Apa Pengaruh Competitor Analysis di Media Sosial ? dan Bagaimana Mempelajarinya

368

Kompetitor dapat menjadi ancaman langsung atau tidak langsung bagi suatu perusahaan. Ancaman langsung datang dari perusahaan yang menawarkan produk atau layanan serupa, mengincar segmen pasar yang sama, dan berkompetisi langsung untuk mendapatkan pelanggan. Ancaman tidak langsung datang dari perusahaan yang beroperasi dalam industri yang berbeda tetapi menawarkan produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan yang sama atau serupa dengan konsumen yang sama.

Penting bagi suatu perusahaan untuk memahami kompetitornya dengan baik, termasuk kekuatan dan kelemahan mereka, strategi pemasaran dan penjualan yang digunakan, dan inovasi produk atau layanan yang mereka tawarkan. Dengan pemahaman yang baik tentang kompetitor, sebuah perusahaan dapat mengembangkan strategi bisnis yang efektif untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya, mengantisipasi pergerakan pasar, dan merespons persaingan dengan tepat.

Peran Penting Dalam Melakukan Analisis Kompetitor

Analisis kompetitor memainkan peran penting dalam strategi bisnis karena membantu perusahaan memahami pesaing mereka dengan lebih baik. Dengan melakukan analisis kompetitor, perusahaan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kompetitor, memahami strategi pemasaran dan penjualan yang mereka gunakan, serta mengamati inovasi produk atau layanan yang ditawarkan. 

Cara Mudah Untuk Melakukan Analisa Kompetior

Berikut adalah beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan analisis kompetitor:

1. Identifikasi kompetitor

Buat daftar lengkap perusahaan atau organisasi yang beroperasi dalam pasar yang sama atau sejenis dengan bisnis Anda. Jangan hanya fokus pada pesaing langsung, tetapi juga pertimbangkan pesaing tidak langsung yang menawarkan produk atau layanan serupa.

2. Mengumpulkan Informasi

Lakukan riset mendalam tentang setiap kompetitor. Carilah informasi tentang profil perusahaan, sejarah, visi, misi, struktur organisasi, produk atau layanan yang mereka tawarkan, harga, strategi pemasaran dan penjualan, target pasar, kekuatan, dan kelemahan. Sumber informasi yang berguna termasuk situs web perusahaan, laporan keuangan, siaran pers, artikel industri, dan media sosial.

Baca juga  Social Media Influencer dan Peluang Bisnis

3. Tinjau Strategi Pemasaran

Analisis strategi pemasaran kompetitor dapat memberikan wawasan berharga. Perhatikan strategi branding, saluran distribusi, upaya promosi, dan strategi harga yang digunakan oleh kompetitor. Bandingkan dengan strategi pemasaran Anda sendiri untuk mengidentifikasi peluang dan keunggulan kompetitif yang dapat Anda manfaatkan.

4. Tinjau Produk atau Layanan

Periksa produk atau layanan yang ditawarkan oleh kompetitor. Bandingkan fitur, keunggulan, kelemahan, dan keunikan mereka dengan produk atau layanan Anda sendiri. Perhatikan inovasi terbaru yang mereka tawarkan dan bagaimana hal itu mempengaruhi permintaan pasar.

5. Evaluasi kekuatan dan kelemahan

Setelah mengumpulkan semua informasi, identifikasi kekuatan dan kelemahan utama dari masing-masing kompetitor. Perhatikan area di mana Anda memiliki keunggulan kompetitif dan di mana Anda perlu meningkatkan.

Aspek-aspek yang selalu ada di Analisa Kompetitor Media Sosial

1. Sosial Media Monitoring

Sosial media monitoring merujuk pada praktik memantau dan menganalisis aktivitas yang terjadi di platform media sosial. Ini melibatkan pengawasan konten, percakapan, dan umpan balik yang berkaitan dengan merek, produk, atau topik yang relevan dengan suatu perusahaan. Dengan menggunakan alat dan teknologi khusus, perusahaan dapat melacak dan mengumpulkan data penting seperti tren, sentimen, partisipasi pengguna, dan interaksi dengan audiens di platform media sosial.

2. Sentimental Analisis

Sentimental analisis, juga dikenal sebagai analisis sentimen, adalah proses mengidentifikasi, memahami, dan mengevaluasi sentimen atau perasaan yang terkandung dalam teks, komentar, ulasan, atau pesan yang ditemukan di media sosial, artikel berita, atau sumber data lainnya. Melalui penggunaan algoritma dan teknik kecerdasan buatan, sentimental analisis mampu mengklasifikasikan teks menjadi tiga kategori umum: positif, negatif, atau netral. Dengan menganalisis sentimen, perusahaan dapat memahami bagaimana pelanggan dan publik secara keseluruhan merespons merek, produk, atau layanan tertentu.

Baca juga  Simak! Maksimalkan Potensi Bisnis Dengan 6 Jenis Kampanye Digital

3. Campaign Analisis

proses mengumpulkan dan menganalisis data untuk mengevaluasi dan memahami kinerja suatu kampanye pemasaran merupakan hal penting yang mesti di perhatikan. Hal ini melibatkan pemantauan dan pengukuran hasil kampanye, termasuk metrik seperti tingkat respons, konversi, eksposur merek, interaksi dengan pelanggan, dan pengaruh terhadap tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

Bangun bisnis anda Bersama NoLimit

Menggunakan alat yang bisa mendukung analisis kompetitor merupakan sebuah langkah yang tepat dalam memudahkan perusahaan untuk megembangkan media sosial mereka. Hal tersebut mampu dilakukan oleh NoLimit Dashboard. Dalam hal ini, competitor analysis yang dilakukan melibatkan metrik-metrik analisis yang sesuai dengan informasi kompetitor.

Dengan demikian, jika berbicara bagaimana menganalisis kompetitor, perusahaan cukup menentukan kompetitor dan tinggal menunggu bagaimana sistem bekerja untuk menyajikan data-data analisis yang akurat. Hasilnya, data kompetitor pun dapat diolah dan diimplementasikan dalam bentuk strategi bisnis.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading