Mudik 2023: Bagaimana Perbincangan Netizen di Media Sosial?

235

Jelang arus mudik lebaran 2023, pemerintah Indonesia tersus mempersiapkan berbagai hal untuk kenyamanan para pemudik. Mulai dari penerapana one way dan contra flow guna mengantisipasi kemacetan. Sedangkan berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jumlah pemudik tahun ini bertambah dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini pun perlu dipastikan kesiapan untuk mudik tahun ini.

Sejak tanggal 22 Maret 2023, NoLimit melakukan pemantauan di media sosial terkait perbincangan mudik di media sosial dengan menggunakan keyword dan hashtag #mudik2023 dan lebaran2023.

Sumber: NoLimit Dashboard

Dari tanggal 22 Maret 2023 hingga saat ini terdapat 4.588 perbincangan di media sosial Twitter dengan keyword dan hashtag yang sebelumnya sudah di tanam. Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa perbincangan tersebut meningkat di tanggal 11 April 2023.

WordCloud Mudik Lebaran 2023

Sumber: NoLimit Dashboard

3 Top Topik Perbincanngan di Media Sosial

Sumber: NoLimit Dashboard

Dari banyaknya perbincangan di media sosial terkait mudik lebaran 2023, kami merangkum 3 topik yang paling banyak dibicarakan di media sosial. Sebanyak 63% perbincangan terkait puncak arus mudik mendominasi dibandandingkan perbincangan lainnya. Dan, sebanyak 24% membicarakan terkait kebijakan contra flow saat jumlah kendaraan meningkat di tol.

3 Top Media Beserta Cuitan di Media Sosial

Top media merupakan media yang membicarakan topik yang sesuai dengan yang sudah ditentukan dan memilik jumlah followers terbanyak. Dalam topik terkait mudik lebaran 2023, terdapat 3 top media yang membicarakan. Antara lain, Detikcom, Metro Tv, dan TV One News.

UsernameFollowers
Detikcom20,2 M
Metro_TV11,1 M
tvOneNews9,8
Sumber: NoLimit Dashboard

Berikut ini merupakan hasil analisa menggunakan NoLimit Dashboard. Bagaimana tanggapan sobat NoLimit terkait mudik lebaran di tahun ini? Berikan tanggapanmu di kolom komentar ya sobat NoLimit!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading