Lonjakan Kasus Campak pada Anak

263

Lonjakan penyakit campak meningkat sebanyak 25 kali lipat selama satu tahun. Pada tahun 2021 terdapat 132 kasus yang terkonfirmasi terkena campak dan pada tahun 2022 terdapat 3.341 yang terkonfirmasi terkena campak.

Campak merupakan salah satu infeksi virus yang disebabkan oleh virus dalam keluarga paramyxovirus. Campak sering menyerang pada anak, campak dapat tertular melalui batuk, bersin, dan kontak langsung dengan cairan hidung atau tenggorokan orang yang terinfeksi. 

Selain itu, terdapat beberapa penyebab terjadinya campak antara lain :

  1. Tidak vaksinasi, vaksinasi merupakan satu-satunya cara untuk mencegah penularan campak. Maka, jika tidak melakukan 
  2. Bepergian ke luar negeri, jika anda membawa anak anda pergi ke negara yang masif akan penyakit campak, maka kemungkinan besar anak anda beresiko terkena penyakit yang sama.
  3. Kekurangan Vitamin A, jika kurang mendapatkan vitamin A maka gejala dan komplikasi yang timbul akan berlangsung parah.

Meningkatnnya kasus campak pada anak meningkat juga perbincangannya di media sosial. NoLimit Dashboard berhasil memantau perbincangan di media sosial terkait kasus campak pada anak.

Perbincagan di Media Sosial

Sumber : NoLimit Dashboard

NoLimit Dasboard melakukan pemantauan di media sosial mengenai kasus campak dari tanggal 16 Januari hingga 23 januari 2023. Dari gambar diatas dapat dilihat perbincangan terkait kasus campak pada anak meningkat di tanggl 20 Januari 2023.

Top Issue Campak pada Anak di Media Sosial

Sumber : NoLimit Dashboard

50% perbincangan masyarakat di media sosial membicarakan mengenai Kemenkes RI yang melaporkan lonjakan kasus campak pada anak, 22% perbincangan di media sosial membicarakan campak meningkat, 19% campak dapat menyebabkan komplikasi, dan 9% perbincangan di masyarakat membicarakan bahaya campak pada anak.

Beberapa perbincangan masyarakat di media sosial terkait kasus campak

3 Top media yang membicarakan kasus campak pada anak

Aksi Kementerian Kesehatan RI dalam menanggapi lonjakan kasus campak

Sumber : NoLimit Dasboard

Meningkatnya kasus campak pada anak ditanggapi oleh Kementerian Kesehatan RI dengan cara-cara untuk mencegahnya. Mulai dari menghimbau masyarakat untuk lebih peka dan dan waspada terhadap gejala campak, dan memperkuat surveilans.

Berikut merupakan hasil analisis terkait lonjakan kasus campak pada anak di media sosial menggunakan NoLimit Dashboard. Bagaimana tanggapan sobat NoLimit terkait lonjakan kasus campak pada anak? Berikan tanggapanmu di kolom komentar ya sobat NoLimit!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading