Membaca Instagram Analytics Bagi Pemula

695
0

Jika Anda sudah memiliki akun Instagram for Business, Anda sudah bisa menggunakan Instagram analytics sekaligus mendapatkan insight atau laporan statistik konten-konten yang Anda buat serta interaksinya dengan pengguna Instagram lain.

Pengguna Instagram personal atau individual tidak akan mendapatkan laporan yang lebih lengkap dan komprehensif dibandingkan akun Instagram for Business.

Jadi, jika Anda memang menjalankan sebuah bisnis secara online, lebih baik mengganti tipe akun Instagram Anda ke akun bisnis.

Cara membaca Instagram analytics pun sangat mudah sekali bagi pemula. Analitik tersebut bisa Anda akses langsung baik lewat smartphone di aplikasi Instagram maupun lewat laptop dalam bentuk laporan desktop.

Mana yang lebih baik? Jawabannya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Anda ingin mendapatkan laporan yang lebih lengkap serta mudah dipresentasikan, lebih baik membukanya lewat laptop. Namun, jika ingin mengetahui analytics secara realtime dalam kondisi mobile, Anda bisa memeriksanya langsung dari aplikasi Instagram Anda.

Panduan membaca Instagram analytics

Ketika Anda membuka halaman profil, Anda hanya tinggal menekan tombol insight untuk melihat statistik Instagram Anda. Selain lewat tombol insight, Anda juga bisa menekan burger menu di sebelah pojok kanan atas, lalu tinggal pilih menu insight dengan ikon sebuah grafik.

Periode waktu analytics

Anda bisa mengatur periode waktu yang diinginkan mulai dari insight 7 hari lalu, 14 hari lalu, atau 30 hari yang lalu. Selain itu Anda juga bisa langsung memilih berdasarkan tanggal-tanggal tertentu.

Misalnya, Anda ingin melihat kurun waktu tanggal tertentu saja dari tanggal 1 Agustus sampai tanggal 15 Agustus, pada saat ada campaign hari kemerdekaan.

Periode waktu ini sangat penting, karena akan memberikan insight yang lebih tepat saat Anda melakukan campaign atau mengunggah konten-konten tertentu sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan. Sehingga nantinya Anda bisa membandingkan performanya dengan periode sebelumnya.

Insight overview

Secara umum insight overview atau gambaran insight akan memberikan informasi account reached dan content interactions. Account reached dalam Instagram Insight adalah seberapa banyak konten Anda menjangkau pengguna Instagram. Pengguna Instagram ini bisa berasal dari follower atau non-follower. Saat ada satu orang pengguna Instagram yang melihat konten Anda, artinya 1 reach sudah terpenuhi. 

Jika Anda mengeksplorasi lebih dalam lagi, account reached tidak hanya menginformasikan seberapa banyak pengguna yang melihat konten Anda tetapi juga menginformasikan tipe konten apa saja yang dilihat.

Instagram analytics akan memberikan informasi jenis konten yang paling banyak dilihat oleh orang seperti konten stories, post di feed, reels hingga IGTV Videos.

Anda pun bisa langsung melihat beberapa stories teratas atau konten teratas yang sudah dipublikasi sesuai dengan periode waktu yang sudah disetel. 

Selain itu, Anda bisa melihat rangkuman total impresi, kunjungan profil, website taps, email button taps, dan juga call button taps. Maka, informasi-informasi tersebut sebaiknya Anda lengkapi agar insight yang Anda dapatkan pun bisa lebih lengkap.

Your Audience

Halaman Your Audience akan memberikan informasi perkembangan naik turunnya follower Anda. Anda bisa melihat puncak waktu follower Anda bertambah atau pun sebaliknya. Anda juga bisa mendapatkan informasi dari mana saja follower Anda berasal, kota hingga negaranya. 

Paling penting, Anda juga bisa mengetahui porsi jenis kelamin follower Anda; apakah lebih banyak laki-laki atau malah sebaliknya. Begitupun dengan rentang usianya. Selain itu, yang paling fundamental, Anda bisa mengetahui kapan saja follower Anda aktif di Instagram.

Content You Shared

Halaman ini akan memberikan informasi tentang konten-konten yang sudah Anda buat. Statistik Analytics yang bisa Anda dapatkan mulai dari jumlah impresi, jangkauan, replies, shares, interaksi story, dan beberapa insight lainnya. 

Live Video

Halaman ini akan menyimpan insight dari live video yang Anda lakukan. Live video umumnya akan menghilang dalam 24 jam setelah ditayangkan. Tetapi, Anda tetap bisa menyimpannya dalam bentuk IGTV Videos. 

Lewat Instagram Analytics, Anda bisa mendapatkan laporan yang komprehensif sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Tantangannya adalah jika Anda memiliki beberapa akun Instagram yang dijalankan atau dikelola secara bersamaan. 

Hal tersebut bisa ditangani dengan menggunakan tool social media analytics. Salah satunya adalah NoLimit Dashboard yang akan memberikan insight dari campaign-campaign yang dijalankan lewat media sosial, termasuk Instagram.

Basis pengambilan data bisa langsung melalui akun, hashtags, maupun kata kunci atau keyword yang hendak Anda telusuri. Anda pun tidak perlu repot melakukan login dan verifikasi; cukup dengan menghubungkan username akun Instagam atau media sosial lainnya di NoLimit Dashboard.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading