menggunakan informasi untuk mengetahui jenis konten apa yang sesuai dengan audiens Anda.

4. Browse Events on Twitter

Menjadi relevan dalam industri Anda menunjukkan kepada audiens bahwa Anda selangkah lebih maju dari yang lain. Ini berarti Anda harus mengetahui kapan peristiwa penting terkait industri terkait terjadi. 

Dibagian event, Anda dapat melihat ikhtisar tentang acara terbesar di Twitter, Anda dapat melangkah lebih jauh dengan melihat ikhtisar tentang acara terbesar yang sedang tren di Twitter, Anda dapat melangkah lebih jauh dengan melihat seperti olahraga, film, tren bandung.

Menggunakan Tools NoLimit Dashboard

Meskipun Twitter meningkatkan permainan analyticsnya, NoLimit Dashboard memungkinkan marketer melampauinya. Mungkin bagi Anda terdengar asing tentang NoLimit Dashboard, mari kita belajar sedikit tentang dashboard ini. 

NoLimit Dashboard adalah aplikasi berbasis web yang dapat membantu Anda dalam melacak, merekam, dan menganalisa dari setiap data media sosial. Salah satunya NoLimit Dashboard mampu menarik semua data twitter yang akan memvisualisasikan dalam bentuk metric yang cukup lengkap serta analisisnya. 

NoLimit Dashboard tidak hanya mengumpulkan data dalam bentuk metric saja, tetapi analisa lebih dalam salah satunya hadir fitur sentiment analysis yang dapat mengetahui setiap tweet pengguna twitter. Pemilik brand bisa mengetahui semua yang mention kepada akun Anda bahwa tweets tersebut apakah negatif, positif atau netral. 

Kesimpulan

Setelah Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang jenis data Twitter yang dapat Anda tarik dari platform asli dan melalui tools pihak ketiga seperti NoLimit Dashboard ini. 

Data media sosial dapat menampilkan beberapa hal untuk bisnis Anda , baik Anda ingin melihat konten apa yang cukup baik atau siapa pembeli utama Anda. 

Mengumpulkan, mengukur, dan menganalisis data Twitter yang tepat dapat mendukung upaya pemasaran Anda di media sosial dengan analisis yang mendalam.

Ingin melihat apa yang dilakukan NoLimit Dashboard untuk bisnis Anda di Twitter? Coba tools analisis Twitter kami yang kuat secara gratis untuk demo trial selama 14 hari.

Get Demo NoLimit Dashboard

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading