Tipe-tipe Marketing Partnership untuk Meningkatkan Penjualan Produk

511

Apa itu marketing partnership?

Marketing partnership merupakan kolaborasi yang dilakukan antara dua perusahaan atau dua pelaku bisnis untuk mencapai tujuan tertentu.

Dengan melakukan partnership diharapkan kampanye yang dilakukan dapat menghasilkan sales yang tinggi dan diharapkan dapat lebih efektif.

Partnership marketing merupakan kolaborasi yang saling menguntungkan antara dua pelaku bisnis. Hal ini karena dapat meningkatkan strategi pemasaran kepada kedua perusahaan untuk membantu mereka memenuhi tujuan yang telah ditetapkan.

Terdapat beberapa cara partnership bisnis untuk membuat pertumbuhan bisnis Anda hemat biaya.

Tipe-tipe Marketing Partnership

  1. Loyalty

Tipe partnership marketing ini yaitu memanfaatkan situs web dan aplikasi. Jenis partnership loyalty yaitu menawarkan konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan yang diinginkan. Seperti, mendaftarkan email, membeli suatu produk yang ditawarkan untuk mencobanya secara gratis.

  1. Influencer

Influencer marketing merupakan orang-orang yang memiliki banyak followers dan memiliki banyak pengaruh. Dari hal tersebut produk yang kita miliki dapat dipromosikan dan direkomendasikan.

  1. Afiliasi

Afiliasi marketing merupakan kerjasama yang dilakukan antara perusahaan dengan media. Dalam kerjasama ini, media yang menjadi partner akan membuat artikel yang didalamnya memberikan informasi terkait produk yang kita miliki.

Tujuan dari kerjasama ini adalah meningkatkan penjualan produk dan juga awareness di masyarakat.

  1. Sponsorship

Sponsorship merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan bisnis. Tujuan kerjasama yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak. 

  1. Distribusi

Cara yang dilakukan dalam distribusi marketing partnership yaitu dengan memasarkan dan menjual produk yang dimiliki masing-masing perusahaan kepada audiens yang sudah ditargetkan. Contohnya sebuah platform digital bekerjasama untuk menjual produk NoLimit Dashboard. Kerjasama ini dapat menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Content

Content marketing partnership merupakan kolaborasi dalam membuat konten dengan perusahaan lain dan memasarkan konten ke masing-masing audiens yang dimiliki. Content marketing partnership dilakukan dengan membuat konten bersama-sama dan diunggal di platform masing-masing perusahaan.

  1. Produk Partnership

Produk partnership dapat dilakukan ketika dua perusahaan atau pelaku bisnis setuju untuk bekerjasama dalam menciptakan satu produk.

Terdapat beberapa kolaborasi untuk produk partnership 

  • White Label : menjual layanan yang dimiliki atau menyewakan produk mereka ke merek mitra mereka. Merek mitra menggunakannya untuk tujuan mereka sendiri di bawah nama merek mereka.
  • Produk Merger : dua perusahaan yang menjual produk yang sama digabungkan. Mereka mengelompokkan produk mereka untuk mendapatkan akses ke pasar yang lebih besar.
  • Powered by : Penyedia perangkat lunak biasanya menggunakan pilihan kolaborasi ini ketika mereka memberikan solusi mereka untuk merek mitra.

Itulah beberapa tipe-tipe marketing partnership yang dapat anda gunakan dalam bisnis yang anda miliki. Terapkan tipe-tipe marketing partnership sesuai dengan target yang ingin anda capai.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading