Pengertian, Cara Mengukur, dan Pentingnya Engagement Rate

530

Engagement rate merupakan matriks yang digunakan untuk mengukur performa suatu konten di media sosial. Engagement rate dapat digunakan untuk dunia digital marketing, engagement rate biasanya dijadikan indikator untuk mengukur interaksi yang didapatkan dari audiens pada platform media sosial.

Tidak hanya itu, engagement rate juga dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan riset dengan memahami keinginan audiens yang didapatkan dari jumlah interaksi pada suatu konten tersebut. 

Cara Mengukur Engagement Rate

Terdapat beberapa cara untuk menghitung engagement rate

  1. Engagement rate berdasarkan reach, cara menghitungnya dengan cara : ER = total engagement per post / reach x 100
  2. Engagement rate berdasarkan postingan, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut : ER=total engagements on a post total followers x 100.
  3. Engagement rate berdasarkan impression, dilakukan dengan rumus : ER=total engagements on a post total impressions x 100

Untuk dapat mengukur engangement rate brand-mu dengan mudah dapat dilakukan dengan menggunakan tools media monitoring, salah satu tools media monitoring yang dapat digunakan untuk mengukur engagement rate adalah NoLimit Dashboard.

Manfaat menghitung engagement rate

Dengan menghitung engagement rate dapat menghasilkan banyak manfaat. Pertama, dapat memahami keinginan audiens yang dilihat berdasarkan jumlah interaksi pada konten yang diunggah.

Kedua, dapat melihat keberhasilan campaign yang telah dibuat, hal ini dilakukan dengan menghitung engagement rate kita dapat mengetahui keberhasilan campaign atau progam yang kita buat

Ketiga dapat melihat kinerja kompetior, dengan mengetahui engagement rate kompetitor, kita bisa mengetahui audiens yang terlibat dalam campaign marketing yang dilakukan kompertitor. Dari hal tersebut kita dapat membuat strategi yang dapat meningkatkan brand.

Ketahui engagement rate mu di media sosial menggunakan NoLimit Dashboard. guna tingkatkan performa brand mu di media sosial.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading