Impression vs Reach: Perbedaan dan Cara Optimasinya

995
0

Apakah bisnis Anda memiliki tujuan ingin membangun brand awareness? Apakah Anda ingin melakukan dengan berbagai usaha untuk menumbuhkan dan mempengaruhi pada audiens Anda? Jika demikian, alangkah baiknya Anda mengetahui perbedaan antara impression dan reach

Marketing biasanya menemukan istilah yang membuat setiap metrik itu begitu penting, salah satunya banyak yang memahami pentingnya engagement pada media sosial. Namun, dalam hal strategi ini tentang mengukur metrik Anda secara akurat dan menemukan pada area tertentu untuk meningkatkan effort yang lebih baik lagi. 

Berbagai istilah dalam media sosial seringkali disalahartikan bahkan ada juga yang menganggapnya sama. Meskipun sangat mudah untuk mengelompokan istilah impression dan reach, keduanya memiliki definisinya sendiri. Sebelum Anda mengukur metrik ini secara akurat, mari kita bahas bersama tentang apa sih perbedaan impression dan reach ini. 

Apa perbedaan antara Impression dan reach? 

Impression adalah konten Anda beberapa kali ditampilkan, tidak peduli apakah itu diklik atau tidak. Sedangkan reach adalah jumlah total orang yang melihat dari konten Anda. 

Jadi kita harus memikirkan bahwa reach sebagai jumlah orang unique yang melihat konten Anda, seperti halnya followers Anda akan terhitung orang yang melihat konten postingan Anda secara unik. 

JIka kita menggali lebih dalam tentang impression maupun reach, sebetulnya ada banyak kesamaan antara kedua metrik ini. Namun ada perbedaan mendasar dalam hal engagement.

Case Study: Sebagai contoh katakanlah Anda mempunyai 100 followers di Twitter dan Anda sudah mempublikasikan satu tweet. Jika setiap followers Anda melihat tweet itu, maka Anda akan memiliki 100 reach (jangkauan) pengguna bersama 100 tayangan (impression).

Untuk melanjutkan, katakan besok Anda ingin mempublikasikan tweet baru menjadi total ada 2 tweet ke 100 followers yang sama. Nah, reach Anda akan tetap saja 100 pengguna karena jumlah followers Anda tidak berubah. 

Namun, sekarang Anda sudah memiliki 200 impression, mengapa bisa begitu? Karena setiap satu dari 100 pengikut Anda melihat kedua tweet yang Anda posting. 

Itulah mengapa Anda mungkin melihat jumlah impression untuk Tweet terkadang jauh lebih tinggi dari pada jumlah pengikut Anda. 

Jika Anda tidak mengingat hal lain tentang reach dan impression, ingatlah ini: Jangkauan (reach) adalah jumlah orang yang mungkin melihat konten Anda, sedangkan tayangan (impression) adalah jumlah total berapa kali konten Anda ditampilkan kepada orang-orang. 

Bagaiaman Cara Optimasi Media Sosial dengan memanfaatkan Reach dan Impression?

Mempelajari lebih lanjut tentang engagement

Untuk lebih memahami dari impression atau reach, pentingnya untuk mempelajari metrik engagement yang terkait lainnya. 

Misalnya, ada berbagai jenis metrik reach dan impression di setiap jejaring sosial facebook lebih spesifik. 

Platform lain mungkin menyertakan reach dan impression dalam analytics media sosial mereka yang masih cukup standar. Facebook menunjukkan jangkauan dan tayangan dengan dikelompokan berdasarkan jenis posting dan kategori lainnya, yang perlu dipahami saat ingin meningkatkan. 

Kenali Impression dan Reach Facebook

Di Facebook, jangkauan atau reach terbagi dalam tiga kategori berbeda: 

  • Organik: ini menunjukan jumlah orang unik yang melihat konten Anda.
  • Paid: ini adalah jumlah orang unik yang melihat konten berbayar Anda, seperti halnya facebook ads. 
  • Viral: ini adalah jumlah orang unique yang melihat postingan atau halaman Anda yang d mention dalam story atau di postingan teman. Story ini termasuk like, share dan comment.

Ada sejumlah faktor yang berperan dalam reach facebook Anda, bergantung pada jenis reach yang ingin Anda kembangkan, mungkin Anda mempunyai strategi yang berbeda. 

Pelajari Reach dan Impression Facebook Ads

Facebook ads memiliki dua jenis tayangan tambahan yang harus di lacak yaitu served and viewed.

Ketika facebook ads ditayangkan, itu berarti penerbit memberitahu sistem untuk menayangkan iklan. Selama iklan ditayangkan oleh sistem, ini akan dihitung tayangan sukses yang telah ditayangkan. Memang sedikit licik karena menghitung keberhasilan tayangan terlepas dari apakah iklan tersebut terlihat atau tidak. 

Tayangan yang ditampilkan mencakup iklan yang tidak terlihat oleh siapapun karena muncul di bagian bawah atau karena orang meninggalkan laman sebelum menyelesaikan rendering untuk memunculkan iklan. Hal ini menyebabkan kesenjangan antara iklan ditayangkan dan jumlah yang dilihat. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa tayangan yang dilihat dihitung sejak iklan memasuki layar browser desktop atau aplikasi untuk smartphone. Jika tidak masuk ke layar, itu tidak termasuk hitungan.

Kenali Reach vs Impression Twitter

Twitter asli tidak mengukur reach Anda, tetapi lebih melacak pada impression. Twitter mendefinisikan tayangan (impression) sebagai kapan saja pengguna twitter melihat tweet Anda. 

Bayangkan sebuah tweet muncul di monitor atau layar ponsel pengguna, tetapi jumlah tayangan yang Anda lihat dalam aplikasi twitter hanya menghitung beberapa kali tweet Anda muncul di feed user dan hasil pencarian saja. 

Meskipun Twitter tidak menyediakan data tentang reach, sebenarnya ada solusinya. Anda menggunakan NoLimt Dashboard dapat mengetahui reach dari sebuah object seperti account profile, keywords, maupun dari hashtag akan terlacak dengan mudah. 

Data diolah oleh NoLimit Dashboard

Bangun Reach, Impression & Strategi Marketing Anda

Dengan penjelasan yang sudah ditulis bahwa impression vs reach sangat penting untuk melihat definisi untuk strategi marketing Anda. 

Ketahui target audiens Anda

Saat reach meningkat, hal ini secara alami mengarah pada brand awareness. Untuk sebuah bisnis, penting bagi Anda untuk memperluas jangkauan atau reach ke konsumen Anda. 

Jika memang Anda sudah menjangkau 10.000 orang, tidak akan berarti apa-apa jika hanya 1.000 dari mereka yang tertarik dengan brand Anda. 

Monitor dan analisis engagement secara tertatur

Impression mengukur kemampuan Anda untuk menampilkan konten di depan audiens yang sedang Anda tuju. Saat impression meningkat, kemungkinan dari konten Anda lebih sering muncul di feeds pengguna.

Report Impression dan Reach dengan NoLimit Dashboard

Ini biasanya postingan Anda dioptimalkan untuk media sosial manapun yang Anda gunakan. Jika Anda tidak melihat tayangan yang Anda harapkan, pertama-tama kita lihat bagaimana konten Anda apakah dioptimalkan pada platform yang Anda gunakan?

Salah satu usaha lain untuk meningkatkan impression adalah fokus pada peningkatan pada jumlah konten dan fans yang terlibat secara aktif di komunitas Anda untuk platform tersebut. Saat komunitas Anda mulai membagikan postingan Anda dengan jaringan mereka, secara otomatis tentu saja impression dan reach akan meningkat.

Cara lainnya mungkin Anda harus menggunakan tools media monitoring seperti NoLimit Dashboard yang bisa terus memonitor aktivitas pengguna di media sosial seberapa besar brand Anda dibicarakan. 

Get Demo NoLimit Dashboard

Kesimpulan

Mempelajari perbedaan antara reach vs. impression terkadang lebih sedikit ribet, tetapi bukan tidak mungkin untuk dipahami. Setelah Anda bisa membedakan dari kedua metrik ini , mungkin Anda akan bekerja menuju yang paling penting semuanya dari engagement. 

Tujuan umum dengan adanya campaign media sosial adalah peningkatan engagement, Jika konten Anda tidak mendapatkan like, share atau komentar mungkin ada yang salah dari bagian pembuatan maupun penargetan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading