Pengukuran Social Media Campaign Monitoring dalam Digital Marketing

Social media campaign monitoring adalah sebuah proses mengidentifikasi dan antara brand, individu, atau produk berbagai media sosial.

363
0

Beberapa brand dan e-commerce saat ini menggunakan media sosial dalam berinteraksi dengan calon konsumennya. Media sosial membuat komunikasi keduanya terjalin secara instan dan real time. Bahkan brand atau agency kini dapat melakukan pengukuran social media campaign atau monitoring digital marketing campaign.

Social media campaign monitoring adalah sebuah proses mengidentifikasi dan membedakan antara brand, individu, atau produk dari berbagai media sosial yang digunakan. Seringkali beberapa brand maupun perusahaan menggunakan platform media sosial yang berbeda-beda. Sehingga dengan metode pengukuran tersebut akan dilakukan integrasi dan dicari keunggulannya. 

Bagaimana social media campaign monitoring bekerja?

Cara memantau social media campaign sama halnya dengan cara kerja mesin pencarian dengan mengirimkan sebuah bot crawlers. Crawlers akan bekerja berdasarkan algoritma yang sudah disesuaikan sehingga tools akan dengan mudah mengumpulkan data-data dan menyimpannya secara real time. Cara kerjanya, akan melakukan indexing satu persatu page dalam waktu cepat berdasarkan kesamaan kata kunci atau persamaan teks.

Bagaimana dampak dari pemantauan ini? 

Hasil social media campaign monitoring ini akan memiliki dampak yang signifikan terhadap pasar e-commerce. Bisnis yang dijalankan dengan menggunakan bantuan sosial media akan lebih mudah ditemukan serta dicari oleh audience dengan kata kunci atau frasa tertentu yang berhubungan dengan brand atau produk yang sedang dipromosikan.

Hasil monitoring akan memberikan informasi terutama sentimen positif bahkan negatif. Sehingga dari hasil tersebut brand atau perusahaan bisa melakukan tindakan yang tepat dengan mempersiapkan mitigasi komunikasi yang terarah dan sudah diprediksi sebelumnya sehingga meminimalisasi kesalahan.

Salah satu tools yang kerap digunakan untuk melakukan monitoring seperti NoLimit Dashboard. NoLimit akan membantu brand ataupun agency untuk melakukan pengamatan dan pengumpulan data secara daring serta memberikan insight yang diperlukan. 

Selain itu, social media monitoring juga dapat membantu mengembangan sebuah brand atau produk secara online. Sehingga diharapkan kesadaran audiens terhadap produk yang ditawarkan semakin tinggi. Dengan begitu, akan berdampak juga pada sales atau penjualan.

Langkah melakukan social media campaign monitoring

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memonitor sebuah campaign di sosial media.

Tentukan tujuan melakukan social media campaign monitoring

Bagaimanapun sebuah campaign dijalankan pasti memiliki tujuannya sendiri. Tujuan campaign umumnya ada tiga jenis yaitu brand awareness, leads, dan traffics. Namun demikian, meningkatnya traffic akan meningkatkan awareness konsumen. Secara keseluruhan akan bermuara pada penjualan. Bagaimana campaign-campaign tersebut bisa meningkatkan penjualan, karena perusahaan harus bertahan dan menghasilkan uang dari penjualan barang atau jasa.  

Buatlah standar untuk mengukur keberhasilan tujuan Anda

Standar keberhasilan bisa mengikuti standar rata-rata industri yang sudah ada. Namun demikian, brand atau agency bisa menentukan sendiri batas standar sebuah keberhasilan campaign. Misalnya untuk meningkatkan acquisition konsumen, maka sebuah aplikasi harus diunduh oleh 50 persen penduduk di negara tersebut. Inilah salah satu contoh membuat standar keberhasilan sebuah campaign.

Tetapi, pada prinsipnya beberapa cara dalam mengukur keberhasilan sebuah campaign dihitung dari berapa jangkauannya, exposure dan efeknya di masyarakat. Seberapa jauh pesan kamu disebarkan di berbagai media sosial.   

Lakukan pengukuran

Setelah berhasil menentukan standar pengukuran tingkat keberhasilan campaign, maka tentukan caranya bagaimana bisa mengukur angka-angka tersebut serta cara mengevaluasinya setelah campaign berhasil dilakukan. Pengukuran dapat dilakukan dengan melihat insights statistik bawaan media sosial yang sudah tersedia.

Pantau dan laporkan

Catat dan buat laporan dengan melakukan perbandingan dari waktu ke waktu. Umumnya pelaporan bisa dilakukan secara mingguan atau bulanan sedangkan pemantauan bisa dilakukan harian sehingga bisa melakukan keputusan cepat saat ada hal yang perlu ditentukan secara cepat.

Untuk pekerjaan pemantauan dan pelaporan secara komprehensif, kini social media campaign monitoring bisa menggunakan tools seperti NoLimit Dashboard. Dengan NoLimit, brand atau agency bisa menggabungkan lebih dari dua platform media sosial untuk dibandingkan secara real time.

Sesuaikan dan ulang kembali

Dalam pemantauan serta pelaporan, bisa dilakukan penyesuaian campaign untuk mencapai target atau objective yang diharapkan. Misalnya dengan menyesuaikan caption hingga media creative yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang paling optimal sehingga bisa menekan bujet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading