Mengoptimalkan Customer Service dengan Facebook Fan Page

248

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Bahkan menurut data statistik pada kuarter ke -3 tahun 2017, pengguna Facebook aktif saat ini sudah mencapai 1.3 Milyar. Artinya, kini media sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sosial.

Di media sosial Facebook, orang-orang aktif berkomunikasi satu sama lain, baik itu menggunakan fitur chat maupun kolom komentar yang disediakan. Terlebih lagi, Facebook pun memiliki fitur Fan Page yang sangat berguna untuk kepentingan bisnis dan publikasi lainnya.

Memanfaatkan Fitur Facebook Messenger untuk Bisnis

Facebook Messenger
https://cdn.vox-cdn.com

Di dalam fitur Fan Page, kita bisa menjumpai beberapa fitur penunjang yang bermanfaat untuk bisnis, khususnya adalah fitur Messenger. Sejatinya, fitur ini merupakan fitur yang sangat klasik dan pasti dimiliki oleh media sosial lainnya. Hanya saja, Facebook memilih untuk mengembangkan fitur tersebut sebagai media penunjang pesan yang lebih baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya aplikasi berbasis Android dan iOs yang dikenal sebagai Facebook Messenger.

Dalam aplikasi ini, seseorang bisa menggunakan fitur chat secara langsung tanpa perlu membuka halaman Facebok ataupun mengunduh aplikasi Facebook terlebih dahulu. Sehingga, orang-orang akan mudah berkomunikasi secara instan layaknya mengirim pesan ponsel pada umumnya.

Walaupun sudah memiliki Aplikasi tersebut, nampaknya Facebook pun terus berambisi untuk mengembangkan fitur messenger menjadi lebih efektif dan efisien. Hal tersebut bisa dilihat dengan adanya pengembangan aplikasi dengan menggabungkan fitur Instagram Messenger  dalam satu halaman pesan. Terobosan tersebut merupakan langkah yang tepat, terlebih Facebook telah mengakuisisi Instagram pada beberapa tahun ke belakang.

Di dalam fitur tersebut, kita akan menemukan halaman Instagram Messenger, dan Instagram Comment dalam satu tab Facebook Messenger. Selain itu, Facebook pun menyisipkan halaman Facebook Comment di dalam tab tersebut.

Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, kita harus mengintegrasikan terlebih dahulu Facebook Fan Page dengan Instagram Business Profile. Ketika sudah terintegrasi, halaman tersebut sudah bisa digunakan untuk membalas chat yang masuk.

Facebook Messenger
Tampilan Facebook messenger yang baru

Dalam sudut pandang bisnis, fitur tersebut akan sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas bisnis terutama komunikasi terhadap pelanggan. Dengan segala kemudahan yang diberikan, kita pun cukup membalas chat yang masuk dengan satu sentuhan di smartphone. Melalui interaksi yang cepat, diharapakan kepercayaan konsumen akan meningkat dan akhirnya berdampak pada meningkatknya peluang konversi penjualan di media sosial.

Mengoptimalkan Fitur Messenger di Media Sosial Lainnya

Social Media Messaging
https://i1.wp.com/theehrhardtgroup.com/wp-content/uploads/2016/05/TEG-services-social-media.jpg?fit=1200%2C797&ssl=1

Melihat terobosan yang dilakukan Facebook dan Instagram dalam hal messenger, nampaknya media sosial lainnya belum tentu mengikuti langkah yang sama. Sehingga, hal tersebut akan berdampak terhadap terbatasnya akses komunikasi di berbagai platform media sosial.

Jika kegiatan komunikasi tersebut dilakukan untuk kepentingan bisnis, tentunya akan sangat menghambat komunikasi brand dengan konsumen. Pasalnya, brand harus mengakses seluruh halaman messenger di berbagai media sosial.

Jika brand tersebut memiliki tenaga customer service, tentunya masalah tersebut akan berdampak terhadap kinerja operator. Hal tersebut dikarenakan para operator sangat kesulitan membalas chat satu per satu dari berbagai media sosial. Selain itu, hal tersebut akan lebih buruk jika chat yang masuk berjumlah ratusan atau ribuan setiap harinya. Pada akhirnya operator akan kebingungan membalas chat dalam waktu yang bersamaan.

Dengan adanya permasalahan di atas, kinerja operator pun akan terganggu dan berdampak pada banyaknya chat yang tidak terbalas. Hal ini akan berdampak pada hilangnya kepercayaan dari konsumen, karena dianggap tidak cepat tanggap dalam menangani masalah di media sosial.

 Menyikapi masalah tersebut, tentunya kita harus memiliki sebuah solusi yang tepat untuk meningkatkan kinerja customer service kita di mata konsumen. Jika kita belajar pada Facebook Messenger, tentunya kita harus memiliki sebuah tool untuk mengelola chat yang terintegrasi dari berbagai media sosial. Tool tersebut pun harus bisa menunjang komunikasi yang lebih terstruktur untuk memudahkan aktivitas operator, baik itu dalam hal penanganan komplain, pertanyaan produk, dan informasi lainnya terkait brand.

Harapannya operator akan merasa lebih senang dalam berkomunikasi terhadap konsumen. Melalui hubungan yang sangat baik dengan konsumen, kepercayaan akan meningkat dan kinerja operator pun akan jauh lebih produktif.

Mengoptimalkan Customer Service Menggunakan NoLimit Care

NoLimit Care
NoLimit Care

Berbicara mengenai solusi yang tepat, NoLimit Care bisa diandalkan dalam hal pengelolaan customer service di media sosial. Melalui fitur Integrated Channel, kita bisa membalas chat secara bersamaan dari berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line, dan yang lainnya. Melalui fitur tersebut, tentu akan sangat berguna dalam meningkatkan efektivitas komunikasi antara brand dan pelanggan.

Selain terintgerasi, NoLimit Care pun memiliki struktur komunikasi yang baik. Melalui fitur Labelling, operator akan sangat mudah mengolah chat yang masuk, seperti chat mana yang sudah dibalas atau yang belum dibalas, sehingga tidak akan terjadi duplicate post di antara operator.

Terkait dengan kecepatan waktu, tentunya NoLimit Care berusaha keras untuk menciptakan layanan yang terbaik. Saat ini, NoLimit Care mampu membalas pesan yang masuk kurang dari 1 menit. Hal tersebut akan membuat kinerja operator jauh lebih cepat.

Dalam hal kinerja operator, NoLimit Care memiliki akses untuk memantau kinerja dari masing-masing operator. Dengan fitur Analytics, kita bisa melihat operator mana saja yang paling aktif berinteraksi dengan konsumen. Bahkan, kita pun bisa memantau kecepatan operator dalam membalas chat yang masuk, sehingga kita bisa mengevaluasi kinerja operator agar lebih produktif lagi.

Kesimpulannya, dalam sudut pandang bisnis, hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan hal yang sangat penting, khususnya dalam rangka membangun sebuah bisnis. Jika komunikasi yang terjalin sangat baik,  pelanggan  akan dengan senang hati mempromosikan brand kita di lingkungan terdekatnya. Namun sebaliknya, berawal dari komunikasi yang buruk di media sosial, hal ini bisa saja mengakibatkan hancurnya citra brand dalam sekejap. Untuk itu, melalui pengelolaan customer service yang tepat, diharapkan kita mampu meningkatkan pelayanan konsumen jauh lebih baik.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading