Mengenal Dashboard dan Manfaatnya untuk Bisnis

190
0

Dashboard adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data dan informasi penting secara visual, sehingga memudahkan Anda untuk memantau, menganalisis, dan mengambil keputusan.

Dashboard bisa membantu Anda untuk mengukur kinerja, mengidentifikasi tren, mengevaluasi strategi, dan meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Lalu apa sih pengertian dashboard? Apa perbedaannya dengan report? Apa saja jenis-jenisnya serta manfaatnya? Mari kita bahas langsung di bawah ini secara lengkap!

Apa itu Dashboard?

Dashboard adalah sebuah tampilan yang menampilkan data dan informasi penting secara visual, seperti grafik, tabel, diagram, atau indikator.

Dashboard bisa menampilkan data dan informasi dari berbagai sumber, seperti database, spreadsheet, aplikasi, atau media sosial. Dashboard juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, seperti warna, ukuran, atau jenis visualisasi.

Dashboard menyajikan data secara real-time dengan penyajian yang mudah dipahami. Data yang disajikan pada dashboard biasanya berupa grafik atau visual metric.

Apa Perbedaan Dashboard dan Report?

Dashboard dan report adalah dua alat yang sering digunakan untuk menyajikan data dan informasi. Namun, dashboard dan report memiliki perbedaan yang signifikan, yaitu:

  • Dashboard menampilkan data dan informasi secara real-time atau terkini, sedangkan report menampilkan data dan informasi secara periodik atau tertentu.
  • Dashboard menampilkan data dan informasi secara visual, sedangkan report menampilkan data dan informasi secara teks atau angka.
  • Dashboard menampilkan data dan informasi secara ringkas dan padat, sedangkan report menampilkan data dan informasi secara lengkap dan detail.
  • Dashboard menampilkan data dan informasi secara interaktif, sehingga pengguna bisa memilih, memfilter, atau membandingkan data dan informasi yang diinginkan, sedangkan report menampilkan data dan informasi secara statis, sehingga pengguna harus menerima data dan informasi yang sudah ditentukan.

Jenis-jenis Dashboard

Dashboard bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, tergantung pada tujuan, sasaran, dan konteks penggunaannya. Beberapa jenis dashboard yang umum digunakan adalah:

Dashboard strategis

Dashboard yang digunakan untuk menampilkan data dan informasi yang berkaitan dengan visi, misi, dan tujuan bisnis. Dashboard ini biasanya digunakan oleh para pemimpin atau manajer tingkat atas, yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan strategis.

Dashboard ini menampilkan data dan informasi yang bersifat jangka panjang, seperti pertumbuhan, profitabilitas, atau pangsa pasar.

Dashboard operasional

Dashboard operasional adalah dashboard yang digunakan untuk menampilkan data dan informasi secara real-time. Dashboard ini digunakan untuk memantau perkembangan bisnis sesuai dengan strategi bisnis yang sudah ditetapkan.

Dashboard ini membantu mengidentifikasi masalah lebih awal, sehingga memungkinkan untuk mengatasi masalah lebih cepat sebelum menimbulkan resiko yang lebih besar dan mempengaruhi bisnis.

Dashboard analitik

Dashboard analitis adalah dashboard yang digunakan untuk menampilkan data dan informasi yang berkaitan dengan analisis, evaluasi, dan optimasi bisnis. Dashboard ini biasanya digunakan oleh para analis atau spesialis data, yang bertanggung jawab untuk mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data dan informasi.

Dashboard ini menampilkan data dan informasi yang bersifat mendalam, seperti korelasi, kausalitas, atau prediksi.

Manfaat Dashboard untuk Bisnis

Dashboard tentunya memiliki banyak manfaat untuk bisnis, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan pengambilan keputusan: Dashboard memudahkan Anda untuk mengambil keputusan yang tepat dan cepat, karena Anda bisa melihat data dan informasi yang penting secara visual dan terkini.
  • Anda juga bisa membandingkan data dan informasi dari berbagai sumber, sehingga Anda bisa mendapatkan insight yang lebih komprehensif dan akurat.
  • Meningkatkan kinerja: Dashboard meningkatkan kinerja bisnis Anda, karena Anda bisa mengukur dan mengevaluasi kinerja Anda dengan menggunakan indikator-indikator yang relevan dan objektif.
  • Anda juga bisa mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada, sehingga Anda bisa membuat perbaikan dan perubahan yang diperlukan.
  • Meningkatkan efisiensi: Dashboard meningkatkan efisiensi bisnis Anda, karena Anda bisa menghemat waktu, biaya, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data dan informasi. Anda juga bisa mengurangi kesalahan, ketidakkonsistenan, atau redundansi yang mungkin terjadi dalam proses tersebut.
  • Meningkatkan komunikasi: Dashboard meningkatkan komunikasi bisnis Anda, karena Anda bisa berbagi data dan informasi yang penting dengan mudah dan cepat kepada pihak-pihak yang terkait, baik internal maupun eksternal. Anda juga bisa meningkatkan kolaborasi dan koordinasi dengan pihak-pihak tersebut, sehingga Anda bisa mencapai tujuan bersama dengan lebih efektif.

Evaluasi Performa Media Sosial dan Monitor Media Digital Anda dengan NoLimit Dashboard

Penggunaan dashboard membuat pengelolaan bisnis lebih mudah dengan beragam informasi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, dalam prosesnya Anda harus memilih dashboard yang disesuaikan dengan bisnis Anda, sehingga strategi bisnis dapat berjalan maksimal.

Nolimit Dashboard membantu Anda untuk membuat strategi bisnis yang lebih baik dengan digital analytics lengkap hanya dengan satu dashboard.

Dengan menggunakan NoLimit Dashboard, Anda bisa membuat dashboard yang bisa membantu Anda untuk:

  • Evaluasi performa media sosial: Anda bisa mengukur dan mengevaluasi performa media sosial Anda, seperti jumlah followers, likes, comments, shares, views, atau engagement, dengan menggunakan indikator-indikator yang relevan dan objektif.
  • Nolimit Dashboard bisa membantu mengidentifikasi tren, pola, atau insight yang ada, sehingga Anda bisa meningkatkan strategi dan konten media sosial Anda.
  • Monitor media digital: Anda bisa memantau dan mengawasi media digital Anda, seperti website, blog, atau aplikasi, dengan menggunakan indikator-indikator yang relevan dan objektif.
  • Anda juga bisa mengidentifikasi masalah, peluang, atau insight yang ada, sehingga Anda bisa meningkatkan performa dan kualitas media digital Anda.

Coba demo gratis NoLimit Dashboard sekarang! untuk mendapatkan pengalaman dalam meningkatkan efisiensi bisnis dan mendapatkan solusi terbaik untuk kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading