Riuh Rusia dan Ukraina di Media Sosial

239
0

Tanggal 24 Februari silam, warganet dikejutkan dengan kabar bahwa tentara Rusia melakukan invasi ke wilayah Ukraina. Dilansir dari CNBC Indonesia, isu ini memang sudah muncul sejak November 2021 sejak citra satelit menunjukkan adanya penumpukan baru pasukan Rusia di sekitar perbatasan negara ex-Uni Soviet tersebut.

Intelijen Estonia, salah satu anggota negara NATO memperingatkan bahwa serangan ini mungkin akan dilakukan secara terbatas dengan menggunakan kelompok milisi di Donbas, Ukraina Timur. Wilayah ini diketahui memberontak pada pemerintahan Ukraina dan disokong oleh Rusia.

Pada tanggal 21 Februari silam, Putin, Presiden Rusia memberikan pengumuman menyatakan mengakui kemerdekaan milisi Donbas, Republik Rakyat Donetsk, dan Republik Rakyat Luhansk.

Perbincangan Rusia-Ukraina di Media Sosial

Tak lama sejak adanya invasi militer ke Ukraina, kata kunci seperti Ukraina, Rusia, Putin, bahkan World War III menjadi trending topic di media sosial Twitter. Oleh karena itu, kami memantau perbincangan di Twitter melalui NoLimit Dashboard menggunakan kata kunci “Rusia”, “Ukraina”, dan “Perang Dunia” untuk melihat bagaimana perbincangan warganet mengenai invasi ini. Pemantauan kata-kata kunci tersebut dilakukan dengan menarik data dari tanggal 18 Februari sampai 1 Maret 2022.

Perbincangan kata kunci “Rusia”, “Ukraina”, dan “Perang Dunia” di media sosial (sumber: NoLimit Dashboard)

Hasil pemantauan kami menunjukkan bahwa ada 871.326 perbincangan di media sosial dengan kata-kata kunci tersebut yang melibatkan 239.954 pembicara. Puncak perbincangannya sendiri terjadi pada Jumat, 25 Februari 2022, sehari setelah invasi diinisiasi.

Berikut ini beberapa cuitan terkait kata-kata kunci tersebut pada tanggal 25 Februari.

Isu Rusia-Ukraina di Media Sosial

Selain memantau jumlah percakapan, NoLimit Dashboard juga mampu merangkum apa saja isu yang ramai diperbincangkan terkait kata kunci tertentu dengan fitur Talk Word Cloud.

Talk Word Cloud kata kunci terkait di media sosial (sumber: NoLimit Dashboard)

Berikut ini beberapa cuitan terkait kata-kata kunci yang kami pantau, yang mendapatkan engagement terbanyak.

Akun @catchmeupid merangkum informasi terkait mengapa Putin melancarkan serangan ke Ukraina, dan kemungkinan bisa merembet menjadi Perang Dunia III.

Presiden Joko Widodo dalam cuitannya mengecam tindakan perang karena merugikan banyak pihak.

Di sisi lain, akun @puspenpol membahas kabar di medan perang.

Top Influencer

Berikut ini beberapa cuitan dari influencer atau akun non-media dengan follower yang tinggi dan mendapatkan engagement yang terbanyak.

Top Media

Berikut ini adalah cuitan terkait kata kunci dari akun media dengan engagement tertinggi.

NoLimit sudah merangkum sebagian isu perbincangan mengenai isu Rusia-Ukraina di media sosial. Sobat NoLimit sendiri apakah punya pendapat sendiri? Komentar di bawah ini atau kirim pendapatmu ke akun media sosial NoLimit, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading