Pentingnya Brand Awareness: Arti dan Contohnya

338

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness merupakan istilah dari seberapa kenal publik dengan brand yang kita miliki. Selain itu, brand awareness juga dapat dikatakan seberapa jauh pelanggan mengetahui terkait suatu brand. Brand awareness memiliki tujuan untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan.

Cohtoh Perusahaan yang Behasil Membangun Brand Awareness

Terdapat beberapa contoh perusahaan dunia di berbagai industri dan sektor yang berhasil melakukan brand awareness. Berikut adalah beberapa contoh dari brand awareness:

1. Minuman bersoda
Coca-Cola adalah salah satu merek minuman paling terkenal di dunia. Mereka telah berhasil menciptakan brand awareness yang kuat melalui kampanye iklan ikonik, sponsor acara besar, dan strategi pemasaran yang konsisten. Hanya dengan melihat logo merah Coca-Cola atau botolnya yang berwarna merah, banyak orang dapat dengan mudah mengenali merek ini.

2. Nike
Nike adalah merek olahraga global yang dikenal dengan produk berkualitas tinggi dan inovatif. Nike telah berhasil membangun brand awareness yang kuat melalui kampanye iklan yang hebat, mensponsori atlet terkenal, dan upaya pemasaran yang cerdas. Mereka juga menggunakan slogan ikonik “Just Do It” yang dikenal di seluruh dunia.

3. Apple
Apple adalah perusahaan teknologi yang terkenal dengan produknya seperti iPhone, iPad dan MacBook. Apple telah berhasil menciptakan brand awareness yang tinggi melalui desain produk yang ikonik, kampanye iklan yang kreatif, dan pengalaman pengguna yang konsisten dan intuitif.

4. McDonald’s
McDonald’s adalah restoran cepat saji yang sangat terkenal di seluruh dunia. Mereka berhasil membangun brand awareness yang kuat melalui logo yang mudah dikenali, jingle iklan yang menarik, dan strategi pemasaran yang agresif.

5. Google
Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia dan perusahaan teknologi terkemuka. Brand Awareness Google dipupuk melalui penggunaan mesin telusurnya secara ekstensif serta produk dan layanan terkait seperti Gmail, Google Maps, dan YouTube.

6. Samsung
Samsung adalah merek elektronik global yang dikenal dengan produknya seperti smartphone, televisi, dan perangkat elektronik lainnya. Melalui kampanye iklan yang ekstensif, mensponsori acara olahraga, dan kualitas produk yang diakui, mereka telah berhasil membangun brand awareness yang kuat.

7. Toyota
Toyota adalah produsen mobil terbesar di dunia. Mereka telah berhasil mencapai brand awareness yang tinggi melalui produk berkualitas, keandalan, dan konsistensi merek. Selain itu, Toyota sering berpartisipasi dalam acara otomotif dan mensponsori tim olahraga, yang membantu meningkatkan kesadaran merek.

Berikut ini merupakan beberapa contoh brand awareness pada beberapa perusahaan besar di dunia. Banyak perusahaan lainnya yang telah berhasil membangun brand awareness yang kuat melalui berbagai strategi pemasaran dan keberhasilan produk mereka.

Untuk dapat mengukur brand awareness di media sosial, dapat membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya mengenai apa itu brand awareness dan bagaimana cara mengukurnya

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading