Balapan Perahu Cepat F1 Powerboat Pertama di Indonesia

295

Pada 2022 silam, terdapat sejumlah event internasional yang diselenggarakan di Indonesia seperti KTT G20, World Tourism Day 2022, World Conference on Creative Economy. Di bidang olahraga, terdapat event MotoGP Mandalika dan World Superbike yang sukses dilaksanakan dan turut menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Adapun di 2023 tahun ini, Indonesia Kembali menjadi tuan rumah sederet ajang olahraga tingkat dunia diantaranya Indonesia Masters 2023, F1H20, WSBK, FIFA U-20 World Cup, Indonesia Open 2023, dan ajang lainnya.

Event olahraga yang baru-baru ini dilaksanakan di Indonesia yakni F1 Powerboat (F1H20) di Danau Toba. Dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, F1 Powerboat merupakan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1), yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H20. Oleh karena itu, ajang ini juga sering disebut F1H20. Ajang ini pun turut dimanfaatkan sebagai kampanye peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Rangkaian jadwal F1 Powerboat Danau Toba dimulai Jumat 24 Februari 2023 hingga Minggu 26 Februari 2023, namun event ini sudah banyak dibicarakan sejak awal tahun. Lantas, bagaimana pembicaraan terkait F1 Powerboat di Media Sosial saat ini? Saya mencoba melakukan pemantauan event F1 Powerboat melalui NoLimit Dashboard selama kurun waktu bulan Januari hingga Februari 2023. Berdasarkan hasil monitoring di media sosial, terdapat 10.074 pembicaraan dan 4.141 pembicara terkait F1 Powerboat.

Wordcloud F1 Powerboat
Sumber : NoLimit Dashboard, 2023
Day To Day Talk F1 Powerboat Januari – Februari
Sumber : NoLimit Indonesia, 2023

Jika dilihat dari grafik diatas trend pembicaraan F1 Poweboat dari Januari hingga Februari mengalami peningkatan. Pembicaraan tertinggi terjadi di minggu akhir Februari tepatnya di tanggal 26 Februari dikarenakan adanya pembicaraan terkait hari terakhir jadwal F1 Powerboat dan ucapan selamat kepada pemenang.

Dalam kurun waktu Januari hingga Februari, terdapat sejumlah topik yang dibicarakan oleh netizen terkait F1 Powerboat di media sosial.

Top Topics F1 Powerboat
Sumber : NoLimit Dashboard, 2023

Venue F1 Powerboat menjadi topik yang paling banyak dibicarakan oleh netizen. Ada yang membicarakan terkait kesiapan venue utama hingga area tribun penonton. Berikut ini beberapa cuitan netizen di media sosial mengenai F1 Powerboat yang beberapa waktu lalu berlangsung di Danau Toba.

Kesuksesan F1 Powerboat mendapatkan banyak respon positif dari masyarakat maupun pemerintah. Saat ini pemerintah tengah berupaya menjajaki ajang olahraga internasional seperti balap Formula 1 (F1), sebagai kegiatan olahraga kelas dunia yang bisa mempromosikan destinasi wisata melalui sport tourism. Ajang F1 Powerboat bergengsi ini pun memberikan dampak positif bagi UMKM yang ada di sekitar Danau Toba. Hal ini turut dibarengi pula dengan adanya dukungan dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas UMKM.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading