TikTok Shop: Inilah Cara Daftar dan Syarat buat Bisnis Online

428

Tahun 2021, TikTok shop terjadi secara organik. Para konten kreator mereferensikan produk di feed mereka, dan penonton bisa saja melihat yang ditampilkan dari situs eCommerce sekaligus toko lokal.

Sekarang, TikTok meresmikannya dengan Shopify yang mengumumkan dengan mengenalkan TikTok Shop. Pengalaman perdagangan sosial yang telah lama ditunggu-tunggu pengguna dapat mencari produk dengan disederhanakan kedalam produk. Jadi, Anda dapat berbelanja tanpa harus meninggalkan aplikasi. Keren bukan?

Apa itu TikTok Shop?

Fitur belanja yang dapat di akses langsung di platform TikTok, ini memungkinkan seller, brand dan creator menampilkan dan menjual produk langsung di TikTok. Seller dan kreator dapat menjual produk melalui video in-feed, Live, maupun tab dari etalase produk.

Siapa yang dapat menggunakan fitur ini?

Anda dapat menggunakan fitur belanja ini dari TikTok jika termasuk dalam salah satu dari empat kategori ini:

  • Seller
  • Kreator
  • Mitra
  • Affiliate

Jika Anda seorang seller, Anda harus berada di UK, China, Hong Kong atau Indonesia. Anda juga harus dapat membuktikannya dengan nomor telepon dari wilayah, akta pendirian usaha dan kartu identitas.

Jika Anda seorang konten kreator, akun Anda harus bereputasi dengan baik. Selain itu, Anda harus:

  • Mempunyai 1000+ followers
  • Memiliki 50+ tayangan video dalam 28 hari terakhir
  • Berusia 18 tahun
  • Telah memposting video TikTok dalam 28 hari terakhir

Nah bagaimana kita cara daftar tiktok untuk menjual produk kita di platform ini? Ada beberapa tahapan yang Anda harus ikuti, simak dibawah ini.

Cara daftar Seller di TikTok Shop

  • Pertama, silahkan untuk mengunjungi halaman https://seller-id.tiktok.com/account/register
  • Pastikan Anda telah mengisi kolom yang diperlukan seperti No. Telpon, Alamat Email, Password dan konfirmasi kode dari nomor maupun email
  • Jika sudah mengisi data verifikasi toko, pada halaman “Preferensi Toko” pilih Jenis usaha, nama toko dan verifikasi identitas menggunakan KTP, SIM atau Paspor apabila Anda menjalankan bisnis perseorangan.
  • Setelah lolos dalam tahap verifikasi, Anda dapat mengunggah produk dari Toko tersebut.
  • Atur alamat toko dan penjemputan barang
  • Masukkan data alamat lengkap, kode pos, dan kontak personal Anda
  • Jangan lupa untuk mengatur pengembalian barang dengan alamat baru atau menggunakan alamat sebelumnya dengan memberi centang pada “Set As Return Address”
  • Centang pada kotak “Agree to The Relevant Terms and Conditions”
  • Tap pada tombol “Start Your Business

Apa itu belanja langsung TikTok?

Belanja langsung TikTok adalah saat seller atau kreator menyiarkan streaming langsung dengan tujuan memamerkan dan menjual produk. Penonton dapat menyimak, memasukkan item ke dalam keranjang belanja TikTok dan membeli produk tanpa harus meninggalkan aplikasi.

Cara untuk meningkatkan penjualan dengan TikTok Shop Anda

Fitur belanja di TikTok ini sangat mirip dengan instagram atau platform lainnya. Jika Anda sudah mempunyai produk dan telah di pasang dikatalog TikTok ada beberapa tips untuk menjual produk sebaik mungkin adalah sebagai berikut.

1. Optimalkan katalog produk

Etalase toko di TikTok pastinya ingin mengoptimalkannya untuk menarik pelanggan Anda. Tidak ada yang menyukai toko yang berantakan, termasuk hal yang berlaku juga bagi katalog produk Anda.

Fokus pada kualitas dengan style yang Anda konsepkan khususnya pada menambah gambar produk. Secara pasti jika menurut Anda terlihat menarik dengan berarti menarik juga bagi konsumen bukan? Jadikan lah foto produk Anda yang mudah dikenali dengan mempunyai konsistensi dalam estetika produk di toko TikTok Anda.

Title produk Anda harus kurang dari 34 karakter, dan pastinya Anda ingin juga menambah deskripsi untuk menjelaskan secara detail dari produk apa yang Anda jual kepada konsumen.

Notes: Jika Anda menambah tautan atau link dalam deskripsi produk tidak akan dapat di klik.

2. Beri tahu audiens Anda tentang Toko Anda

Setelah Anda mendapatkan akses Toko Anda di TikTok, segera beri tahu semua orang. Buat beberapa video TikTok untuk menunjukkan kepada audiens Anda bagaimana cara belanja di toko Anda.

3. Promosikan produk Anda

Jika Anda ingin memastikan orang melirik produk Anda, jangan takut untuk berkreasi dengan promosi Anda. Tidak perlu hanya menambah deskripsi yang sudah hal biasa, mungkin Anda dapat menambah konten video yang dapat orang lain terhibur.

4. Kerjasama dengan influencer

Jika Anda tidak berpengalaman dalam trend topik atau lainnya, Anda mungkin bisa menyerahkan kepada orang lain yang lebih ahli dan kreatif yaitu orang-orang yang menjadi influencer.

BIasanya mereka sudah mempunyai tim kreatif bagaimana cara memposisikan influencer tersebut terhadap produk yang ingin ditawarkan kepada followersnya. Anda tinggal menunggu hasil laporan dari mereka bagaimana respon penonton dan minat terhadap produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: TikTok vs. YouTube: Platform Mana Yang Harus Anda Pilih?

Jika Anda sudah mempunyai produk atau brand yang terkenal tetapi ingin melihat bagaimana respon netizen terhadap brand atau produk Anda?

Apakah mereka merasa puas, atau bahkan sebaliknya? Anda akan bisa tahu ketika ingin menggunakan tools social media monitoring. Anda bisa tracking akun social profile, keywords dan hashtag terhadap akun social media maupun online media news.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading