Teknik Analisis Data: Definisi, Jenis, hingga Cara Menentukan

282
0

Teknik analisis data merupakan salah satu proses dimana sebuah data diolah untuk dijadikan sebuah data yang matang. Jenis-jenis data pada umumnya sangat beragam, namun terkadang selalu ada kendala dari bagaimana cara mengolahnya. 

Berikut kita akan bahas mengenai apa itu analisa data dan juga bagaimana cara menentukan data yang tepat agar mudah untuk diolah menjadi satu keputusan. 

Definisi Teknik Analisis Data

Pada bagian awal tadi sudah disampaikan sedikit tentang analisa data, lalu apa pengertian dari teknik analisis data? 

Simak beberapa pengertian analisis data menurut beberapa ahli.

Lexy J. Moleong menyampaikan teknik analisis data merupakan suatu kegiatan pemeriksaan terhadap instrument penelitian seperti dokumen, catatan, dan rekaman di dalam suatu penelitian.

Menurut Bogdan bahwa teknik analisis data merupakan sebuah proses yang bersifat sistematis dalam mencari dan menyusun data yang telah didapatkan melalui dokumentasi, wawancara, dan sebagainya.

lalu menurut Sugiono analisis data dalam proses penelitian adalah sebuah penelitian yang sulit untuk dilakukan dan dibutuhkan kerja keras. cara berpikir kreatif, serta wawasan luas.

Jadi teknik analisis data perlu ditunjang dengan beberapa data mentah dan disusun dengan cermat, karena untuk menentukan keputusan yang tepat berdasarkan data perlu kreativitas, wawasan yang luas hingga kerja keras. 

Lalu, apa saja jenis-jenis dari teknik analisis data?

Jenis – jenis teknik analisis data

Secara umum data terbagi menjadi 2 bagian, hal ini tentu dibedakan berdasarkan pada jenis data yang diambil. Maka dengan perbedaan itulah cara yang dilakukan untuk mengolahnya pun mengalami perbedaan yang cukup signifikan. 

Analisis Data Kuantitatif

Teknik analisis data kuantitatif cenderung menggunakan kata, kalimat atau deskripsi sebagai hasil dari penelitian. Teknik ini tidak fokus pada jumlah atau kuantitas melainkan pada penjelasan sebab-akibat, serta diperkuat dengan topik-topik yang relevan dengan data tersebut. 

Teknik analisa kualitatif akan lebih fokus pada mencari tahu fenomena tertentu seperti fenomena sosial, manusia dan lain-lain yang memang tidak dapat diukur dengan angka. Jenis metode ini diantaranya seperti:

  • Analisis konten
  • Analisis naratif
  • Analisis wacana
  • Analisis kerangka kerja
  • Analisis teori beralas

Artikel Tentang Data: Apa itu big data?

Analisis Data Kualitatif

Teknik analisis data yang satu ini merupakan teknik yang digunakan pada data yang dapat diukur atau bentuknya numerik/angka. Data tersebut dapat diolah oleh berbagai teknik statistika dan komutasi. Data ini sangat berkaitan dengan data statistik yang mana merupakan pekerjaan dari seorang data analyst. 

Bentuk data ini memiliki sifat yang objektif, logis, dan tidak bias maka terdapat beberapa metode yang masuk ke dalam teknik analisis data kuantitatif, diantaranya seperti:

Analisis statistik deskriptif

  • Analisis statistic inferensial
  • Analisis diskriminan

Teknik Analisis Data Taksonomi

Teknik analisa yang satu ini mungkin akan sedikit rumit, bagaiamana tidak pada teknik ini biasanya data yang digunakan adalah data kualitatif namun teknik ini tidak cocok untuk semua data yang bersifat kualitatif. Pada prosesnya teknik ini membagi variabel menjadi sub variabel terkecil hingga sehingga variabel tersebut tidak dapat dibagi lagi. Data yang dihasilkan biasanya disajikan dalam bentuk diagram garis, kotak dan simpul

Teknik Analisis Data Domain

Teknik analisis data domain biasanya bersifat dinamis, maka penerapan dari metode ini adalah dengan riset mendalam pada suatu objek dengan memberikan sebuah gambaran. 

Teknik Analisis Data Isi

Teknik analisis data isi biasanya diperoleh dari media massa seperti artikel, koran, televisi, media sosial, dan berbagai media massa lainnya. Teknik analisis ini biasanya menggunakan teknik kodung dengan kode-kode yang ditentukan dan dibubuhkan penjelasannya di dalamnya. 

Salah satu cara mengukur analisa data isi anda bisa menggunakan fitur pada nolimit dashboard, untuk mengukur data anda di media massa, anda dapat mencoba fitur dashboard demo gratis terlebih dahulu.

Teknik Analisis Data Interaktif Miles dan Hubermen

Teknik analisis data yang satu ini memiliki proses/alur kerja yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penyusunan kesimpulan. 

Teknik Analisis Data Komparatif Konstan

Teknik analisa yang satu ini terfokus pada komparasi pada penelitian yang sebelumnya dilakukan, apakah terdapat perubahan atau justru tidak ada. 

Cara Menentukan Teknik Analisis Data yang baik

Menentukan teknik analisis data yang baik dan benar pastinya akan berkesinambungan dengan data yang akan diolah, masih masing-masing data memiliki karakteristik yang berbeda beda dan fungsi yang berbeda beda. 

Teknik analisis dapat dilakukan dengan pengumpulan data awal terlebih dahulu lalu mengklasifikasikan data tersebut adalah termasuk data yang mana, apakah termasuk data kuantitatif atau kualitatif, lalu data tersebut digunakan untuk apa. 

Dengan menentukan data tersebut, maka analisa data yang digunakan pastikan akan tepat dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jadi itulah beberapa hal mengenai teknik analisis data, ternyata sebuah keputusan dapat dipengaruhi oleh sebuah data, yang mana sebuah data pastinya perlu diolah dan dipertanggung jawabkan atas kesimpulan yang dibangun.

Koswara Adiharja
WRITTEN BY

Koswara Adiharja

Halo! Saya Koswara Adiharja, seorang penulis dengan latar belakang pendidikan di bidang manajemen bisnis. Tulisan-tulisan saya difokuskan pada Digital Marketing, Bisnis, Pengembangan Diri, dan Karir. Sebagai seseorang yang memiliki kecintaan pada dunia bisnis, saya berbagi pandangan dan pengetahuan melalui blog pribadi ini. Mari bersama-sama mengeksplorasi ide, strategi, dan inspirasi yang dapat membantu kita tumbuh bersama. Teruslah membaca tulisan saya untuk mendapatkan wawasan dan motivasi yang baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading