3 Strategi Efektif Menggunakan Twitter untuk Membantu Bisnis Anda Sukses

277
0

Oleh Alika Mahroza, Digital Marketing Enthusiast yang telah mempelajari kecanggihan algoritma media sosial dan strategi pemasaran digital. Meskipun saya baru memulai perjalanan di dunia digital marketing, saya telah memperdalam pengetahuan saya melalui penelitian yang menyeluruh dan penerapan prinsip-prinsip tersebut dalam beberapa proyek.

Mengapa Twitter Penting untuk Bisnis Anda?

Di era digital ini, memanfaatkan media sosial adalah sebuah keharusan untuk setiap bisnis. Salah satu platform yang sering terabaikan tetapi memiliki potensi besar adalah Twitter. Menurut data terbaru dari Pew Research, 22% orang dewasa di Amerika menggunakan Twitter, membuatnya menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia.

Jadi “Telinga” Bisnis Anda: Mendengarkan Pelanggan lewat Twitter

Twitter adalah salah satu platform terbaik untuk mendengar apa yang dikatakan orang tentang merek atau industri Anda. Anda bisa menggunakan fitur pencarian Twitter untuk memonitor kata kunci atau hashtag terkait bisnis Anda. Jika Anda serius ingin meningkatkan bisnis Anda melalui Twitter, pertimbangkan menggunakan alat seperti Nolimit Dashboard yang menawarkan fitur analisis kata kunci, sentimen analisis, dan masih banyak lagi.

Membangun Engagement Melalui Brand Persona

Berbeda dari platform lain, Twitter memungkinkan interaksi dua arah yang nyata antara merek dan pelanggan. Kuncinya adalah konsistensi dan autentisitas. Sesuaikan nada dan gaya bahasa Anda dengan persona merek Anda. Ingat, Anda bukan hanya berbicara kepada pelanggan Anda—Anda berbicara dengan mereka. Buat konten yang menarik dan relevan untuk audiens Anda.

Contoh:

Hai #NamaKomunitas, kami ingin tahu pendapat kamu tentang fitur terbaru kami. Coba dan beri kami masukan! #NamaBrand #FiturBaru

Hey #NamaKomunitas, cerita yuk pengalaman kalian menggunakan produk kami! Jangan lupa pakai hashtag #NamaBrandKu!

Contoh lain dan nyata yang sudah dilakukan oleh GRAB Indonesia

Contoh Tweet Interaksi dari Tokopedia

Contoh Tweets Bersifat Breaking News dari Indihome

3. Tingkatkan Trafik Ke Platform Lain

Twitter adalah alat yang efektif untuk membawa audiens ke platform lain. Postingan yang mencakup tautan ke blog Anda atau situs web dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke sumber daya tersebut, terutama jika Anda menggunakan judul yang menarik dan visual yang memikat. Menurut studi oleh Social Media Today, tweet dengan gambar mendapat 150% lebih banyak retweet daripada tweet tanpa gambar.

Gunakan headline terbaik dan pastikan link yang Anda berikan memberikan manfaat bagi audience Anda. Menambahkan visual yang menarik juga adalah langkah tepat dalam mengoptimalkan Twitter Anda. Gambar adalah konten terbesar kedua yang menggerakan audience untuk membeli produk, menurut penelitian dari Geometry Global tahun 2017.

Kesimpulan

Dengan lebih dari 330 juta pengguna aktif per bulan, Twitter adalah ladang subur untuk pertumbuhan bisnis Anda. Mulai dari mendengarkan pelanggan, membangun engagement, hingga memanfaatkan sebagai “jembatan”—Twitter memang platform serba bisa!

Langkah Selanjutnya: Tingkatkan Dengan Dashboard Nolimit+

Ingin semua ini menjadi lebih mudah dan efektif? Gunakan Nolimit Dashboard, tools media monitoring yang akan membantu Anda mengoptimalkan strategi media sosial Anda. Klik di sini untuk mencoba Nolimit Dashboard sekarang!

You will either step forward into growth or you will step back into safety” – Abraham Maslow.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading