Apa itu Sentimen Analisis? Inilah Panduan untuk Pemula 2022

869
0

Bagaimana mengetahui perasaan pelanggan tentang produk atau layanan Anda? Itu pertanyaan yang tidak bisa diabaikan oleh pemilik bisnis. Kata-kata positif atau negatif itu penting, Dengan hal ini mereka dapat meningkatkan upaya bisnis, kabar baiknya adalah Anda dapat mengukur kepuasan pelanggan melalui sentimen analisis. 

Kami pasti dapat mengatakan bahwa dengan perkembangan e-commerce, tools SaaS maupun teknologi digital pada sentimen analisis akan menjadi semakin popular. Jadi, inilah panduan analisis sentimen untuk pemula. 

Apa itu sentimen analisis? 

Sentimen analisis (bisa juga dikenal dengan penggalian opini, atau emosional AI) adalah metode menganalisis data teks sekaligus mengidentifikasi maksud teks tersebut. 

Tujuannya adalah secara otomatis untuk mengenali dan mengkategorikan dari pendapat yang diungkapkan dalam teks dengan menentukan sentimen secara keseluruhan. 

Definisi sentimen analisis

Sentimen analisis (sentiment analysis) adalah proses menganalisis potongan text secara online dengan menentukan nada emosional yang mereka bawa, apakah itu positif, negatif atau netral. Sederhananya, analisis sentimen dapat membantu untuk menemukan sikap penulis terhadap suatu topik. 

Sentimen positif dapat diungkapkan melalui kata-kata seperti “baik”, “luar biasa”, “keren”, atau “mantap”. 

Sentimen negatif dapat diungkapkan melalui kata-kata seperti “buruk”, “memalukan”, atau “mengerikan”. 

Berikut contoh tulisan yang mengandung sentimen positif karena mengandung kata “love”

Contoh mention di media sosial twitter dengan penyebutan sentimen positif terdeteksi oleh NoLimit Dashboard media monitoring tools.

Adapun contoh tulisan yang mengandung sentimen negatif karena mengandung kata “can’t be good”

Contoh mention di media sosial twitter dengan penyebutan sentimen positif terdeteksi oleh NoLimit Dashboard media monitoring tools.

Analisis sentimen seperti NoLimit Dashboard dapat secara akurat menangani sejumlah data besar mencakup feedback dari customers. 

Terlebihnya lagi, Anda dapat melakukan analisis untuk topik apapun yang Anda inginkan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan proyek dengan menggunakan sebuah tools untuk bisa melacak object seperti keywords maupun hashtags yang penting bagi Anda. 

Apa saja keuntungan ketika melakukan analisis sentimen? 

  • Dapat mengetahui pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana perasaan pelanggan terhadap brand Anda.
  • Mendapatkan wawasan yang membantu untuk meningkatkan produk atau layanan Anda.
  • Jadikan bisnis Anda lebih responsif terhadap feedback pelanggan. 
  • Bereaksi lebih cepat terhadap sentimen negatif dan evaluasi.
  • Anda bisa memantau reputasi brand secara real-time.
  • Buat pelanggan Anda senang dengan selalu mengutamakan perasaan mereka.

Natural language processing (NLP) pada analisis sentimen 

Apa itu NLP pada analisis sentimen? Berikut penjelasan yang ditulis dari beberapa referensi kredibel. 

Dengan pesatnya pertumbuhan internet yang merupakan sumber informasi utama dan tempat untuk berbagai pendapat, disinilah muncul kebutuhan untuk mengumpulkan dan menganalisis penyebutan tentang topik tertentu.

Pengumpulan data dalam skala besar dapat dicapai dengan menggunakan media monitoring tools. Namun, analisis secara manual pada puluhan ribu data teks akan membutuhkan sumber daya dan waktu lebih banyak. Dengan kata lain, disinilah Artificial Intelligence (AI) sangat berguna. 

Natural language processing (NLP) merupakan bagian dari AI yang dapat menangani analisis teks, hal ini sebuah teknik penting di dunia modern untuk menemukan hal yang tidak diketahui dari hasil media monitoring tools.

Salah satu tugas NLP yang paling berguna adalah sentimen analisis, sebuah 

metode yang dapat mendeteksi emosi secara otomatis dibalik suatu teks. 

Bagaimana cara melakukan analisis sentimen?

Melakukan analisis sentimen yang akurat tanpa menggunakan tools tertentu cenderung lebih sulit. Mengapa demikian? Ketika melakukan analisis berdasarkan volume data yang cukup besar, hal ini tentu cukup memakan waktu. 

Pastinya Anda akan mencoba untuk meneliti dan menganalisis penyebutan tentang bisnis Anda sendiri, tetapi hal itu akan banyak menghabiskan waktu dan energi Anda. Selain itu, resiko kesalahan human error akan cukup signifikan dalam kasus itu. 

Mari kita lihat beberapa data untuk contoh kasus tersebut 

Dalam 30 hari terakhir, suatu brand sepatu yang popular yaitu Nike memperoleh lebih dari 72 ribu mention. Anda bisa membayangkan untuk menganalisis setiap masing-masing dan menilai data itu apakah memiliki sentimen positif atau negatif? Saya rasa ini sangat berat. 

Dengan tools NoLimit Dashboard, saya dapat mendeteksi bahwa ada sekitar 15 ribu mention itu positif, 54 ribu netral dan sisanya negatif.

Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk bisa menemukan wawasan baru ini

Mengapa sangat direkomendasikan menggunakan tools khusus untuk sentimen analisis?

Jika Anda menggunakan tools khusus untuk menganalisa sentimen, ini akan mempermudah pekerjaan Anda. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa tools media monitoring sangat layak untuk digunakan. 

Pertama dan paling penting adalah menggunakan tools ini, Anda akan mendapatkan informasi terkait mention atau tulisan di news berdasarkan keywords atau hashtag dapat mendeteksi sentimen positif atau negatif dengan mudah. 

Kedua, Anda bisa menghemat tenaga dan waktu karena proses analisa sentimen sepenuhnya otomatis. 

Note: NoLimit menawarkan layanan in-Depth Sentiment Analysis yang dimana Kami akan melibatkan Human sebagai data validator, jadi hasil sentimen akan lebih akurat. Untuk selengkapnya bisa lihat di NoLimit Dashboard

Sentimen analisis dapat digunakan untuk apa saja? 

Untuk analisis text atau penggalian opini banyak menemukan pengaplikasian dalam ruang lingkup perusahaan, marketing, advertiser, politik, government dan riset lainnya. 

Ada beberapa keuntungan dengan menganalisa sentimen ini, diantaranya: 

1. Manajemen reputasi suatu brand

Internet bisa disebut suatu wadah dimana setiap orang yang berbicara tentang brand, produk, layanan, berbagi pengalaman, dan rekomendasi tertentu. 

Biasanya platform sosial, ulasan produk, postingan blog, atau forum diskusi dipenuhi dengan opini atau komentar tertentu. Jika mengumpulkan dan menganalisa data tersebut, hal ini bisa dijadikan sebuah sumber informasi bisnis.

Salah satunya NoLimit memiliki kesadaran bahwa tentang analisis sentimen dapat digunakan untuk memantau suatu brand melalui media sosial atau online news, hal ini akan berdampak terhadap awareness publik ke produk, layanan, atau suatu campaign marketing.

Brand monitoring merupakan area penting bagi public relation specialist untuk memantau perkembangan suatu brand, salah satunya analisis sentimen digunakan dalam penggunaan sehari-hari.

2. Mendapatkan feedback customer

Perusahaan biasanya menggunakan sentimen analisis untuk menganalisis bagaimana respon pelanggan mereka. 

Saat ini, kebanyakan konsumen menggunakan profile media sosial untuk berbagi pengalaman positif atau negatif tentang brand tersebut. 

Dengan adanya tools sentimen analisis bisa mengidentifikasi berbagai penyebutan konten positif yang berarti menunjukkan keberhasilan, sedangkan penyebutan konten negatif bisa diartikan dengan ulasan buruk dan terdapat masalah pada suatu produk atau layanan tersebut. 

Dalam beberapa kasus, hal ini bisa membantu customer support lebih perhatian dan responsif terhadap keluhan dari pengguna. 

3. Market research

Sentimen analisis menawarkan kumpulan data yang cukup luas, tentu bisa menjadikannya tambahan informasi untuk riset pasar. 

Hal ini Anda dapat menganalisis seluruh market, niche, segments, product atau spesifikasi fitur yang dibutuhkan mereka. Oleh karena itu analisis sentimen dapat memberi sejumlah informasi, apa yang disukai konsumen, tidak disukai konsumen atau apa harapan mereka tentang produk Anda. 

Semua data yang disajikan memungkinkan Anda untuk menginvestigasi market yang relatif lebih spesifik, ketika membuat proses pengambilan keputusan menjadi lebih baik.

4. Pencegahan krisis

Ada banyak sekali tools sentimen analisis salah satunya NoLimit Dashboard yang merupakan sebuah media monitoring tools. NoLimit mengumpulkan mention berupa keywords atau hashtag terkait account social profile dari pemilik brand atau kompetitor yang ditampilkan secara real-time.

Dengan menggunakan tools seperti ini spesialis PR dapat menerima pemberitahuan tentang konten negatif secara langsung. Saat melihat konten sentimen negatif yang di mention oleh customers, perusahaan dapat bereaksi dengan cepat dan segera mungkin untuk mengatasi masalah secara langsung sebelum berkembang menjadi krisis reputasi brand.

Kesimpulan

Analisis sentimen adalah suatu metode untuk mengetahui tentang nada emosional pada sebuah teks. Hal ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi sentimen positif, negatif atau netral. 

Informasi ini dapat berguna bagi pemilik bisnis yang ingin memahami bagaimana perasaan customer tentang perusahaan mereka. Jika Anda memahami sentimen dari feedback atau review customers, Anda bisa meningkatkan pada area yang menyebabkan ketidakpuasan dan meningkatkan loyalitas pada semua basis pelanggan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading