Pentingnya Mengontrol Reputasi Brand di Media Sosial

424

Dewasa ini, Era digital semakin berkembang pesat. Tak khayal, saat ini semua orang tengah memanfaatkan era digital ke berbagai sektor, baik itu  sektor ekonomi, sosial dan politik. Seluruh elemen masyarakat pun telah merasakan manfaat yang luar biasa atas kemunculan era digital.

Munculnya era digital tidak terlepas dengan berkembangnya dunia teknologi dan komunikasi, khususnya internet. Adanya internet jelas akan berdampak pada perubahan perilaku masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari. Selain itu, adanya peranan media sosial semakin menambah pengaruh besar internet bagi kehidupan sosial. Dengan segala kemudahan yang diberikan, media sosial telah menjadi media komunikasi yang cepat dan bebas. Tak khayal, segala jenis komunikasi akan sangat mudah ditemukan di media sosial. Hal inilah yang menyebabkan media sosial mampu menjadi sebuah media yang sangat terbuka.

Dua Sisi Media Sosial

Social Media Dark Side
https://memarketingservices.com/wp-content/uploads/2015/10/The-Dark-Side-of-Social-Media-1014×487.jpg

Layaknya sebuah dua mata pisau, media sosial bisa menjadi dua sisi yang sangat mencolok dan tajam. Jika kita mengacu kondisi zaman saat ini, media sosial bisa memberikan ancaman terhadap pihak tertentu yang ada di dalamnya, baik itu instansi pemerintahan, industri, dan tokoh publik. Melalui media sosial, segala informasi negatif dan positif akan mudah ditemukan dan mudah menyebar. Apalagi dengan meningkatnya pola konsumsi informasi masyarakat yang gemar membaca informasi negatif menambah peluang risiko informasi tersebut berkembang pesat dan membentuk sebuah opini publik.

Jika sebuah informasi telah membentuk opini publik, kemungkinan untuk mengembalikan efek dari isu tersebut sangat lah sulit. Untuk itu, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, mengontrol reputasi sangat lah penting.

Ancaman & Peluang Media Sosial bagi Industri

Sumber Foto: https://insights.fuld.com

Sebagai contohnya, kita bisa melihat realitas perusahaan serta pihak lainnya yang terkena imbas nya isu di media sosial. Berawal dari sebuah isu viral dan berakhir pada sentimen negatif publik. Akhirnya, perusahaan pun akan mengalami krisis kepercayaan yang berdampak pada menurun nya reputasi perusahaan.

Melihat kondisi tersebut, sungguh sangat disayangkan bila di saat perusahaan tengah tumbuh dan berkembang, lalu dengan mudah nya perusahaan tersebut runtuh hanya karena sebuah isu-isu yang tidak terkontrol. Maka dari itu, mengontrol reputasi merupakan hal yang terpenting untuk menjaga bisnis tetap berjalan dengan baik.

Berbicara mengenai peluang, media sosial juga mampu memberikan peluang yang luar biasa untuk menunjang pertumbuhan bisnis. Dengan memanfaatkan akses dan fasilitas yang dimiliki, media sosial mampu memberikan kemudahan dalam hal memasarkan, mempromosikan dan mengembangkan bisnis. Peluang inilah yang akhirnya banyak dimanfaatkan oleh banyak orang terutama para pelaku bisnis UKM.

Jika dulu perusahaan membutuhkan biaya yang sangat besar untuk melebarkan sayap bisnis berbagai daerah, maka melalui optimalisasi yang tepat terhadap pemasaran di media sosial, bukan hal yang mustahil jika bisnis akan mudah menyebar melalui campaign dan reputasi yang baik.

Sebagai contohnya, dalam beberapa tahun ke belakang, kita bisa melihat animo masyarakat terhadap salah satu E-commerce di Indonesia. Animo tersebut muncul karena konten iklan yang menarik perhatian masyarakat. Akhirnya, para warganet pun menyebarkan iklan tersebut dalam bentuk gambar meme yang kreatif. Walaupun terkesan sebagai bahan lelucon, tetapi E-Commerce tersebut memiliki popularitas yang cukup tinggi. Sehingga, hal tersebut mampu memberikan brand potitioning yang baik di mata konsumen.

Note: Dari sini lah kita bisa belajar bahwa dari sebuah kepercayaan terhadap sesuatu tentu akan membangkitkan aksi seseorang untuk menceritakan, membagikan terhadap orang lain.

Pilihan Ada di Tangan Kita

Choose the social media
Sumber Foto: http://mccom.com

Terlepas dari dua sisi media sosial tersebut, segala bentuk pilihan ada di tangan kita. Apakah kita ingin menjadikan media sosial sebagai jalan mencapai kesuksesan atau sebaliknya. Ketika kita ditanya mengenai hal tersebut, tentu kita akan memilih hal yang baik. Akan tetapi, pilihan yang kita tetapkan tadi tidak mampu menghilangkan risiko apapun di media sosial. Media sosial tetaplah sebuah media yang dinamis, orang-orang akan bebas menyampaikan pendapat apapun melalui beranda personal ataupun ruang publik. Jadi, bukan hal yang tabu jikalau di kemudian hari kita menemukan isu-isu yang berpotensi mengganggu reputasi brand kita. Maka dari itu, salah satu solusi yang tepat untuk menghindari hal tersebut adalah dengan melakukan tindakan reputation management.

Setelah kita sadar akan hal tersebut, permasalahan selanjutnya adalah bagaimana teknis untuk menjaga reputasi brand? Secara teori, kita bisa melakukan hal tersebut dengan metode analisis untuk mengidentifikasi sentimen yang berkembang di sekitar brand atau dikenal dengan istilah sentiment analysis.

Sentiment analysis merupakan sebuah metode analisis untuk mencari tahu bagaimana sebuah sentimen berkembang di sekitar brand. Metode ini sering digunakan oleh perusahaan besar dengan tujuan untuk mengontrol reputasi sekaligus menemukan isu apa yang sedang berkembang saat itu. Melalui metode tersebut, kita juga akan mengetahui lebih dalam segala jenis percakapan publik yang bermunculan setiap harinya.

Dari sisi teknis, metode ini tidak bisa lakukan begitu saja oleh perorangan tanpa alat bantu apapun. Kalaupun bisa dilakukan tentu akan membutuhkan effort tenaga dan waktu yang luar biasa. Karena selain harus mengumpulkan data, kita pun harus menyaring dan menganalisis dahulu data yang ada hingga menjadi sebuah laporan yang terukur. Oleh karena itu, kita membutuhkan analytic tool untuk membantu brand mengelola sentimen yang akan dan sedang berkembang. Jika kita telah memiliki hasil analisis yang akurat, maka kita bisa menentukan tindakan untuk meminimalisir dampak buruk dari isu tersebut.

Menggunakan Sentiment Analysis di NoLimit Dashboard

NoLimit Dashboard

Setelah kita sadar akan pentingnya menjaga reputasi brand, saatnya kita memanfaatkan segala sumber daya untuk menjaga brand tetap stabil. Seperti yang sudah di bahas di ata, bahwa upaya untuk melakukan analisa sentimen akan lebih optimal jika dilakukan dengan bantuan analytic tool. Dalam hal ini, NoLimit Dashboard mampu memberikan analisa yang lengkap terkait analisa sentimen di media sosial. Melalui beberapa metrik khusus yang disediakan untuk analisa sentimen, kita akan disuguhkan dengan informasi terkait sentimen yang berhubungan dengan brand kita.

Jika di telaah lebih dalam, dari kumpulan sentimen Kita bisa melihat secara real segala sentimen yang dilontarkan oleh warganet. Sehingga melalui data tersebut, kita bisa melakukan tindakan antisipasi dengan cepat.

Jika hal tersebut dilakukan sebelum isu-isu tersebut mencuat ke halaman publik, maka risiko hancurnya reputasi pun akan menurun. Oleh karena itu, kita cukup fokus pada pengelolaan isu tersebut. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan NoLimit Dashboard untuk membantu kita dalam pengelolaan reputasi di media sosial.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading