Sering Tertukar! Ini lho Perbedaan Content Creator dan Influencer

817

Mungkin masih banyak diantara kamu yang beranggapan kalau influencer dan content kreator itu sama. Walaupun terlihat mirip namun keduanya memiliki perbedaan. 

Singkatnya content creator adalah orang yang berfokus pada konten original untuk berbagi informasi dan tidak terbatas pada satu bentuk konten. Sedangkan influencer adalah orang yang memiliki pengaruh terhadap pengikutnya dan konten yang dibuat biasanya berupa promosi produk.

Masih bingung?kita coba jelaskan perbedaan keduanya di dalam artikel ini.

Content Creator

Seorang content creator fokus kepada pembuatan konten yang melibatkan audiens mereka. Konten yang dibuat berupa blog, video, foto, tutorial, kegiatan sehari-hari dan sebagainya. Konten mereka ditampilkan dalam beragam platform media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok, podcast atau blog pribadi. Mereka membuat konten yang relevan dengan kebutuhan audiensnya. 

Baca Juga : Content Creator : Arti, Tugas, Skill dan Kunci Sukses 

Content creator membuat konten yang profesional dan berkualitas tinggi. Mereka membuat konten yang berkaitan dengan informasi, edukasi dan hiburan. Seorang content creator bisa bekerja secara individu maupun menjadi karyawan perusahaan. David “Gadgetin”, Raditya Dika merupakan content creator yang populer di Indonesia.

Influencer 

Influencer adalah seseorang yang populer di media sosial dan memiliki pengaruh terhadap para pengikutnya. Mereka melakukan promosi produk dan berbagi ulasan mengenai produk atau layanan yang akan diikuti oleh followersnya. Hal ini memberikan keuntungan kepada pelaku bisnis yang ingin menjangkau pengguna baru dan membangun brand awareness.

Fokus influencer dalam membuat konten adalah untuk engagement dan membangun audiens. Mereka memiliki pengaruh terhadap audiens mereka karena hubungan yang mereka bangun di platform media sosial.

Tasya Farasya, Jerome Pollin merupakan contoh influencer yang terkenal dan memiliki jumlah followers yang banyak.

Baca Juga : Apa Itu Influencer?Tugas hingga Pendapatannya 

Perbedaan Content Creator dan Influencer

Meskipun keduanya terlihat mirip namun pebedaan keduanya terlihat dari tujuan mereka dalam membuat konten. 

Influencer bekerja dengan tujuan membuat konten yang mampu meyakinkan para pengikutnya untuk mencoba dan membeli produk atau layanan yang mereka promosikan.

Rate card seorang influencer berbeda satu sama lain. Hal ini disesuaikan dengan jenis dan jumlah followersnya. Semakin banyak jumlah followers biasanya tarifnya semakin mahal.

Seorang content creator bekerja dengan tujuan untuk membuat konten yang mengedukasi dan memberikan informasi kepada audiensnya. 

Mereka memiliki kemampuan untuk menumbuhkan jumlah audiensnya, namun mereka cenderung lebih fokus kepada informasi yang ingin mereka bagikan.

Influencer dan content creator memiliki kemampuan yang akan membantu dari sisi strategi marketing. Namun perlu diingat bahwa hasil dari keduanya akan sangat berbeda.

Bekerja sama dengan influencer akan menghasilkan tampilan produk dalam bentuk foto dan video yang dikemas secara menarik dan engaging. Tidak heran terkadang audiens lebih senang melihat produk yang ditampilkan oleh influencer dibandingkan produk iklan di televisi. 

Seperti yang dilakukan oleh Denny Sumargo dan timnya ketika mengeksekusi suatu produk. Konsep yang matang dan ide yang out of the box, sukses membuat produk yang dipromosikan tidak terasa seperti “jualan” dan menghasilkan engagement yang tinggi.

Jika kamu menjalin kerja sama dengan content creator, mereka akan membuatkan konten seputar produk dan layanan.Content creator akan membuatkan konten professional berkualitas tinggi untuk bisnis . Konten yang dibuat bisa berupa postingan blog, video, episode podcast dan lainnya.

Content creator biasanya dibayar berdasarkan proyek yang mereka kerjakan. Kamu akan berbagi ide konten terkait bagaimana produk kamu ingin ditampilkan. Biasanya mereka memberikan penawaran berdasarkan waktu yang dibutuhkan atau cakupan keseluruhan proyek.

Pernah melihat konten dari David “Gadgetin”? dengan penyampaian informasi yang detail dan mudah dipahami, David berhasil membuat konten yang informatif sekaligus engaging. Konten David menjadi pilihan utama ketika seseorang ingin membeli gadget

Penutup

Bekerja sama dengan influencer maupun content creator akan membantu meningkatkan pemasaran produk. Semuanya tergantung kepada tujuan yang ingin dicapai.

Jika ingin membangun audiens yang cukup besar, influencer bisa menjadi pilihan terbaik. Namun jika kamu ingin membangun strategi konten pemasaran yang efektif, content creator dapat membantu dalam hal tersebut.

Sebelum menentukan akan bekerja sama dengan siapa, pastikan kamu memastikan kampanye media sosial yang akan kamu lakukan. Setelahnya kamu bisa menyesuaikan siapa yang akan diajak bekerja sama dan memberikan manfaat dalam menjangkau audiens. Apakah influencer atau content creator.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading