Apa itu Brand Awareness dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

427

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness merupakan istilah dari seberapa kenal publik dengan brand yang kita miliki. Selain itu, brand awareness juga dapat dikatakan seberapa jauh pelanggan mengetahui terkait suatu brand. Brand awareness memiliki tujuan untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan.

Saat ini marketing tentunya membutuhkan cara untuk mengetahui pandangan sebuah brand di mata publik. Terdapat beberapa cara untuk mengukur kemajuan brand Anda di mata publik. Yaitu dengan melihat beberapa jumlah metrik, antara lain:

Impression

Impression merupakan salah satu matriks yang paling penting untuk di lihat. Impression merupakan metrik untuk mengukur seberapa sering orang melihat brand Anda. Semakin besar impresi brand Anda, semakin besar juga target audiens yang Anda tuju untuk melihat brand Anda. Dengan meningkatkan impression pada brand, Anda dapat menciptakan brand yang lebih dikenal dan lebih menonjolkan dari pesaing.

Untuk melihat impression brand, Anda dapat menggunakan NoLimit Dashboard. NoLimit Dashboard merupakan tools media monitoring.

Social Media Engagement

Untuk mengetahui sosial media engagement, Anda perlu terlibat dengan audiens. Tingkat keterlibatan audiens dapat diukur dengan jumlah like, komen, dan share dari postingan Anda. Hal ini dapat menginfokan bahwa konten yang dibuat telah dilihat oleh audiens Anda.

Social media engagement digunakan untuk mengukur keberhasilan campaign di media sosial dan untuk membuat strategi untuk kedepannya. 

Bagaimana cara mengukurnya ?

Untuk mengukur keseluruhan tersebut dapat dilihat melalui tools media monitoring.

Share of Voice

Share of voice merupakan metriks yang dapat membantu para pelaku bisnis memahami persentase percakapan seputar topik mengenai brand Anda. Sederhananya share of voice merupakan metrik yang memberi tahu Anda seberapa banyak orang berbicara tentang perusahaan Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.

Peaktime

Peaktime merupakan matriks yang mempermudah Anda mengetahui kapan netizen membicarakan tentang brand Anda. Dengan menggunakan tools NoLimit Dashboard mempermudah Anda mendapatkan matriks.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading