Apa itu Influencer? Tugas hingga Pendapatannya

309

Istilah influencer sudah tidak asing lagi di era digital saat ini, kecepatan informasi yang bertebaran di media sosial pastinya tidak lain adalah peran dari apra influencer atau para content creator. 

Peran ini lah yang menjadikan influencer tidak hanya sebagai pekerjaan sampingan tetapi juga sampai dengan pekerjaan utama karena pendapatannya yang cukup fantastis jika dibandingkan dengan pekerjaan biasa. 

Pengertian Influencer 

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh terhadap orang orang lain, Influencer sendiri pastinya memiliki kemampuan dalam bidang sesuatu, sehingga banyak orang yang merasa tertarik terhadap apa yang dia lakukan, seperti kegiatannya, gagasannya hingga movement yang dia lakukan. 

Jika merujuk pada KBBI istilah influencer belum sepenuhnya diserap menjadi bahasa Indonesia yang baku, namun jika melihat dari sisi makna, seorang influencer memiliki makna yang serupa dengan ini : 

pengaruh/pe·nga·ruh/ n daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang: besar sekali — orang tua terhadap watak anaknya;

Maka tidak heran jika Influencer kini banyak sekali bermunculan tidak hanya dalam kehidupan nyata, tetapi juga muncul di berbagai platform sosial media. Kehadiran para influencer ini lah yang menjadikan suatu topik semakin menarik untuk dibahas, hingga influencer pun memiliki kendali untuk membentuk trend yang ada di masyarakat saat ini. 

Apa tugas seorang influencer

Tugas influencer biasanya fokus pada pembuatan konten, namun sebelum membuat konten pastinya para influencer akan membuat perencanaan konten yang relevan dengan para audience. 

Konten yang menarik, berkualitas dan relevan adalah kunci utama dari kesuksesan para influencer. Selain untuk konten untuk dirinya sendiri, para influencer pastinya mempersiapkan konten untuk promosi produk, kolaborasi, endorsement hingga review.

Jenis-Jenis Influencer adalah 

Mengutip dari UMKM di Normal New Era jenis influencer terbagi menjadi :  

Influencer Mikro

Influencer mikro adalah seseorang yang memiliki jumlah followers sekitar 10 ribu, atau bahkan di bawah itu. Influencer mikro sangat efektif digunakan untuk promosi produk.

Influencer Makro

Influencer makro adalah influencer yang memiliki lebih dari 100 ribu followers. Biasanya, influencer makro adalah seorang yang dikenal luas dan ahli pada bidang tertentu. Meskipun banyak tetapi belum seterkenal selebritis. 

Contoh influencer makro adalah @fitraeri @ridwanhr dan masih banyak lagi.

Influencer Premium

Influencer premium adalah top influencer dengan jumlah followers paling banyak. Influencer premium adalah influencer yang memiliki jutaan followers. 

Contoh influencer premium adalah @raffinagita1717, @ayutingting92 dan lain-lain.

Jenis-jenis Influencer Selengkapnya : Jenis-jenis Influencer dan Contohnya 

Contoh Media yang digunakan Para Influencer

​​SelebTikTok

SelebTikTok merupakan para influencer yang fokus menggunakan TikTok dan sangat terkenal pada platform tersebut. Jumlah followers yang cukup tinggi dan awareness yang sangat kencang menjadi salah keunggulan dari platform media sosial ini. 

Selebgram

Selebritis Instagram atau Selebgram adalah public figure yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media untuk berinteraksi dan promosi. Selebgram akan memanfaatkan kepopuleran mereka untuk melakukan promosi atas kerja sama dengan brand/perusahaan.

Contoh Selebgram di Indonesia adalah Fadil Jaidi, Arief Muhammad,dan masih banyak lagi.

YouTuber

Platform yang satu ini adalah platform yang cukup besar, lebih dari 90% orang menggunakan YouTuber untuk mencari informasi, seperti tutorial, tips membeli sesuatu, review hingga aktivitas orang-orang terkenal. 

Youtube akan bekerjasama dengan YouTuber yang memiliki pengikut yang banyak, dan konten yang jumlah viewersnya cukup banyak. 

Contoh YouTuber di Indonesia adalah Deddy Corbuzier, Ria Ricis dan masih banyak lagi.

Blogger

Mungkin platform yang satu ini terdengar tidak asing lagi, namun para blog ternyata memiliki pasar potensial nya juga, tak heran platform blog ini masih menjadi salah satu yang cukup besar pengaruhnya. Seperti mencari tutorial masak, trend fashion hingga tips kesehatan biasanya ada di blog. 

Berapa kisaran pendapatan para Influencer?

Mengutip data dari IDX dan lembaga kajian media sosial dari 1.865 influencer di seluruh dunia ada 45,74 persen influencer wanita dan 28 persen rentang usia 25-34 tahun dengan rata-rata pendapatan mencapai 3.000 USD atau sekitar 43 juta rupiah per bulan. 

Hingga menurut sebuah survei, influencer Indonesia memiliki gaji rata-rata 9,3 juta rupiah hingga 14 juta rupiah per bulan. 

Pendapatan Nano Influencer

Nano influencer memiliki rate harga yang paling terkecil diantara kategori influencer yang lain, mulai dari USD10-100 atau sekitar Rp143 ribu – 1,4 juta rupiah per post tergantung jenis kerjasamanya.

Sedangkan untuk pendapat perbulan untuk nano influencer diluar kerjasama post bisa mencapai USD1.543 atau sekitar Rp22 juta.

Pendapatan Micro Influencer

Influencer ini memiliki pengikut 10.000 hingga 50.000 di media sosial. 

Micro influencer juga menjadi salah satu profesi yang menjanjikan karena dalam sekali post influencer ini mematok harga mulai dari  USD 100-500 atau sekitar Rp1,4-7,1 juta. Sedangkan jika diambil rata-ratanya perbulan micro influencer dapat meraup hingga USD2.236 atau sekitar Rp 32 juta.

Pendapatan Mid Tier influencer

Untuk sekali post mid tier influencer memiliki rate harga mulai dari USD 500 – 5.000 atau sekitar Rp 7,1 – 71 juta. 

Sedangkan untuk pendapatan per bulannya mencapai USD7.821 atau sekitar Rp 112 juta.

Pendapatan Macro Influencer

Rate harga per post kategori ini juga lumayan besar, mulai dari USD5.000-10.000 atau sekitar Rp71-143 juta rupiah. 

Pendapatan perbulan juga tidak main-main, bisa mencapai USD 12.276 atau sekitar Rp 176 juta.

Pendapatan Mega Influencer

Untuk sekali post pelaku bisnis harus rela mengeluarkan uang sekitar USD10.000 atau sekitar Rp 143 juta. 

Harga juga akan semakin mahal tergantung dengan kerjasama yang dibuat. Biasanya semakin eksklusif maka semakin mahal. Sedangkan untuk selebritis mereka mematok harga mencapai USD100.000 – 1 juta atau sekitar Rp1,4 Miliar rupiah hingga 14 Miliar Rupiah. 

Sumber : Gaji Influencer Indonesia Menurut IDX

Jadi itulah beberapa hal tentang influencer di Indonesia, kesempatan ini tentu saja sangat terbuka lebar untuk para influencer yang saat ini sedang berkarir di media sosial. Manfaatkan segala platform yang sedia dan pastinya jangan sampai patah semangat ya, mulai dari hal kecil dahulu saja.

Koswara Adiharja
WRITTEN BY

Koswara Adiharja

Halo! Saya Koswara Adiharja, seorang penulis dengan latar belakang pendidikan di bidang manajemen bisnis. Tulisan-tulisan saya difokuskan pada Digital Marketing, Bisnis, Pengembangan Diri, dan Karir. Sebagai seseorang yang memiliki kecintaan pada dunia bisnis, saya berbagi pandangan dan pengetahuan melalui blog pribadi ini. Mari bersama-sama mengeksplorasi ide, strategi, dan inspirasi yang dapat membantu kita tumbuh bersama. Teruslah membaca tulisan saya untuk mendapatkan wawasan dan motivasi yang baru!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading