Membedah Viralnya #LathiChallenge dan Strategi Marketing 2020

296
0

Teman-teman mungkin familiar dengan istilah #LathiChallenge. Challenge ini muncul setelah rilisnya lagu berjudul Lathi dari Weird Genius yang digeluti oleh Reza Oktovian, Eka Gustiwana dan Gerald Liu. Bersamaan dengan rilisnya lagu ini, ternyata masyarakat Indonesia merespon dengan membuat video-video kreatif dengan menggunakan back sound lagu tersebut. Salah satunya muncul dengan sebutan dengan #LathiChallenge yang sempat viral beberapa minggu ini. Lathi Challenge merupakan sebuah video challenge yang dibuat dengan konsep perupabahan seseorang yang cantik, anggun dan menawan menjadi seseorang yang berwujud setan yang menyeramkan. 

Di sini, saya mencoba untuk memonitor perkembangan virality dari challenge ini. Dengan menggunakan NoLimit Dashboard, saya menemukan ada 26.746 postingan di Instagram yang menggunakan tagar #LathiChallenge. Periode monitoring ini dilakukan semenjak 19 Mei sampai 28 Mei 2020 lalu.

Berdasarkan hasil pemantauan, total engagement yang didapatkan oleh tagar ini mencapa 10.639.723 engagement, yang merupakan gabungan dari jumlah like dan comment. 

Satu hal yang menarik di balik viralnya lagu Lathi dan juga #LathiChallenge – nya, terdapat salah satu influencer / selebgram yang mengikuti tantangan ini dan mendapatkan dampak positif yang luar biasa dari media sosial. Salah satunya adalah Jharna Bhagwani.

Meningkatkan Followers 2x Lipat ala Jharna Bhagwani

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, dari hasil pemantauan ini, saya menemukan salah satu postingan dengan Engagement tertinggi yaitu dengan jumlah 2.036.446 (Jumlah pada tanggal 29 Mei lalu).

https://www.instagram.com/p/CAUv-H4p5ac/

Video yang diposting pada tanggal 18 Mei ini ternyata selain menyumbangkan banyak engagement terhadap akun dari Jharna, ternyata berpengaruh juga ke pada perkembangan followers yang dimilikinya. Bahkan hasil dari pemantauan melalui NoLimit Dashboard, jumlah followers Jharna meningkat hampir 2 kali lipat, dari 648.343 followers pada 18 Mei menjadi 1.605.641 pada 29 Mei. 

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, akhir-akhir ini memang banyak sekali jenis challange di media sosial yang bisa kita ikuti. Dan hasil pemantauan ini membuktikan bahwa mengikuti challenge dengan produksi konten yang baik, bisa berpengaruh sangat besar untuk teman-teman yang ingin mengembangkan jumlah followers di media sosial kalian.

Akun Anonim Seperti Dagelan Musik Berperan Penting dalam Memviralkan #LathiChallenge

Apabila dilihat dari trendnya, postingan terkait #LathiChallenge mulai meningkat semenjak tanggal 18 hingga seterusnya. Akan tetapi, walaupun postingan Jharna yang memiliki engagement tertinggi, peran viralnya challenge ini dipengaruhi oleh beberapa akun anonim yang kerap memporsting atau me-repost konten-konten yang sedang viral. Salah satunya adalah akun Dagelan Musik. Walaupun jumlah followers yang dimiliki hanya berkisar ratusan ribu, tapi akun anonim seperti ini berhasil menyumbangkan banyak reach di media sosial Instagram.

https://www.instagram.com/p/CAcm4VInNze/

Entah disengaja atau tidak, tetapi ketika sebuah konten kreatif kita sudah berhasil direpost oleh akun-akun anonim seperti Dagelan Musik, hal ini bisa berdampak positif kepada performa media sosial kalian. Ini mungkin salah satu tips bagi teman-teman yang ingin menjadi Influencer atau Selebgram suatu hari nanti.

Selain akun Dagelan Musik dan Jharna, masih banyak beberapa akun Instagram lain yang cukup tinggi engagementnya dan berperan dalam menyebarluaskan #LathiChallenge ini. Salah satunya adalah postingan dari akun @mariadelouvre.

https://www.instagram.com/p/CAnGQh8glB9/

Dan tentu saja, akun parodi akan selalu memiliki jumlah engagement yang tinggi. Salah satu contohnya adalah postingan dari akun @ivanwisnumusa.

https://www.instagram.com/p/CActTXCDwJ_/

Strategi Marketing Baru: Menggunakan Challenge di Media Sosial

Bagi teman-teman yang jarang atif di media sosial, mungkin merasa baru melihat challenge seperti ini, yang berhubungan dengan peluncuran lagu atau album dari seorang penyanyi atau pun grup band. Padahal hal ini pernah dilakukan sebelumnya, dan tidak kala viral di media sosial.

https://www.instagram.com/p/B7LwH1qFu7L/

#AnySongChallenge pun sempat viral sebelumnya di mana challenge ini muncul serentak dengan rilisnya single dari Zico, penyanyi yang berasa dari Korea.

Melihat trennya yang mirip antara #AnySongChallenge dan #LathiChallenge, mungkin hal seperti ini bisa dijadikan sebuah strategi baru dalam marketing untuk menyebarluaskan jangkauan iklan mereka. Mungkin strategi ini baru saja terbukti untuk industri musik. Tetapi tidak menutup kemungkinan industri lainnya pun bisa mencoba untuk membuat Challenge seperti ini yang bisa membantu marketing dari produk yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading