Apa Itu Sosial Media Monitoring?, Manfaat dan Pembagiannya

599
0

Definisi monitoring secara singkat adalah memantau berbagai media baik online maupun offline dan menganalisisnya. Hasil dari analisis tersebut dapat digunakan untuk mengantisipasi adanya komentar-komentar negatif dari publik terhadap produk Anda. Sebab, pemantauan media ini berfungsi untuk menganalisa pasar lebih mendalam. 

Jika dijelaskan secara sederhana maka prosesnya adalah dengan mencari kata kunci yang berhubungan dengan brand Anda. Setelah itu, memantau konten-konten dengan keyword yang telah dicari untuk mengetahui opini masyarakat terkait keyword tersebut. Terakhir adalah dengan menganalisis secara keseluruhan dari hasil pemantauan media sosial.

Bentuk-Bentuk Media Monitoring

Adanya perkembangan teknologi membuat manusia kini tengah berada di era digital. Berbagai hal dilakukan secara online sehingga segala sesuatunya bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Begitu pula dengan media monitoring yang sangat dibutuhkan perusahaan di era digital seperti saat ini.

Media Monitoring Indonesia ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu sebagai berikut.

  1. Media Clipping

Media clipping atau klip yaitu mendokumentasikan berbagai data khususnya opini publik dalam berbagai platform. Media clipping ini biasanya untuk media cetak seperti berita. Namun, tidak hanya dalam bentuk teks tapi juga bisa dalam bentuk video. 

Social media monitoring Indonesia dalam bentuk media clipping kini mulai ditinggalkan. Sebab, terdapat jenis lainnya yang lebih praktis dan dapat digunakan dengan lebih mudah.

  1. Media Tracking

Untuk bisa mengetahui bagaimana pendapat publik terhadap suatu kejadian atau isu yang sedang terjadi adalah dengan melakukan media tracking. Pada kegiatan ini Anda dapat mencari tahu bagaimana perasaan dan opini masyarakat tentang isu-isu terkini. Biasanya, isu yang beredar di internet sangat cepat.

Setiap harinya pun terdapat berbagai kejadian yang berbeda dengan opini berbeda pula. Untuk mengetahui hal-hal tersebut dilakukan media tracking agar bisa mendapatkan data lebih akurat.

  1. Media Content Analysis

Bentuk media monitoring Indonesia lainnya adalah media content analysis. Ini merupakan analisis lebih lanjut yang dilakukan terhadap teks. Hasil dari analisis yang didapatkan dituangkan dalam bentuk angka. 

Sehingga terdapat beberapa hasil analisis yang bisa dihitung. Dengan melakukan analisa terhadap konten bisa membuat Anda mengantisipasi pendapat buruk. Sebab, dapat membuat konten yang sesuai dengan selera publik. 

Bagaimana Media Monitoring Dilakukan?

Untuk melakukan pemantauan sosial media memang tidak mudah tapi juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memahami dasar-dasarnya saja untuk bisa melakukan monitoring media ini. 

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mencari keyword berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Contohnya berjualan baju import maka bisa mencari kata kunci yang relevan. 

Bukan hanya itu, harus diketahui bagaimana tren dari kata kunci tersebut dan berapa banyak orang yang membicarakannya. Dengan menggunakan social media analytic tools tentu akan lebih mudah dalam mengerjakan hal tersebut. 

Selain itu, harus diperhatikan pula bagaimana metode penulisan artikel yang tepat. Cara penulisan ini akan sangat penting agar audiens dapat memahami tulisan Anda dengan baik. Waktu pengiriman artikel pun sangat berpengaruh agar dapat menjaring lebih banyak pembaca.

Social media monitoring ini akan sangat berguna bagi Anda yang bergelut di dunia bisnis. Memanfaatkan teknologi yang ada dapat membuat bisnis maju dan berkembang dengan pesat. Bukan hanya mengetahui definisi monitoring, Anda pun bisa mempraktekannya langsung berdasarkan pembagian bentuknya di atas. Jika belum cukup mahir untuk melakukannya maka bisa menggunakan jasa NoLimit. NoLimit dapat membantu Anda untuk melakukan media monitoring secara real time dan profesional untuk hasil yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading