Perbandingan Kualitas & Kuantitas Konten Marketing yang Harus Diketahui

Berbicara mengenai pemasaran bisnis di dunia digital, tentu kita juga harus berbicara mengenai konten marketing. Konten marketing sendiri adalah sebuah bentuk material marketing yang biasanya berbentuk gambar atau video yang dilengkapi dengan tulisan tambahan untuk memperjelas maksud dari material yang digunakan tersebut.

504

Berbicara mengenai pemasaran bisnis di dunia digital, tentu kita juga harus berbicara mengenai konten marketing. Konten marketing sendiri adalah sebuah bentuk material marketing yang biasanya berbentuk gambar atau video yang dilengkapi dengan tulisan tambahan untuk memperjelas maksud dari material yang digunakan tersebut. Namun, konten marketing sendiri sebenarnya tidak serta-merta memberikan informasi yang bersifat promo, ada beberapa jenis konten marketing yang biasa digunakan dalam bentu pemasaran digital. Untuk pembahasan lebih lanjut terkait jenis-jenis konten yang biasa digunakan dalam pemasaran digital, teman-teman bisa baca artikel selengkapnya di artikel kami lainnya.

Jauh sebelum ada dunia digital, bisnis konvensional mengandalkan bahasa verbal secara langsung untuk memperkenalkan sebuah produk atau layanan jasa ke pada target market mereka. Sedangkan setelah hadirnya media digital, pemasaran  bisnis mulai berubah dengan menggunakan konten untuk menghubungkan sebuah bisnis perusahaan dengan target market mereka.

Penggunaan konten sendiri bisa digunakan di berbagai media, contohnya seperti konten di dalam blog yang dibuat dalam bentuk artikel, konten media sosial, video marketing atau bahkan sampai konten yang dibuat melalui media Email. Pertanyaan yang sering muncul adalah seberapa banyak konten harus dipublikasikan oleh sebuah brand dalam satu bulannya. Beberapa brand mementingkan kuantitas yang besar untuk bisa memproduksi konten marketing. Akan tetapi ada pula Brand yang tidak terlalu mementingkan kuantitas, tetapi lebih memikirkan kualitas dalam membuat konten marketing.

Dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai beberapa hal yang harus kalian ketahui terkait kuantitas dan kualitas konten marketing.

Pengaruh Kuantitas Konten terhadap Marketing.

Salah satu kanal yang sangat penting di dalam bisnis di dunia digital adalah Google. Seluruh pegiat bisnis di dunia berlomba-lomba untuk menjadi urutan pertama di mesin pencarian online Google, terlebih lagi menjadi urutan pertama pada kata kunci yang berhubungan dengan bisnis yang sedang kalian jalani.

Salah satu manfaat dari membuat konten dengan kuantitas yang tinggi adalah potensi yang akan terekam oleh Google. Semakin banyak kata kunci muncul di dalam sebuah konten, makan akan semakin tinggi juga konten tersebut akan dibaca oleh mesin pencarian Google. Dalam strategi SEO (Search Engine Optimization), penekanan kata kunci yang kalian pilih di dalam sebuah konten merupakan cara termudah untuk meningkatkan urutan bisnis Anda di dalam mesin pencarian. Semakin banyak konten yang kalian buat, makan semakin tinggi juga organik traffic yang akan dihasilkan. Semakin tinggi traffic yang dihasilkan, tentu saja akan semakin tinggi pula potensi Leads yang akan didapatkan.

Pengaruh Kualitas Konten terhadap Marketing

Di sisi lain, untuk membuat konten yang berkualitas kita membutuhkan waktu yang cukup lama. Tuntutan untuk bisa membuat konten dengan kuantitas yang tinggi, namun harus tetap memiliki kualitas yang sangat baik terkadang membebani kita dalam menghasilkan konten marketing yang optimal.

Fokus pada konten yang berkualitas tentu akan berpengaruh terhadap jumlah konten yang dihasilkan. Hal ini pun tentu akan berpengaruh terhadap organik traffic yang kita bicarakan di Sub-bab sebelumnya. Organic Traffic yang dihasilkan akan lebih sedikit, dan tentu saja Leads yang dihasilkan pun akan lebih sedikit.

Akan tetapi, konten berkualitas pun memiliki pengaruh penting pada pergerakan marketing bisnis kalian. Konten marketing yang memiliki kualitas tinggi bisa menghasilkan dan membuat image yang baik terhadap bisnis kalian. Impresi yang didapatkan oleh target market akan positif dan lebih mudah melekat di ingatan mereka. Alhasil, brand atau produk kalian pun akan menjadi top of mind yang ada di kepala pembaca ketika membicarakan industri yang dekat dengan bisnis yang teman-teman sedang jalani.

Solusi dalam Membuat Konten Marketing

Kualitas dan kuantitas di dalam sebuah konten sebenarnya bukanlah sebuah opsi yang harus dipilih. Kombinasi dari kedua harus bisa diracik dengan baik sehingga bisa terjalin hubungan yang baik antara kualitas dan kuantitas. Tujuan yang dituju oleh konten marketer adalah menghasilkan konten yang disukai oleh mesin pencarian, yaitu dengan kuantitas konten yang tinggi dan menghasilkan konten yang disukai oleh target market secara langsung, yaitu dengan kualitas konten yang tinggi. Untuk prioritasnya sendiri, semua kembali ke tujuan awal dari bisnis teman-teman semua.

Sebagai pembuat konten marketing, kalian harus bisa membuat sebuah konten pillar di mana kalian diharuskan bisa membuat strategi yang realistis terkait memproduksi sebuah konten. Pikirkan jenis-jenis konten apa saja yang akan diproduksi, jumlah konten, kualitas konten dan tentu saja semua hal itu harus diseragamkan dan disesuaikan dengan tujuan awal dari penggunaan konten marketing itu sendiri.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading