5 Rekomendasi Wisata Religi Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi saat Ramadan

343

Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman agama dan budaya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata religi yang menarik bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Wisata religi adalah kegiatan wisata yang dilakukan ke tempat-tempat yang memiliki nilai religius, seperti tempat ibadah, makam tokoh agama, atau situs bersejarah yang berkaitan dengan agama. Wisata religi dapat memberikan berbagai manfaat bagi wisatawan, seperti:

  • Meningkatkan keimanan dan ketakwaan
  • Menambah pengetahuan dan wawasan tentang agama
  • – Mendapatkan pengalaman spiritual yang berharga
  • – Mempererat hubungan antar umat beragama
  • Berdasarkan pengamatan NoLimit Dashboard, selama rentang waktu 1 Januari 2023 hingga 29 Maret 2023, terdapat 35.535 pembicara dan 69.628 pembicaraan di media sosial terkait wisata religi. Topik yang paling banyak diperbincangkan adalah terkait destinasi masjid dan tempat ngabuburit di Indonesia untuk wisata religi menjelang Bulan Ramadan.
Sumber: NoLimit Dashboard
Sumber: NoLimit Dashboard
Sumber: NoLimit Dashboard

TOP 5 Topik yang sering dibahas pada Bulan Ramadan :

Sumber: NoLimit Dashboard

TOP 5 Rekomendasi Tempat Religi

Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata religi di Indonesia yang dapat dikunjungi:

1. Galeri Rasulullah dan Sejarah Islam Masjid Al-Jabbar, Jawa Barat.

Galeri Rasulullah terletak di rubanah Masjid Raya Al Jabbar dan berada dibawah pengelolaan Disparbud Jabar. Di dalam galeri tersaji informasi mengenai sejarah kehidupan Rasulullah dan penyebaran Islam ditampilkan dengan memanfaatkan teknologi digital. 

2. Masjid Raya Baitul Muttaqin, Samarinda, Kalimantan Timur

Masjid ini diklaim sebagai masjid terbesar ke dua di Asia Tenggara yang mampu menampung ribuan jamaah. Hal manrik lainnya dari masjid ini adalah Menara Masjid yang melambangkan Asmaul Husna.

3. Masjid Cheng Ho, Surabaya Jawa Timur.

Masjid ini merupakan masjid yang didirikan sebagai simbol perdamaian antara umat. Selain itu, nama masjid ini menjadi yang pertama menggunakan nama muslim Tionghoa. Wah, selain belajar sejarah dan religi, kita juga bisa belajar mengenai toleransi dan keindahan keragaman dari masjid ini.

4. Masjid Usang Raudhatul Jannah, Kab. Kuantan Sangingi Riau.

Masjid ini merupakan salah satu yang tertua di Riau dan didirikan sejak tahun 1800 an. Setiap pilar dari bangunan ini memiliki sejarah dan filosofinya masing-masing yang wajib untuk dicari tahu saat berkunjung ya.

5. Masjid Syeikh Zayed Solo, Jawa Tengah

Masjid ini merupakan salah satu bangunan masjid yang dibangun dengan menduplikasi masjid Syeikh Zayed yang ada di Arab Saudi. Masjid ini juga merupakan lambang persahabatan antara Indonesia dengan Arab Saudi yang dihibahkan oleh putra mahkota Uni Emirat Arab, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo. Jadi kalo mau merasakan nuansa Timur Tengah di Ramadhan ini kita tinggal pergi ke Solo ya sekarang.

Penutup:

Wisata religi dapat menjadi salah satu cara untuk menemukan ketenangan jiwa dan mempererat tali persaudaraan. Dengan mengunjungi tempat-tempat religius, kita dapat belajar tentang nilai-nilai agama dan budaya yang dapat menjadi pedoman hidup kita.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading