Memahami Peran Influencer dan Pengaruhnya Dalam Keputusan Pembelian Konsumen

310

Pernah nggak ketika akan membeli suatu produk atau layanan, kita akan melihat rekomendasi produk dari influencer yang kita ikuti? Atau ketika sedang scrolling media sosial, lalu tidak sengaja konten seorang influencer yang sedang melakukan review produk fyp di beranda kita dan kita memutuskan untuk membeli produk tersebut padahal nggak butuh-butuh banget?

Nah, seperti itulah pengaruh seorang influencer. Mereka memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pengambilan keputusan pembelian seorang konsumen. 

Hal ini dikarenakan mereka membangun kepercayaan dan kedekataan yang unik dengan audiensnya, sehingga tidak jarang para pengikutnya akan membeli dan menggunakan produk yang mereka review atau promosikan. Itu semua dikarenakan kita cenderung lebih percaya produk yang di review oleh influencer daripada iklan yang tayang di televisi.

Lantas, seberapa besar pengaruh influencer dalam pengambilan keputusn pembelian? Yuk, disimak penjelasannya di artikel ini.

Baca Juga : Apa Itu Influencer? Tugas Hingga Pendapatannya

Pengaruh Influencer dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian

Dalam beberapa tahun ini perilaku belanja konsumen mengalami perubahan. Hal ini bisa dilihat dari aktivitas belanja yang sebelumnya bersifat konvensional, kini beralih ke e-commerce.

Begitu juga saat memutuskan untuk melakukan pembelian. Saat ini kita tidak membeli suatu barang hanya beradasarkan kebutuhan semata, tetapi bisa jadi ada pengaruh influencer dalam melakukan tindakan tersebut.

Kemampuan seorang Influencer di dalam bisnis tidak hanya melakukan brand awareness namun dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang.

Hal ini dikarenakan Influencer menjadi sumber yang dipercaya ketika membeli suatu produk. Banyak dari kita melakukan pembelian berdasarkan review influencer atau setelah melihat mereka menggunakan produk tersebut di media sosialnya.

Interaksi yang terjalin antara influencer dan audiensnya membentuk hubungan saling percaya yang akan berpengaruh kepada keputusan pembelian dari audiens. 

Biasanya kerja sama yang terjalin antara perusahaan dan Influencer adalah untuk mempromosikan produk atau layanan. Influencer akan melakukan review produk atau memberikan rekomendasi.

Strategi kampanye dengan menggunakan influencer marketing yang tepat akan membantu bisnis mendapatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen yang akan membawa peningkatan terhadap bisnis.

Penggunaan media sosial yang terus meningkat dan memanfaatkan peran influencer akan membantu bisnis untuk membangun brand awareness di era digitalisasi seperti saat ini. 

Influencer membantu bisnis dengan menciptakan brand awareness, membangun loyalitas terhadap merek dan mendorong peningkatan konversi. Hal tersebut mempengaruhi terbentuknya perilaku konsumen dan keputusan pembelian

Penutup

Influencer memberikan pengaruh cukup besar terhadap keputusan pembelian konsumen.  Pastikan untuk memilih influencer yang sesuai dengan niche perusahaan dan target audiens,  sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading