6 Fungsi Media Sosial yang Jarang Orang Lain Ketahui

1142
0

Kemajuan teknologi memang tidak dapat dibendungung lagi, salah satunya adalah perkembangan Media sosial yang sangat pesat serta fungsi nya yang berbeda-beda.

Menurut Phillip Kotler dan Kevin Keller media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, video dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.

Maka peran media sosial kini tidak hanya berfokus untuk kebutuhan pribadi saja, lebih dari itu media sosial dapat menjadi salah satu bagian dalam mengoptimasi bisnis di era saat ini.

Lalu apa fungsi media sosial? simak 6 Fungsi Media Sosial agar brand kamu semakin dikenal:

Dapat Membangun Kepercayaan Pada Diri

Membangun percaya diri merupakan fungsi media sosial
Fungsi Media Sosial : Membangun Percaya Diri (Ilustrasi Freepik)

Media sosial mampu menumbuhkan kepercayaan diri seseorang. Pernyataan ini sejalan dengan berbagai jenis media sosial yang mendukung untuk berbagai jenis bakat dan menampilkannya di platform baik seperti Instagram, TikTok, Short Video, LinkedIn, Twitter dan berbagai macam platform lainnya.

Pengguna dapat mengembangkan rasa percaya diri di lingkungan baru dan mendapatkan pengalaman yang juga baru bagi dirinya.

Menumbuhkan keterampilan untuk mendengar dan berkompromi dengan lebih baik di lingkungan virtual.

Fungsi Media Sosial Sebagai Ruang Interaksi

Inilah kekuatan media sosial yang dalam waktu bersamaan dapat menghubungkan orang dari berbagai belahan bumi.

Siapapun dan dari manapun dapat terhubung secara langsung untuk berbagi informasi.

Para pengguna bebas berbagi foto, video, blogging, permainan sosial, jaringan bisnis dan berbagai hal lainnya.

Seluruh informasi tersebut dapat diakses secara langsung melalui pembangunan jaringan dan komunitas virtual.

NoLimit Insight : Daftar Social Media Analytic

Berjualan di Media Sosial

Siapas sangka media sosial hanya untuk berinteraksi saja, fungsi media sosial yang saat ini aktif digunakan adalah sarana untuk berjualan.

Para seller memanfaatkan media sosial sebagai media yang efektif dalam berjualan, karena para seller akan lebih mudah berinteraksi langsung dengan pembeli.

Para pembeli akan merasa nyaman dan lebih terbuka terkait segala informasi tentang produk yang ditawarkan oleh seller.

Jadi kepercayaan pembeli pun akan semakin meningkat.

Media Hiburan dan Sarana Betukar Ide Kreatif

Selain untuk menjalin pertemanan dengan seluruh orang di dunia, media sosial juga berperan memberikan hiburan bagi pengguna internet. Seperti berbagi konten dengan tema yang menarik dan menghibur, baik berupa teks, video, foto dan masih banyak lagi.

Seperti salah satu contoh hiburan yang paling populer yaitu youtube. Melalui platform ini Anda dapat menonton drama, musik serta jutaan konten menarik dan seru dalam satu jenis social media.

Fungsi Media Sosial dalam Membantu Riset Pasar

Media sosial memfasilitasi komunikasi antara pemilik usaha dan pelanggan yang memungkinkan adanya interaksi sosial. Ini semakin memudahkan proses social media monitoring yang akan membantu upaya pemasaran dan riset pasar.

Membantu perusahaan menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif dengan mengetahui produk yang dapat diterima. Menemukan target pasar yang sesuai sehingga membantu upaya perusahaan untuk membangun bisnis jangka panjang.

Artikel Tips & Trick Marketing : Tools Analisa Media Sosial

Membangun Brand

Pada poin sebelumnya kita membahasa mengenai fungsi dari media sosial sebagai tempat untuk berjulan, nah selain itu media sosial pun akan membantu dalam meingkatkan brand identity.

Brand identity yang terbangun di media sosial tergantung pad apa yang kita berikan kepada para audience, kamu bisa memulai dengan menyampaikan apa yang brand kamu ingin sampaikan, hingga brand kamu akan terbangun dan presepsi di audience samakin baik.

Penutup

Jadi itulah fungsi dari media sosial yang dapat kita manfaatkan sebaik mungkin, tidak hanya terbatas dapat berinteraksi saja namun lebih dari itu peran dan fungsi media sosial pada saat ini sangat tidak terbatas, bahkan dapat mengembangkan bisnisnya dengan pesat hanya dengan bermodalkan media sosial.

Mau artikel lainnya seputar bisnis dan data media sosial? Silakakan ikuti tautan ini untuk menuju artikel lebih lengkap seputar bisnis dan digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading