Gempa Cianjur, Menelan Banyak Korban Jiwa

267

Pada senin 21 November 2022, gempa mengguncang Kota Cianjur. Berdasarkan laman CNN Indonesia Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa tersebut adalah gempa tektonik yang terjadi pada kedalaman 11 km. Diikuti 15 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar M4,0 hingga pukul 14.00 WIB.

Gempa yang terjadi di Cianjur terasa hingga Jakarta dan Bandung. Dari kejadian tersebut, banyak menelan korban jiwa, korban hilang, dan berbagai kerusakan. Hingga tadi malam berdasarkan laman kompas.com jumlah korban meninggal sebanyak 268 jiwa dan masih banyak korban yang belum ditemukan.

Kejadian tersebut menyita perhatian masyarakat Indonesia, mulai dari ucapan duka hingga bantuan yang mereka salurkan. Hingga hashtag #PrayforCianjur menjadi trending topik di media sosial twitter.

Kejadian yang menelan banyak korban menjadi perhatian warga Indonesia

Sumber : NoLimit Dashboard

Berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan menggunakan NoLimit Dashboard perbincangan terkait musihabah gempa di Kota Cianjur banyak dibicarakan pada tanggal 22 November 2022. Banyak masyarakat yang khawatir dengan keadaan di Cianjur.

3 Top Issue

Sumber : NoLimit Dashboard

3 top issue terkait terkait kejadian tersebut yaitu masyarakat membicarakan korban jiwa yang jumlahnya semakin bertambah, tidak hanya itu masyarakat juga membicarakan terkait kerusakan pemukiman yang terjadi akibat gempa, dan yang terakhir masyarakat Indonesia membicarakan terkait korban yang masih belum ditemukan sejak bencana tersebut terjadi.

Tanggapan Beberapa Tokoh

Dari bencana tersebut Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat meninjau langsung lokasi bencana. Presiden Joko Widodo membeberikan masukan untuk dapat membangun rumah sesuai dengan standar bangunan anti gempa.

“Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR. Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah yang anti gempa,” Ujar Joko Widodo.

Sedangkan Gubernur Jawa Barat meminta tolong masyarakat untuk dapat berkontribusi untuk memberikan bantuan.

“Menolong sesama manusia adalah tugas semua manusia. Semoga banyak dari kita bisa membantu juga untuk meringankan beban warga Cianjur. Mayoritas hari ini yang dibutuhkan adalah makanan, obat-obatan, kebutuhan bayi dan selimut.

Mohon doanya selalu. Hatur nuhun.” Ujar Ridwan Kamil

Top Influencer

Cuitan beberapa influencer terkait musibah gempa bumi yang melanda Kota Cianjur. Mulai dari Mario Teguh, Iwan Fals dan beberapa tokoh lainnya.

Berikut ini merupakan rangkuman perbincangan terkait gempa di Cianjur yang berhasil NoLimit Dashboard rangkum. Hingga saat ini masih banyak perbincangam terkait kejadian tersebut di media sosial. Hinggan hashtag Pray for Cianjur masih trending di media sosial twitter.

Trending artikel lain nya :

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading