Dasar-Dasar Campaign Monitoring and Evaluation

299
0

Campaign monitoring and evaluation adalah dua hal yang berbeda tetapi sama-sama dibutuhkan dalam mengukur performa sebuah campaign yang dijalankan secara digital. Monitoring memiliki peran untuk memastikan bahwa campaign berjalan efektif dan efisien sesuai dengan objective atau goal yang ingin dicapai.

Monitoring dan evaluasi sama-sama penting dalam manajemen campaign. Monitoring campaign adalah sebuah proses untuk menelusuri bagaimana proses campaign dijalankan, serta arahnya apakah sudah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Sementara evaluasi campaign adalah mengumpulkan semua data monitoring dalam periode waktu tertentu dan menelaah atau menganalisis poin-poin mana saja yang paling efektif dijalankan. Efektifitas sebuah campaign akan diukur lewat target campaign yang ditentukan sejak awal apakah untuk meningkatkan awareness atau untuk mendapatkan leads yang banyak. 

3 jenis campaign digital marketing

Setidaknya ada tiga jenis contoh campaign digital marketing yang dijalankan sesuai dengan tujuannya masing-masing.

  1. Campaign Acquisition: Campaign yang dijalankan dengan tujuan untuk mendapatkan prospek customer.
  2. Campaign Monetization: Campaign yang dijalankan dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan dari basis leads atau customer yang dimiliki.
  3. Campaign engagement: Campaign yang dijalankan untuk membentuk komunitas atau audiens yang menjadi supporter sebuah brand.

Dari ketiga jenis campaign digital marketing inilah yang akan dilakukan monitoring dan evaluasi sesuai dengan tujuannya masing-masing. Tujuan atau objective menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah campaign.

Mengapa campaing monitoring and evaluation penting

Memonitor campaign secara aktif sangat penting bagi brand maupun agency. Brand bisa memantau apakah campaign yang dijalankan sudah sesuai dengan tracknya atau tidak. Sementara bagi agency, dengan pemantauan campaign akan membantu menekan biaya tanpa harus mengorbankan tujuan awalnya sebuah campaign dijalankan. 

Pada prinsipnya, semakin rendah biaya iklan yang dikeluarkan dengan hasil yang maksimal, menjadi salah satu parameter keberhasilan atau kesuksesan sebuah campaign. 

Cara melakukan campaign monitoring and evaluation

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam memonitor atau mengukur sebuah campaign

1. Gunakan survei

Survei adalah salah satu cara untuk mengukur kesuksesan sebuah campaign. Campaign yang paling cocok diukur dengan metode survei adalah jenis campaign awareness. Apakah audiens benar-benar mendapatkan paparan iklan dari campaign yang dijalankan dan sejauh mana pengaruhnya setelah mendapatkan iklan tersebut. 

2. Cek perkembangan followers

Monitoring yang paling mudah dipantau adalah perkembangan jumlah followers apakah makin meningkat, stagnan atau justru malah makin berkurang. Indikator bertambahnya follower tentu saja karena audiens tertarik dengan postingan-postingan di akun media sosial atau sosok influencer dibaliknya. Tak berbeda juga bagi brand yang memiliki akun media sosial.

3. Gunakan data Google Trends

Ketika campaign kita masuk ke dalam daftar Google Trends artinya campaign kita memiliki dampak. Google Trends akan menangkap apa yang banyak dicari dan diperbincangkan di semua platform Google termasuk dalam browser, pencarian Google, hingga YouTube.

4. Manfaatkan media monitoring tools untuk melakukan campaign monitoring and evaluation

Langkah paling mudah serta memberikan gambaran yang lebih komprehensif dalam campaign monitoring and evaluation adalah dengan menggunakan media monitoring tools atau social media listening tools. Meski keduanya berbeda tetapi ada irisan yang sama. 

5. Maksimalkan Google Analytics 

Hal yang bisa didapatkan secara gratis adalah dengan melihat traffic yang berhasil dibawa ke website atau conversion dari berbagai platform media sosial. Semakin tinggi traffic-nya mengindikasikan performa campaign yang dijalankan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading