Bagi para pelaku bisnis menggunakan media sosial sebagai media pemasaran menjadi hal yang harus dilakukan. Media sosial menjadi media yang efektif untuk menjangkau calon pelanggan potensial yang lebih luas.
TikTok sebagai salah satu media sosial yang paling populer, memberikan penawaran bagi para penggunanya untuk melakukan aktivitas penjualan dan pembelian melalui fitur terbarunya yang bernama TikTok Seller Center.
Apa itu TikTok Seller Center
TikTok Seller Center adalah portal one-stop workstation bagi pelaku bisnis yang ingin menjalankan usaha mereka melalui aplikasi TikTok. Fitur ini hanya disediakan bagi TikTok dengan akun bisnis.
Platform ini menawarkan fitur yang memudahkan penjual untuk mengelola toko, memasarkan produk dan berinteraksi dengan pelanggan.
Beberapa fitur menarik yang disediakan oleh TikTok Seller Center, yaitu :
- Manajemen Operasi Toko
- Pertumbuhan Penjualan
- Analisis Kinerja
- Pembaruan Kebijakan
- Layanan dan Keterlibatan Pelanggan
Baca Juga : TikTok Shop : Inilah Cara Daftar dan Syarat Buat Bisnis Online
Apa Perbedaan TikTok Seller Center dengan TikTokShop
Mungkin kamu merasa bingung apa perbedaan TikTok Seller Center dengan TikTok Shop? Karena fitur keduanya memiliki kesamaan, yaitu menyediakan transaksi penjualan dan pembelian.
TikTok Shop adalah sebuah media e-commerce yang memuat produk dari berbagai penjual, sedangkan TikTok Seller Center adalah akun toko kamu yang berisi operasional dan pengelolaan manajemen toko. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menjalankan bisnis e-commerce di aplikasi TikTok.
Cara Membuat Akun TikTok Seller
Sebelum menggunakan TikTok Seller Center, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan mulai dari membuat toko, mengirim beberapa dokumen bisnis untuk verifikasi dan membuat rekening Bank.
Berikut tahapan membuat akun TikTok Seller Center :
Membuat Toko
- Buat toko dengan mengunjungi laman https://seller-id.tiktok.com
- Gunakan akun TikTok untuk mendaftar sebagai penjual ke Seller center atau bisa menggunakan nomor telepon dan email
- Atur alamat toko atau tempat penjemputan barang
- Masukan data lengkap seperti alamat, kode pos dan kontak personal
- Atur lokasi pengembalian barang dengan alamat yang diisikan sebelumnya atau alamat baru, kemudian klik dengan memberikan centang pada “set As Return Address”
- Kemudian berikan centang ke kotak “Agree to The Relevant terms and Conditions”
- Lalu klik “ Start Your Business”
Verifikasi Dokumen
- Masuk ke halaman beranda TikTok Seller Center dan Klik “Verify Documents” kemudian unggah dokumen
- Pada informasi penjual pilih jenis bisnis kamu, bisnis perorangan atau perusahaan
- Masukan nama toko yang kamu kelola
- Jika kamu menjalankan bisnis perorangan, maka kamu perlu mengunggah identitas diri berupa KTP, SIM atau Paspor
- Jika kamu menjalankan perusahaan, maka kamu perlu mengunggah beberapa dokumen seperti izin bisnis dan dokumentasi identifikasi yang dikeluarkan oleh pemerintah
- Kemudian klik “Send”
- Dokumen yang kamu kirim akan diproses peninjauan oleh pihak TikTok.
- Apabila dokumen kamu gagal dalam proses peninjauan, pihak TikTok akan mengirimkan email pemberitahuan cara mengirimkan ulang dokumen
Memuat Nomor Rekening
- Di halaman beranda TikTok Seller Center klik “Tautkan Rekening Bank”
- Kemudian klik “tautkan akun”
- Masukan beberapa data seperti nama rekening, nama bank, nomor rekening bank, alamat lengkap, email dan lainnya.
- Untuk bisnis perorangan nama akun harus sama dengan nama rekening yang didaftarkan
- Untuk perusahaan nama akun harus sama dengan nama rekening perusahaan yang terdaftar
- Setelah semua bagian lengkap terisi dengan data yang benar dan sesuai, klik “Send”
Baca Juga : Cara Centang Biru di TikTok? Simak Penjelasan Lengkapnya
Setelah melengkapi ketiga tahapan tersebut, akun TikTok Seller Center kamu sudah bisa digunakan. Kamu sudah mulai bisa memasukan produk ke toko kamu dan mulai memasarkan produk secara online.