Apa itu Influencer Marketing? Bagaimana Mengembangkan Strategi Anda

372

Jika melihat 10 tahun lalu, dalam melakukan marketing digital hanya terbatas pada selebriti dan beberapa blogger yang berdedikasi. Saat ini berubah total, sepertinya kita telah banyak melihat influencer media sosial yang naik daun, memenuhi market, bahkan bisa saja terjebak dalam penipuan. 

Jika Anda memang sudah mulai memantau influencer marketing sebelumnya, mungkin Anda telah menemukan informasi yang bertentangan dengan beberapa rekomendasi yang dipromosikannya. Ada evaluasi disana yang bisa Anda putuskan bahwa harus menggunakan influencer media sosial atau memang tidak diperlukan sama sekali untuk pertumbuhan bisnis Anda. 

Sebelumnya sebagai brand dalam strategi influencer sosial lebih sulit dikendalikan, tetapi kami disini telah memahami semuanya untuk memberikan panduan kepada Anda.

Apa itu Influencer Marketing?

Dasarnya, influencer marketing adalah jenis pemasaran media sosial yang menggunakan basis pengikut cukup banyak yang bisa memberikan pengaruh atau impact kepada audiens mereka dalam merekomendasikan suatu produk yang memang ahli dalam bidang tersebut. 

Influencer bekerja untuk meningkatkan kepercayaan audiens yang telah dibangun sebelumnya, dengan adanya followers mereka yang cukup banyak dapat berfungsi sebagai bentuk sosial kepada potensial customer brand Anda.

Kondisi ruang lingkup influencer marketing saat ini

Jika kita melihat pada tahun 2014 untuk menonjol di instagram akan lebih mudah dibandingkan dengan saat ini. Jika Anda cukup beruntung dan mempunyai ciri khas mungkin berpeluang untuk tampil di halaman unggulan instagram, maka untuk menjadi influencer cukup tinggi. Setelah melakukan kemitraan yang cukup, beberapa influencer media sosial menjadi karier full time.

Sebagai contoh mungkin ada instagram yang dipenuhi dengan feeds tema pakaian berwarna warni dengan background berwarna juga. Selama ini akan menjadi ciri khas yang di tonjolkan oleh influencer tersebut dan dia bekerja sama dengan semua brand di seluruh dunia yang pastinya menyesuaikan dengan estetikanya. 

Tapi keadaan berubah, bagaimana bisa?

Mungkin dalam beberapa tahun trend tersebut bisa dikatakan lumayan meredup, adanya style yang lebih menarik lagi. Jadi sebelumnya influencer dengan mempunyai gaya tema warna warni sekarang tidak lagi menjadi unik. 

Kelola Campaign Influencer dengan NoLimit

Untuk membuat laporan campaign dan kemitraan hingga mengelola pesan yang masuk, NoLimit dapat membantu Anda mengelola campaign influencer sosial dari awal hingga akhir. 

Gunakan fitur NoLimit untuk mengidentifikasi influencer di niche Anda, mengelola reach, dan tracking impact dari usaha Anda tersebut. 

Cari bagaimana tahu NoLimit dapat membantu upaya influencer mencoba mempromosikan brand Anda dengan uji coba demo gratis selama 14 har.

Nilai Influencer Marketing

Saat ini penggunaan influencer instagram adalah strategi yang cukup terkenal dan banyak agency yang tumbuh dengan influencer. Menurut Adweek industri ini akan mencapai nilai $10 miliar pada tahun 2020. Network lain seperti SnapChat, YouTube, dan TikTok memiliki perkumpulan influencer sendiri dengan demografi yang berbeda. 

Agency yang bekerjasama dengan influencer Mediakix mensurvey bahwa pada akhir tahun 2018 untuk melihat apa perasaan mereka terhadap influencer pada tahun baru.

Dari mereka yang telah disurvey, 89% mengatakan ROI dari influencer sebanding lebih baik dari pada jaringan lainnya. Survey yang sama mencatat bahwa 65% pemasar berencana meningkatkan anggaran mereka untuk tahun 2019. 

Cara membuat strategi influencer marketing

Seperti taktik pemasaran lainnya, dalam program influencer membutuhkan penargetan dan perencanaan yang dibuat. Anda tidak akan menemukan kunci kesuksesan strategis hanya dengan mengirim barang gratis kepada semua orang.

1. Bagaimana mencari influencer dan apa yang harus membayar mereka

Sama dengan strategi lainnya, bahwa research merupakan langkah pertama disana Anda dapat berfokus memilih platform yang ingin Anda fokuskan. Setelah berhasil dari satu platform tersebut, Anda dapat memperluas ke platform lain.

Selama dalam fase penelitian Anda, lihatlah jenis influencer yang Anda minati. Apakah Anda mencari selebritis dengan jumlah followers banyak atau micro influencer dengan jumlah influencer kisaran 5 – 100k itu kembali lagi kepada preferensi Anda. Apapun yang Anda putuskan untuk difokuskan dengan menentukan anggaran Anda. 

Kompensasi juga sangat bervariasi, jadi Anda pastikan melihat tarif umum untuk beberapa tipe influencer. Biasanya micro influencer bekerja secara independen dan ada juga yang diwakili oleh agensi atau jaringan. 

Sebelum melakukan keputusan dalam memilih influencer, Anda memang harus memikirkan ROI yang diharapkan dari campaign dibuat kepada influencer sosial Anda. 

Bagaimana Anda mengukur kontribusi posting influence terhadap tujuan keseluruhan pemasaran Anda? Satu pendekatan mungkin untuk membandingkan harapan Anda untuk influencer dengan perusahaan lain, lihat bagaimana Anda dapat mengukur anggaran untuk produksi video melalui distribusi iklan atau influencer yang membuat video sekaligus mempromosikannya kepada follower mereka.

Pada tahun 2017, influence.co mempublikasikan hasil penelitian mereka tentang pembayaran kepada influencer instagram. Mereka hanya melihat biaya rata-rata per postingan instagram dan menemukan: 

  • Harga rata-rata keseluruhan adalah $271 per posting.
  • Untuk harga rata-rata influencer yang memiliki lebih dari 100.000 followers adalah $763 atau dirupiahkan 10 jutaan.

Research atau try and error Anda merupakan kuncinya yang akan mengumpulkan informasi dari prosesnya, sehingga bisa melakukan pembuatan campaign dengan strategi lebih efisien lagi. 

2. Menetapkan anggaran dan strategi management

Setelah Anda menentukan gagasan tentang apa yang harus membayar influencer, Anda perlu membuat anggaran dan memperhatikan estimasi waktu dalam merencanakan, melaksanakan, dan meninjau program influencer Anda. Menjalankan campaign marketing influencer yang berhasil bukanlah strategi yang siap pakai begitu saja, ini Anda harus melibatkan monitoring dan analisis yang cermat. 

3. Menentukan tujuan 

Ada dua alasan yang paling umum untuk menggunakan influencer yaitu meningkatkan brand awareness dan tentunya meningkatkan penjualan. Influencer biasanya memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang sangat spesifik, mungkin akan mengandalkan ribuan pengikut dan influencer akan membantu Anda untuk memastikan audiens yang ditargetkan berpeluang calon customer tertarik dengan produk Anda setelah membaca dengan konten tersebut. 

Maksud Anda sama pentingnya dengan tujuan Anda, meskipun Anda tidak ingin menghambat kreativitas dan keunikan influencer, tetapi Anda juga mungkin tidak ingin mereka posting yang tidak berkaitan dengan campaign Anda. Tentu hal ini membutuhkan Anda untuk menyusun campaign dan pesan tertentu Anda kepada influencer agar bisa mengikuti tujuan yang sudah ditentukan. 

4. Tinjau dan memperbaiki strategi Anda

Bahkan jika campaign influencer Anda sedang berlangsung, Anda harus tetap memiliki tanggal yang telah ditentukan sebelumnya dimana Anda mengukur progresnya. Bagian selanjutnya dari panduan ini akan membahas untuk melacak hasil dari campaign Anda. Tidak semua campaign bisa berhasil, Namun Anda akan bisa belajar dengan setiap campaign yang telah Anda buat. 

Cara tracking campaign influencer marketing 

Ada beberapa cara untuk mengukur keberhasilan campaign Anda, mungkin Anda dapat membuat hashtag tertentu, seperti #NoLimitPartner atau lainnya untuk melacak apa yang dilakukan influencer Anda. 

NoLimit Dashboard memiliki kemampuan untuk melacak setiap akun profile, hashtag, keywords di platform media sosial. Pelaporan NoLimit memudahkan untuk menandai setiap post terkait campaign dengan menggunakan fitur label. 

Apa itu Influencer Marketing

Kesimpulan

Influencer hadir untuk menjadi alternatif Anda ketika ingin membuat campaign melalui iklan platform media sosial. Namun dalam lima tahun kemudian, mungkin bisa berbeda dari hari ini. Meskipun Anda sudah melakukan pertimbangan untuk bekerja dengan influencer, menyiapkan campaign sama seperti kebanyakan marketing influencer seperti research, menetapkan biaya, menentukan tujuan.

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading