Waktu Terbaik Posting di Instagram untuk Meningkatkan Engagement

1377
0

Dewasa ini, Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer. Menurut data Business of Apps dengan pengguna aktif bulanan lebih dari 1,9 miliar, Instagram menawarkan peluang besar untuk bisnis dan influencer dalam membangun brand awareness dan engage dengan audiens.

Namun, posting tanpa strategi yang jelas bisa menjadi pemborosan waktu dan upaya. Salah satu strategi penting dalam mengoptimalkan Instagram adalah memahami waktu terbaik untuk memposting konten. Berikut adalah panduan lengkap tentang waktu terbaik posting di Instagram untuk maksimalisasi engagement.

Jam Posting Instagram Terbaik

Ada beberapa jam dalam sehari yang terbukti lebih efektif dalam meningkatkan engagement di Instagram dibanding waktu lainnya. Berikut ini adalah jenis konten dan jam terbaik untuk posting:

Jam Posting Terbaik Feed Instagram

Posting feed atau gambar/foto singkat di lini masa paling efektif ketika dilakukan pada jam-jam berikut:

  • Pagi hari pukul 06.00-09.00 merupakan saat banyak orang membuka Instagram pertama kali di awal aktivitas, sehingga feed baru lebih cepat tertangkap.
  • Siang hari pukul 11.00-12.00 adalah jam istirahat makan siang, saat orang cenderung scroll feed Instagram untuk mengisi waktu luang.
  • Malam hari setelah jam kerja pukul 20.00-21.00 merupakan momentum orang membuka kembali Instagram untuk hiburan sebelum tidur.

Jam posting terbaik feed Instagram didasarkan pada perilaku pengguna yang cenderung membuka Instagram pada saat-saat tertentu sepanjang hari. Selain itu, penentuan waktu ini juga mempertimbangkan session penggunaan aplikasi serta aktivitas lain di luar Instagram yang berpotensi menarik perhatian.

Beberapa studi menunjukkan bahwa pagi hari ketika orang baru bangun tidur merupakan waktu termudah untuk menangkap perhatian karena minat dan fokus masih tinggi setelah beristirahat. Kemudian menjelang tidur, pengguna juga terbuka untuk mendapat suguhan konten segar di lini masa.

Jam Posting Terbaik Story Instagram

Posting cerita/story sebaiknya dilakukan pada:

  • Pagi hari pukul 05.00-08.00 adalah saat orang bangun tidur dan memiliki waktu santai sebelum aktivitas dimulai.
  • Sore hari pukul 15.00-18.00 merupakan jam pulang kerja saat orang ingin menikmati hiburan di Instagram.
  • Malam hari pukul 20.00-23.00 adalah rentang waktu luang sebelum tidur yang tepat untuk mengkonsumsi story.

Penentuan jam posting terbaik konten story di Instagram didasarkan pada survei aktivitas harian dan pola penggunaan aplikasi ini. Dipilihnya rentang waktu tersebut karena merupakan sesi dimana mayoritas pengguna membuka story sebagai potongan hiburan pendek di sela-sela rutinitas.

Khususnya sore hari yang merupakan waktu santai setelah pulang sekolah atau kantor. Demikian pula malam hari ketika kegiatan utama telah selesai dan pengguna ingin entertainment sebelum beranjak tidur. Studi ini sekaligus mempertimbangkan durasi optimal tiap sesi penggunaan agar konten story mendapatkan engagement maksimal.

Jam Posting Terbaik Reels Instagram

Sedangkan video pendek berupa Instagram reels terbukti paling efektif dalam menghasilkan engagement ketika di-posting pada:

  • Pagi hari pukul 06.00-09.00 ketika orang baru membuka Instagram dan masih fresh.
  • Siang hari pukul 11.00-14.00 saat orang ingin hiburan pendek di sela waktu luang.
  • Sore hari pukul 17.00-19.00 ketika kegiatan harian mulai berakhir dan orang ingin entertainment.

Sesi pagi, siang, dan sore hari terpilih sebagai waktu optimum posting reels karena mewakili momentum-momen penting aktivitas harian dan navigasi aplikasi. Selain faktor perilaku pengguna, penentuan ini juga berlandaskan pada riset aktivitas reels lainnya yang populer di jam-jam tersebut.

Misalnya jumlah reels unggahan influencer, artis, atau akun viral lain yang biasa mendominasi jam-jam ramai. Dengan demikian, diharapkan reels yang diunggah bersamaan dengan konten populer lainnya turut mendongkrak visibilitas dan engagement.

Hari Terbaik Posting di Instagram supaya Engagement Maksimal

waktu dan jam posting instagram yang terbaik

Selain memilih jam tertentu dalam sehari, pemilihan hari juga penting dalam strategi Instagram. Hal ini bisa terlihat dari perilaku pengguna yang cenderung lebih aktif di platform pada hari dan tanggal tertentu.

Hari Kerja (Senin-Jumat)

Hari kerja adalah waktu terbaik untuk merancang dan menjalankan kampanye, karena engagement cenderung lebih tinggi. Hari Selasa, Rabu, dan Kamis merupakan momentum paling bagus bagi kebanyakan akun bisnis dan influencer untuk posting konten Instagram.

Hari kerja dari Senin hingga Jumat merupakan periode waktu yang ideal bagi banyak bisnis dan kreator untuk memposting konten di Instagram dan menjalankan kampanye pemasaran di platform ini.

Jam posting instagram hari Senin idealnya dilakukan pada pukul 10-11 pagi. Setelah beristirahat di akhir pekan, Senin adalah permulaan rutinitas mingguan. Pada rentang waktu tersebut, pengguna Instagram cenderung membuka aplikasi ketika dalam perjalanan menuju aktivitas sehingga konten baru lebih mudah menarik perhatian.

Jam posting instagram hari Selasa disarankan pada pukul 10 siang hingga 1 sore. Berdasarkan analisis, Selasa merupakan hari paling aktif bagi sebagian besar pengguna Instagram. Dengan rutinitas yang padat di hari kerja, mereka kerap membuka Instagram saat jam istirahat makan siang tiba. Interval waktu tersebut sangat bagus untuk meraih engagement.

Jam posting instagram hari Rabu terbaik juga hampir sama dengan Selasa, yakni pada pukul 10 pagi hingga 1 siang. Sebagai hari tengah pekan, aktivitas di Instagram cukup ramai karena pengguna meluangkan waktu di sela-sela kesibukan bekerja atau belajar. Konten baru yang diposting mudah menjadi perhatian.

Jam posting instagram hari Kamis disarankan antara pukul 10-11 pagi. Menjelang akhir pekan yang santai, Kamis adalah hari aktif di Instagram sebelum memasuki fase liburan. Oleh karena itu, rentang waktu tersebut efektif untuk meraih perhatian pengguna sekaligus engagement.

Jam posting instagram hari Jumat terbaik adalah pukul 10 pagi hingga 11 siang. Berdasarkan penelitian, Jumat merupakan akhir pekan actives days bagi para pengguna Instagram karena mereka sedang bersiap untuk memulai aktivitas akhir pekan. Oleh karena itu, rentang waktu tersebut paling efektif untuk mendapatkan engagement dari followers yang membuka Instagram di hari Jumat.

Dengan memanfaatkan kebiasaan tersebut, maka akun bisnis atau kreator dapat lebih efektif meraih perhatian followers. Anda dapat memposting konten baik feed, story, ataupun reels di hari kerja agar bisa lebih engaged saat followers membuka Instagram.

Hari Libur (Sabtu-Minggu)

Pada akhir pekan, selera dan tingkah laku pengguna Instagram cenderung berubah. Waktu luang yang dimiliki pun lebih banyak sehingga aktivitas berselancar di Instagram pun meningkat tajam. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk engage lebih baik dengan audiens melalui konten-konten yang relevan.

Berbeda dengan hari kerja yang sibuk, perilaku pengguna Instagram cenderung berubah saat memasuki akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu.

Jam posting instagram hari Sabtu sebaiknya dilakukan pada malam hari sekitar pukul 8-11 malam. Sabtu adalah momen bagus memulai aktivitas weekend dengan konten Instagram yang menarik minat pengguna. Karena ini adalah malam minggu, followers biasanya asik menggunakan Instagram untuk tujuan hiburan.

Jam posting instagram hari Minggu yang disarankan adalah pukul 7-10 malam. Sebagai hari terakhir weekend, Minggu adalah saat di mana pengguna Instagram santai sambil mengakhiri masa liburan. Dengan berada di rumah dan memiliki banyak waktu luang, periode malam hari tersebut merupakan momentum paling tepat untuk menarik perhatian followers yang sedang asik menggunakan Instagram.

Karena memiliki waktu luang lebih banyak dibanding hari kerja, aktivitas dan intensitas penggunaan Instagram oleh followers biasanya meningkat tajam di akhir pekan.

Mereka punya banyak waktu untuk sekadar berselancar, melihat feed secara detail, menonton Instagram TV (IGTV) ataupun Instagram Reels dalam durasi panjang, hingga tertarik berinteraksi dengan lebih banyak akun di kolom komentar maupun direct message.

Momen akhir pekan satu ini sangat ideal dimanfaatkan oleh bisnis dan kreator konten untuk membuat user-generated content yang relevan seperti challenge dan kontes, tips dan trik (how to), konten edukatif, hingga informasi produk yang dikemas menarik.

Tujuannya tentu agar followers yang sedang longgar saat weekend bisa ter-engage dan kemudian melakukan interaksi dengan konten bisnis atau brand yang sedang dipromosikan. Misalnya berpartisipasi dalam kontes, meninggalkan komentar, bertanya lewat DM, dan seterusnya.

Dengan demikian, momen weekend dapat dimaksimalkan sebaik mungkin oleh akun Instagram manapun untuk meningkatkan engagement melalui konten-konten yang relevan dan diminati followers selama masa santai tersebut.

Kapan Engagement Rate Tertinggi di Instagram

Mengetahui pola perilaku pengguna Instagram memungkinkan sebuah akun untuk merencanakan konten dan jadwal posting dengan lebih baik.

Berikut adalah pola pengguna Instagram secara umum:

Jam-Jam Ramai

Interaksi Instagram Berdasarkan analisis dari berbagai akun besar, terdapat puncak jam tersibuk di Instagram, yaitu:

  • Pagi hari pukul 08.00-10.00
  • Siang hari pukul 12.00-14.00
  • Malam hari pukul 21.00-23.00

Prime Time Instagram di Indonesia

Khusus untuk Indonesia, ‘prime time’ alias jam tayang periklanan terbaik biasanya terjadi pada:

  • Pukul 08.00-11.00 pagi
  • Pukul 13.00-17.00 sore hari

Pada jam tersebut, anda disarankan membuat konten, mengadakan live Instagram, atau menayangkan promosi produk/jasa untuk profitabilitas maksimal.

Tips Sukses di Instagram Agar Engagement Tinggi

Setelah mengetahui kapan waktu terbaik untuk posting, berikut ini beberapa tips agar konten Instagram anda dapat menarik perhatian publik dan mendorong engagement:

1. Konten yang Menarik

Pastikan untuk selalu membuat dan posting konten Instagram terbaik yang anda miliki. Beberapa tips konten menarik di Instagram adalah:

  • Gunakan foto dan video berkualitas tinggi
  • Pilih caption yang relevan dan mengundang interaksi
  • Buat konten yang shareable dan dapat viral

2. Konsisten dengan Jadwal

Selain kualitasnya, kuantitas konten dan konsistensi jadwal juga amat penting. Usahakan untuk memposting 1-2 konten tiap harinya pada jam yang telah terbukti efektif tersebut di atas.

3. Analisis Data dan Laporan Instagram

Manfaatkan data dan laporan performance akun Instagram anda.Lihat kapan follower paling aktif, postingan mana yang paling banyak ditanggapi, fitur apa yang paling efektif, dan pola perilaku pengguna secara umum.

4. Optimalkan Fitur-Fitur Instagram

Jangan hanya fokus pada feed saja. Pemanfaatan fitur lengkap Instagram seperti story, live streaming, reels, highlight, dan IGTV juga penting agar konten anda selalu menarik dan update.

Manfaat Posting di Instagram secara Rutin

Posting dan aktif di Instagram memiliki banyak manfaat positif bagi pertumbuhan brand, bisnis, maupun pencitraan publik. Beberapa di antaranya adalah:

  • Meningkatkan Kredibilitas. Dengan feed Instagram yang aktif dan menarik, citra merek/individu akan semakin positif dan terpercaya di mata khalayak.
  • Membangun Brand Awareness. Melalui berbagai jenis konten Instagram seperti foto, video, maupun tulisan anda dapat memperkenalkan produk dan layanan bisnis ke khalayak luas.
  • Menarik Pelanggan Baru. Audiens aktif di media sosial seperti Instagram merupakan prospek dan calon pelanggan potensial yang dapat meningkatkan penjualan.
  • Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan. Instagram menjamin interaksi dan engagement yang lebih dalam dengan followers. Hal ini sekaligus memperkokoh loyalitas pelanggan lama.

Cara Melihat Data Waktu dan Performa Postingan Terbaik di Instagram

Mengoptimalkan Instagram untuk keperluan bisnis, personal branding, maupun konten kreatif menjadi sebuah keharusan agar profil kita selalu relevan di tengah ketatnya persaingan. Salah satu optimization penting adalah dengan cara melihat data performa waktu posting yang telah lalu sebagai evaluasi konten yang dibuat.

Informasi seperti jam postingan konten, jam orang melihat story kita, atau jam prime time Instagram sangat berguna untuk menentukan strategi konten dan jadwal unggah baru ke depannya. Tujuannya tentu agar performa akun kita semakin optimal dan dapat meningkatkan engagement pengguna Instagram terhadap brand maupun produk yang ditawarkan melalui konten tersebut.

Cara paling mudah untuk melacak data waktu dan performa postingan Instagram adalah dengan memanfaatkan fitur Insights yang sudah disediakan secara gratis oleh platform ini. Analytics seputar jumlah viewers, waktu tayang konten, hingga jumlah likes dan komentar tersedia lengkap di sana sebagai acuan kita dalam strategi konten selanjutnya agar lebih efektif dan relevan dengan pola perilaku follower.

Beberapa data krusial yang perlu diperhatikan antara lain jam postingan yang paling banyak mendapatkan engagement, durasi story kita yang paling banyak ditonton, hingga waktu prime time Instagram secara umum. Informasi-informasi ini lah yang akan sangat membantu kita dalam optimasi konten Instagram agar performa akun bisa terus meningkat.

Fitur NoLimit terkait Optimasi Waktu yang Tepat Posting di Instagram

Ketahui Waktu Posting Instagram Terbaik dengan NoLimit

NoLimit Dashboard menyediakan data analitik waktu, jenis konten, dan engagement postingan Instagram Anda. Sehingga dapat menentukan formula waktu posting terbaik agar engagement optimal.

Automasi Jadwal dan Posting Berkala di Instagram

Manfaatkan fitur scheduling posting otomatis NoLimit untuk mengatur jadwal upload konten Instagram di masa depan sesuai waktu prime time yang telah ditentukan.

Tingkatkan Engagement Instagram Sepanjang Hari

Dengan NoLimit Care, semua pesan dan komentar Instagram dapat dikelola 24/7 secara otomatis. Sehingga engagement akun Instagram Anda meningkat sepanjang hari.

Viral Bersama Konten Instagram Populer

Fitur re-post otomatis NoLimit memungkinan untuk membagikan kembali konten Instagram lain yang tengah viral untuk meningkatkan keterlihatan akun.

Kesimpulan

Jadwal konten dan pemilihan waktu posting yang tepat adalah kunci utama untuk sukses di Instagram baik organisasi, perusahaan, publik figur, bahkan individu biasa sekalipun. Dengan memahami tren perilaku pengguna dan pola interaksi di Instagram, anda dapat meningkatkan engagement dan outreach konten secara efektif.

Pantau terus data statistic dan laporan Instagram agar jadwal posting selalu relevan dengan tren yang ada. Pastikan juga konten yang diunggah selalu orisinil, informatif dan menghibur untuk performa terbaik di kolom komentar atau pun story.

Pertanyaan dan Jawaban tentang Instagram

Kapan waktu yang tepat untuk posting di Instagram?

Berdasarkan riset perilaku pengguna, waktu terbaik posting Instagram adalah pagi hari sekitar pukul 06.00-09.00, siang sekitar pukul 11.00-12.00, dan malam sekitar pukul 20.00-21.00.

Jumlah postingan Instagram yang ideal berapa kali?

Agar konten tetap menarik dan fresh, idealnya posting 1-2 kali sehari. Maksimal 3 konten per hari agar followers tidak merasa spam dan jenuh.

Apa perbedaan upload dan posting di Instagram?

Upload adalah mengunggah foto atau video ke dalam akun Instagram. Sedangkan posting berarti konten tersebut resmi tampil di feed Instagram atau story pengikut.

Kenapa tidak bisa posting di Instagram?

Beberapa hal yang bisa menyebabkan tidak bisa posting Instagram antara lain koneksi internet bermasalah, akun dibatasi sementara oleh Instagram, atau aplikasinya perlu di-update/direstart.

Jam berapa waktu posting Instagram hari Jumat?

Hari Jumat, waktu terbaik posting Instagram adalah pagi hari pukul 10.00-11.00 siang agar mendapat engagement optimal.

Berapa ukuran images untuk posting di instagram?

Berikut adalah ukuran gambar yang direkomendasikan untuk posting di Instagram:
– Ukuran Feed Instagram: 1080 x 1080 pixel (persegi)
– Rasio dan ukuran Feed Instagram: 1:1 s/d 4:5 (1080 x 1350 pixel)
– Ukuran Story Instagram: 720 x 1280 pixel (vertikal)
– Ukuran Poster Instagram: 2048 x 2048 pixel (persegi)
– Ukuran Instagram Highlight Icon: 110 x 110 pixel

Secara umum, gambar Feed Instagram disarankan berbentuk persegi atau rasio pakai 4:5 dengan lebar maksimal 1080 pixel. UntukStory harus vertikal 720 x 1280 pixel.

Pastikan gambar yang diunggah beresolusi tinggi agar tetap terlihat bagus dan tidak pecah di berbagai device. Kompresi optimal berkisar antara 70-80% juga direkomendasikan agar feed tetap terlihat tajam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading