5 Rekomendasi Tools Social Media Analytics

948

Ada beberapa tools social media analytics gratis terbaik yang tersedia, bersama dengan opsi berbayar juga tentunya akan membuat dampak yang positif terhadap strategi pemasaran Anda di media sosial.

Mengapa kita membutuhkan tools social media analytics ini?

Tools sosial media analitik ini membantu Anda dalam membuat laporan kinerja untuk dibagikan dengan tim, stakeholder, dan atasan Anda untuk mencari keberhasilan dan kemungkinan yang perlu di evaluasi.

Mereka juga harus memberikan data historis yang Anda perlukan untuk menilai strategi pemasaran media sosial Anda di tingkat makro dan mikro.

Tools media analytics ini dapat membantu Anda menjawab dalam pertanyaan seperti ini:

  • Apakah layak bagi bisnis saya terus untuk memposting di sosial media?
  • Topik apa yang paling banyak di perbincangkan bagi bisnis saya?
  • Haruskah kita memposting lebih banyak di instagram bulan depan?
  • Postingan mana yang telah menjangkau kesemua orang dan banyak orang tertarik?
  • dan masih banyak lainnya.

5 Tool Social Media Analytics Terbaik

#1. NoLimit Dashboard

Manfaat utama: data performa dari setiap saluran media sosial dalam satu platform dengan laporan yang mudah dipahami. Anda bisa melihat total engagement, total reach, total like maupun comparison dari setiap brand kompetitor berdasarkan keywords, hashtag maupun object social media profile yang Anda tambahkan pada dashboard.

Berbayar atau gratis? Tool berbayar, tapi Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan Trial selama 14 hari.

Tingkat kesulitan untuk pengguna: Pemula hingga menengah.

Cocok untuk: Pemilik brand dalam bisnis, pemerintahan hingga politik dalam menjalankan media sosial mereka sendiri. Tim riset pengelola media sosial ini akan mendapatkan insight tertentu dari reaksi netizen terhadap brand tersebut.

Sebagian besar platform management media sosial memiliki alat analytics bawaan. Namun, berharap Anda memanfaatkan NoLimit Dashboard bisa lebih menunjang terhadap pelaporan yang lebih efektif dan lengkap.

NoLimit Dashboard Overview

Bisa dibayangkan analytics Twitter, analytics Instagram, analytics facebook fanpage, analytics YouTube dan Online media semuanya dalam satu platform. NoLimit Dashboard menawarkan gambaran lengkap tentang semua upaya media sosial Anda, Jadi tidak perlu memeriksa setiap platform satu persatu.

Menghemat waktu dengan memudahkan dengan membandingkan hasil di seluruh jaringan:

Social media post metrics:

  • Engagement
  • Reach
  • Postamde
  • Impression
  • Like
  • Comment
  • Reply
  • Shares
  • dan lainnya

Analitik Percakapan Sentimen

Pernah menghabiskan waktu untuk melihat sentimen publik terhadap brand Anda? Mungkin banyak alasan dengan hal itu. Sibuk untuk mencari feedback mereka apa yang mereka bicarakan terhadap keluhan atau kebutuhan dari pengguna brand tersebut.

Oleh karena itu mengapa Sentiment Analysis kami adalah salah satu fitur NoLimit Dashboard yang paling popular. Itu mengapa setiap brand akan mengetahui topik perbincangan dari setiap kurun waktu tertentu. Alat kami akan crawlback data sesuai rentang waktu yang Anda butuhkan.

#2. Google Analytics

Manfaat utama: Melihat seberapa banyak lalu lintas dan arus prospek ke situs web Anda dari platform media sosial Anda.

Berayar atau gratis: Tool gratis

Tingkat keterampilan: Semua tingkat untuk penggunaannya

Terbaik untuk: Semua profesional media sosial harus terbiasa dengan Google Analytics, tetapi khususnya mereka yang bekerja untuk bisnis berbasis web.

Anda mungkin pernah mendengar tentang Google Analytics. Ini merupakan salah satu tools gratis terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari tentang pengunjung ke situs web Anda.

Dan jika Anda seorang sosial media marketer yang suka mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, maka ini adalah sumber yang tak ternilai untuk dimiliki dibelakang Anda.

Meskipun ini bukan alat report media sosial, Anda dapat menggunakannya untuk menyiapkan laporan yang akan membantu Anda.

  • Melihat performa media sosial mana yang memberi Anda lalu lintas terbanyak.
  • Melihat konten apa yang paling mendorong prospek dan lalu lintas di jejaring sosial yang mana.
  • Kenali audiens Anda dengan data demografis.
  • Hitung ROI campaign media sosial Anda
Google Analytics

Dengan poin data ini, Anda akan dapat memaksimalkan kampanye media sosial dan menyusun strategi secara efektif. Tidak ada strategi media sosial yang lengkap tanpa Google Analytics.

#3. Brandwatch

Manfaat utama: Melacak dan analisis data lebih dari 95 juta sumber, termasuk blog, forum, dan situs reviewers dan serta jejaring sosial.

Gratis atau berbayar: Tools berbayar

Skill level: Pemula atau menengah

Terbaik untuk: Tim PR dan komunikasi, social media marketing yang berfokus pada engagement dan brand monitoring.

Brandwatch adalah tool yang sangat powerful dengan lima template social media analytics report:

  • Summary: Tampilan conversation tingkat tinggi tentang brand Anda, kompetitor, atau keywords.
  • Trends: Laporan tentang conversation dan akun yang mempengaruhi topik atau hashtag tertentu, termasuk mentions perjam atau menit.
  • Reputasi: Pemeriksaan trend sentimen yang mungkin Anda perlu pantau.
  • Influencer: Laporan untuk membantu Anda mengidentifikasi peluang pemasaran influencer yang relevan dengan brand Anda dan menganalisis aktivitas mereka.
  • Competitor comparison: Tolak ukur data media sosial untuk volume conversation, sentimen, dan share of voice.

Sebetulnya fitur yang disediakan dalam brandwatch sudah tersedia dengan NoLimit Dashboard. Disisi lain kami lebih unggul dalam fokus bahasa Indonesia karena ada tim analis yang kompenten siap memberikan report yang terbaik untuk Anda.

#4. Talkwalker

Manfaat utama: Memantau percakapan dari lebih 150 juta sumber untuk menganalisis engagement, potensial reach, comment, sentiment dan emotion.

Gratis atau berbayar: Tools berbayar

Skill level: Intermediate hingga advanced

Terbaik untuk: social media manager, Tim PR dan komunikasi, brand monitor, marketing produk, dan researchers

Talkwalker menawarkan analytics yang berkaitan untuk percakapan sosial diluar properti yang Anda gunakan, termasuk mentions, brand sentiment, peringatan influencer, maupun auhtor list.

Anda bisa filter berdasarkan negara, demografi, device, tipe konten dan lainnya.

Talkwalker sangat berguna untuk menemukan puncak aktivitas dalam percakapan tentang brand Anda. Ini dapat membantu Anda menemukan waktu terbaik posting brand Anda di social media.

#5. Keyhole

Manfaat utama: Laporan dan dashboard yang mendalam secara otomatis untuk social media dalam semua platform.

Skill level: Intermediate hingga advanced

Terbaik untuk: Perusahaan dan organisasi

Keyhole memungkinkan Anda melaporkan segalanya: campaign sosial media, mentions dan interaksi brand, hashtag impact, dan bahkan menganalisa kompetitor Anda di sosial media.

Jika Anda menggunakan influencer marketing sebagai dari langkah strategis Anda, Keyhole memiliki kemampuan pelaporan yang memungkinkan Anda untuk mengindentifikasi influencer yang ideal untuk di ajak bekerja sama.

Kesimpulan

Social media analytics adalah pengumpulan dan analisis data kinerja yang membantu Anda mengukur keberhasilan strategi media sosial Anda. Ini termasuk metrik tracking seperti engagement, reach , like dan masih banyak lagi di berbagai semua saluran Anda.

Jika Anda ingin mencoba tools analytics ini, NoLimit Dasboard menyediakan beberapa tawaran salah satunya mencoba tools analytics kompehrensif ini secara gratis hingga 14 hari. Jika tertarik, silahkan untuk segera hubungi kami terkait kebutuhan analisis media sosial Anda seperti apa.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading