NoLimit Logo B

Evolusi dalam Pemasaran Digital : Penguatan Merek dan Reputasi Bisnis Melalui Influencer Internal

Jakarta, 9 Agustus 2023 – Sepanjang dekade terakhir, penggunaan influencer dalam
program perusahaan untuk meningkatkan branding dan reputasi bisnis telah menjadi
hal yang umum. Fenomena ini sekarang semakin berkembang dan berubah, tidak
hanya mengandalkan influencer eksternal, tetapi juga memanfaatkan sumber daya
internal organisasi. Adanya tren penggunaan influencer internal ini menjadi strategi
baru dalam mengatasi isu-isu yang dapat merugikan atau mengganggu perusahaan.

Aqsath Rasyid Naradhipa, CEO NoLimit, menuturkan hal ini dalam konferensi pers
di Jakarta pada 9 Agustus. Sebagai sebuah perusahaan yang berfokus pada analisis
dan sentimen data, NoLimit mengidentifikasi bahwa influencer internal dari
organisasi atau perusahaan telah menjadi instrumen penting dalam
mempertahankan eksistensi merek dan memperkuat reputasi bisnis. “Ini telah
menjadi tren yang semakin menonjol. Strategi ini menjadi alat yang sangat berharga
untuk memperkokoh posisi merek Anda dalam dunia pemasaran yang semakin
ramai dan penuh tantangan bisnis modern, hal ini pun didukung dari hasil analisis
NoLimit yang menunjukan bahwa dengan menggunakan internal influencer memiliki
jumlah engagement/talk tertinggi sebesar 65,49 dibandingkan KOL yang hanya
sebesar 59,25. Angka tersebut menunjukan bahwa internal influencer memiliki nilai
engagement/talk 773,71% lebih tinggi dibandingkan menggunakan influencer
eksternal” ujar Aqsath.

Data analisis dari NoLimit Dashboard juga mendukung klaim ini, dengan mencatat
keberhasilan kampanye korporasi yang menggunakan influencer internal. Hasil riset
menunjukkan, akun-akun internal perusahaan mendominasi perbincangan dalam
kampanye yang dilakukan dan meningkatkan jumlah interaksi atau engagement
hingga tiga kali lipat. Melalui teknologi analisis data yang dimilikinya, NoLimit dapat
membantu perusahaan mengelola influencer internal dengan efisiensi waktu yang
signifikan.

Pemanfaatan influencer internal secara luas juga diakui oleh Direktur P2Humas DJP
Kemenkeu RI, Dwi Astuti. Direktorat Jendral Pajak mengimplementasikan konsep ini
dalam program Employee Advocacy dan Relawan Pajak untuk Negeri (Renjani),
dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak. “Alasan utamanya
adalah agar masyarakat lebih percaya kepada DJP. Karena, informasi yang
diberikan oleh pihak internal lebih dipercaya oleh masyarakat” kata Dwi.

Perusahaan seperti Adira Finance juga memanfaatkan strategi influencer internal.
Head of Internal Communication Adira Finance, Nur Sofiyana Saumi Ningrum,
menjelaskan bahwa influencer internal, yang mereka sebut sebagai Garda Adira
atau Gardira, telah menjadi pilar strategis di Adira Finance. “Dengan adanya
program Gardina memberikan dampak yang luar biasa untuk promosi dan
mempermudah komunikasi dengan dibandingkan dengan sebelumnya. Meski
tantangan dalam kampanye dan komunikasi digital tetap ada, dedikasi kami dalam
menghadapinya menjadi kunci keberhasilan kami,” tambah Nur Sofiyana.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Karina Kusumawardani, Komunikasi Profesional
“Influencer berguna untuk meningkatkan sales dan membangun brand, tetapi butuh
waktu untuk mengetahui image yang sudah kita bangun” ujar Karina.

Tentang NoLimit Indonesia:
NoLimit Indonesia adalah perusahaan teknologi Big Data yang berfokus pada
pemantauan dan analisis media online. Selama 13 tahun operasional, NoLimit telah
terus berinovasi dan memberikan solusi strategis untuk berbagai industri, membantu
mereka memahami audiens serta mengoptimalkan komunikasi korporat, produk,
atau layanannya. Sebagai pelopor di bidangnya, NoLimit telah mendapatkan
sertifikasi AMEC dari PR Academy, UK, menegaskan kredibilitas dan kualitas
layanannya.

Narahubung :
Reynata Adenty – PR NoLimit Indonesia
082219122425, [email protected]

NoLimit Logo
Produk

NoLimit Dashboard

Tingkatkan strategi bisnis dan daya saing di industri dengan analisis media sosial.

NoLimit Care

Hubungkan semua channel komunikasi digital dalam satu dashboard secara efisien.

NoLimit+

Dapatkan analisis mendalam dengan dashboard yang dirancang khusus untuk Anda.

Solusi

Perusahaan

Buat strategi berbasis data dengan analisis media sosial dan kompetitor dengan lengkap.

Usaha Kecil Menengah

Libatkan lebih banyak audiens dan kembangkan bisnis Anda dengan media sosial & analisis konten.

Kementerian

Pantau opini publik untuk membuat dampak yang lebih besar dengan dashboard yang disesuaikan.

Pemerintah Daerah

Optimalkan media sosial untuk membangun kepercayaan publik dengan menjadi wadah aspirasi

Politik

Manfaatkan data social media untuk memahami pemberi suara dan strategi kompetitor.