Cara Mudah Membaca Twitter Analytics bagi Social Media Specialist Pemula

Cara membaca Twitter analytics dikelompokkan pada jumlah tweets yang dibuat, tweet impressions, profile visits, dan perkembangan followers.

2000
0

Cara membaca Twitter Analytics secara garis besar dikelompokkan pada berapa jumlah tweets yang dibuat, tweet impressions, profile visits, serta perkembangan bertambah atau berkurangnya followers. Anda bisa mengetahui ringkasan dari seluruh tweets dalam kurang waktu tertentu atau laporan hanya dari sebuah tweet yang dibuat.

Twitter adalah salah satu media sosial yang kini masih banyak digunakan. Bahkan, media sosial yang disebut sebagai salah satu microblogging ini kerap menghebohkan linimasa dengan berbagi topik hingga peristiwa. Tidak heran jika masih banyak brand yang menggunakan Twitter sebagai salah satu kanal share of voice, mengenalkan brandnya lewat konten di Twitter.

Seberapa besar pengaruh konten di Twitter berdampak terhadap linimasa, bisa Anda baca lewat Twitter Analytics. Dashboard Twitter Analytics inilah yang akan memberikan informasi sejauh mana cuitan Anda punya pengaruh atau engagement yang kuat dengan para follower atau non follower Anda di Twitter.

Panduan membaca Twitter Analytics

Anda bisa membuka dashboard dengan alamat https://analytics.twitter.com/. Pastikan Anda sudah login pada akun Twitter Anda sendiri. Secara default tampilan layar akan memberikan ringkasan informasi dalam periode waktu 28 hari. Perioda waktu ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa parameter atau informasi yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

Dashboard Twitter Analytics

Halaman Home

Halaman utama ini adalah tampilan secara singkat performa akun Twitter Anda.

  • Tweets: Merangkum informasi berapa banyak tweets yang Anda hasilkan dalam periode tertentu.
  • Tweets Impression: Memberikan informasi seberapa banyak tweet Anda dilihat oleh pengguna twitter di beranda dalam periode waktu tertentu. Semakin besar angkanya, semakin baik.
  • Profile Visits: Memberikan informasi berapa banyak orang yang mengunjungi halaman profil Anda dalam periode waktu tertentu. Semakin besar angkanya, semakin banyak orang yang memang penasaran dengan latar belakang Anda. 
  • Followers: Memberikan informasi jumlah followers Anda selama periode waktu tertentu.

Halaman Tweets

Halaman ini menjadi halaman yang paling penting untuk mengukur seberapa besar dampak cuitan Anda di linimasa.

  • Top Tweets: Memberikan informasi cuitan terbaik yang memiliki impression, engagement dan engagement rate tertinggi selama periode tertentu. 
  • Tweets and replies: Memberikan informasi cuitan yang mendapatkan balasan dari orang lain. Interaksi tersebut bisa diukur lewat engagement dan engagement rate.
  • Promoted: Memberikan informasi analytics untuk cuitan berbayar. Anda perlu mendaftar lewat Twitter Ads untuk melakukan promosi di Twitter.
  • Engagement: Memberikan informasi seberapa banyak balasan dari cuitan yang Anda buat. Jika ada 1 tweet yang membalas tweet Anda, engagement dihitung 1.
  • Engagement Rate: Memberikan persentase antara berapa banyak engagement dari impresi yang dihasilkan. Jika ada 1 engagement dari 10 impresi artinya satu tweet tersebut memiliki engagement rate sebesar 10%. Semakin tinggi engagement rate-nya, semakin bagus nilainya. 
  • Link Clicks: Memberikan informasi berapa kali link yang Anda tautkan dalam sebuah tweet di klik.

Jika Anda memiliki 1 akun Twitter saja, Anda cukup mengakses Twitter analytics untuk mengetahui seberapa efektif tweet-tweet yang Anda buat. Tetapi, jika Anda mengelola banyak media sosial, Anda membutuhkan sebuah tools yang bisa merangkum semua analytics dari berbagai platform media sosial.

Salah satu tool yang akan membantu Anda dalam melihat analytics dari berbagai platform media sosial dalam satu dashboard saja seperti tools dari NoLimit Indonesia yang dapat membantu Anda melihat beberapa metrik penting dari multi platform.

Basis pengambilan data bisa langsung lewat akun, hashtag atau tagar, maupun keywords atau kata kunci yang hendak Anda telusuri. Anda pun tidak perlu repot login dan verifikasi, cukup dengan menautkan username akun Twitter atau media sosial lainnya di NoLimit Dashboard,  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading