Rahasia Membangun Brand Awareness di Media Sosial

222

Membangun brand awareness brand terdengar sulit namun kita perlu cek kembali siapa tahu memang ada beberapa hal yang mungkin terlewat, beberapa hal yang akan dibahas nanti bukan tentang tahapan, tetapi lebih pada elemen apa saja yang mungkin Anda lewatkan saat membangun brand awareness.

Sebelum lanjut tidak ada salahnya jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa perbedaan elektabilitas dan popularitas, hal ini akan membantu Anda dalam menentukan posisi Anda dan bagaimana anda membangun Brand Awareness pada media sosial.

Nah Berikut beberapa cara untuk membangun brand awareness dan elektabilitas di media sosial.

Tentukan Unique Selling Point (USP)

Pada dasarnya setiap Manusia itu tercipta berbeda dan sangat unik mungkin seharusnya mudah bukan? perbedaan inilah yang perlu kita pertegas dan tunjukan. Hal ini tentu bersifat sama dengan produk, dengan fokus pada apa keunikan maka akan lebih mudah orang lain untuk mengingat siapa Anda dan produk yang seperti apa. 

Tawarkan solusi dan manfaat Anda yang berbeda, nilai unik dapat menjadi salah satu awareness atau kesadaran bagi para followers di media sosial yang tentu saja ini dapat membantu dalam meningkatkan brand image. 

Kenali Siap Audience

Selain dari mengenali siapa diri kita maka elemen selanjutnya dalam meningkatkan brand awareness adalah mengetahui siapa audiens kita, siapa yang sedang kita hadapi, bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka dan tentu saja value apa yang mereka harapkan dari diri Anda.

Dengan mengetahui siapa audiens Anda pastinya akan sangat memudahkan dalam menyusun strategi dari meningkatkan awareness dan menampilkan siapa diri Anda. 

Pilih Media Sosial yang Tepat

Setelah anda mengetahui siapa audience yang ditargetkan maka menentukan media sosial yang tepat tentu bukan lagi hal yang sulit bukan? beberapa media sosial memiliki karakter audience dan cara yang berbeda.

Untuk melihat seberapa baik performa anda di media sosial, pastinya anda perlu mengetahui bagaimana cara mengoptimasi impression dan reach di media sosial. Dengan fokus pada indikator ini maka akan lebih mudah lagi konten atau profil anda terkenal di media sosia. 

Bentuk konten yang menarik, informatif, dan bermanfaat di media sosial agar dapat membantu anda membangun ekosistem followers. Karena media sosial adalah tools paling efektif yang kini banyak digunakan baik personal atau perusahaan untuk optimasi profil mereka di media sosial. 

Artikel Lainnya : 6 Media yang sering digunakan para Influencer

Visual merupakan kunci kenyamanan

Sebuah visual pada konten memegang kunci dalam menjangkau ketertarikan para followers terhadap konten kita. Tapi masalahnya ga punya kamera yang bagus, gimana dong?.

Visual itu tidak terbatas hanya pada sebuah foto real yang dipotret menggunakan kamera, sebuah visual sudah sebaiknya dapat menjelaskan siapa kita dan apa konteks dari konten yang kita sampaikan. 

Melalui visual inilah para audiens akan merasa nyaman berlama-lama melihat konten anda di media sosial. Penentuan warna, garis, simbol, tipografi sampai dengan foto real merupakan aspek-aspek penting dalam membuat sebuah konten. 

Jadi, bangun identitas visual kamu dari sekarang juga.

Kolaborasi dengan content creator yang lain

Era media sosial memang menghadirkan informasi yang sangat cepat dan tidak terbatas, Anda bisa memanfaatkan kolaborasi dengan siapapun untuk memaksimalkan jangkauan. Audiens yang berbeda dari masing-masing content creator akan saling menguntungkan dengan jangkauan yang lebih besar.

Bangun Interaksi dengan Audience

Para Audience ingin selalu disapa, maka bangun interaksi sedekat mungkin dengan mereka, menjawab beberapa pertanyaan mereka, menyapa mereka, dan interaksi lainnya. 

Dengan membangun interaksi yang kuat, maka engagement rate pun akan meningkat.

Bantu dengan Iklan

Manfaatkan platform iklan di media sosial, baik itu instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads dan lain-lain. Penggunaan iklan ini dimaksudkan untuk meningkatkan jangkauan untuk non followers yang nanti penggunaannya tergantung dengan CTA yang kita inginkan.

Tapi pastikan jika kontennya menarik dan sesuai dengan citra apa yang dibangun. 

Jadi terbongkar lah sudah rahasia membangun brand awareness, Anda bisa segera mempraktekan ini di media sosial Anda atau perusahaan Anda sekalipun.

Artikel lainnya di NoLimit Space

Koswara Adiharja
WRITTEN BY

Koswara Adiharja

Halo! Saya Koswara Adiharja, seorang penulis dengan latar belakang pendidikan di bidang manajemen bisnis. Tulisan-tulisan saya difokuskan pada Digital Marketing, Bisnis, Pengembangan Diri, dan Karir. Sebagai seseorang yang memiliki kecintaan pada dunia bisnis, saya berbagi pandangan dan pengetahuan melalui blog pribadi ini. Mari bersama-sama mengeksplorasi ide, strategi, dan inspirasi yang dapat membantu kita tumbuh bersama. Teruslah membaca tulisan saya untuk mendapatkan wawasan dan motivasi yang baru!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading