Contoh Laporan Media Monitoring dan Cara Pembuatan yang Baik

1220
0

Sekarang ini internet merupakan tempat yang paling tepat untuk mempromosikan bisnis. Semua media digunakan, dan saat penggunaannya dibutuhkan pengawasan. Pengawasan ini nantinya memiliki hasil berupa laporan media monitoring, yang sekarang sudah banyak contoh laporan media monitoring yang ada di internet.

Apa Itu Media Monitoring

Mungkin masih banyak yang asing dengan media monitoring, jadi apa pengertian media monitoring. Proses melihat, mengamati, dan mendengarkan konten baik itu online maupun offline dengan tujuan diidentifikasi dan dianalisa. Biasanya konten itu mengandung kata kunci tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Cara Membuat Contoh Laporan Media Monitoring yang Baik

Untuk bisa membuat sebuah laporan media monitoring yang baik, perlu adanya pemahaman terkait beberapa hal. Menulis laporan ini tidak boleh sembarangan karena hasilnya akan mempengaruhi kinerja penjualan perusahaan nantinya. Jadi pahami bagaimana cara membuat laporan media monitoring yang baik seperti di bawah ini.

1. Memahami Pembagian Penulisan Laporan

Pertama adalah memahami dengan benar bahwa laporan penulisan media monitoring memiliki bagian-bagian yang berbeda. Beberapa bagian laporan tersebut diantaranya media clipping yakni dokumentasi yang berbentuk teks seperti artikel, naskah atau berita. Lalu media tracking yakni opini publik, dan media kontent analisis yakni analisis isi.

2. Mengetahui Cara Kerja Media Monitoring

Media monitoring tidak hanya sekedar mengawasi, tapi juga melacak jejak dari beragam konten. Kontennya juga tidak hanya online, tapi juga offline jadi penyusun harus memahami dulu cara kerjanya. Dengan begitu penyusun akan lebih mudah ketika ingin menyusun laporannya, dan pastinya meminimalisir kesalahan.

3. Mengerti Skema Penulisan Laporan yang Baik

Dalam menyusun sebuah laporan pastilah ada skema ataupun kaidah yang harus ditaati oleh semua penyusun, begitupun dalam laporan untuk media monitoring ini. Jadi penyusun tidak boleh sembarangan dalam melakukan penyusunan. Sehingga nanti hasilnya bisa lebih rapi dan juga terstruktur.

4. Melakukan Pengamatan Secara Utuh

Lakukan pengamatan pada semua konten, dan jangan melakukannya setengah-setengah. Tentu ini bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu diperlukan bantuan dari pihak ketiga. NoLimit Indonesia merupakan pilihan tepat yang bisa membantu dalam hal ini sehingga hasil pengamatannya bisa lebih optimal.

5. Mengevaluasi Hasil Akhir Laporan

Terakhir adalah penyusun wajib untuk mengevaluasi akhir laporan, ini merupakan langkah yang paling penting. Tapi, karena sebelumnya sudah menggunakan jasa NoLimit, maka pengguna tidak perlu repot untuk melakukan evaluasi mandiri. Semuanya sudah dilakukan dan dikerjakan sehingga hasil laporannya maksimal.

Contoh-Contoh Laporan Media Monitoring

Ada banyak sekali contoh-contoh laporan media monitoring yang bisa digunakan sebagai referensi ketika ingin membuat laporan sendiri. Semua contoh laporan media monitoring ini tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri. Perlu dipahami bahwa laporan media monitoring ini lebih didominasi penggunaan grafik dibanding teks.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan grafik dinilai akan membuat orang lebih mudah memahami, jika dibandingkan dengan penggunaan teks.

Setelah memperhatikan semua penjelasan di atas bisa dibilang bahwa perkembangan Media Monitoring Indonesia sedang tinggi sehingga kehadirannya sangat dibutuhkan. Hal ini untuk menunjang kinerja di masa seperti sekarang ini. Sehingga perusahaan tidak mudah tergerus dan kalah saing dengan perusahaan lain.Apabila anda merasa membutuhkan jasa profesional untuk mengurusi hal ini, maka bisa menghubungi NoLimit yang memang terfokus pada media monitoring. Media monitoring ini adalah hal yang paling dikuasai oleh NoLimit. Anda juga bisa melihat terlebih dahulu beberapa contoh laporan media monitoring yang ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading