Ingin Berkarir  sebagai Influencer? Lakukan 7 Cara Ini!

282

Mungkin 10 tahun yang lalu pekerjaan sebagai influencer masih terasa asing , bahkan mungkin influencer tidak masuk ke dalam list pekerjaan yang paling diminati. Berbeda dengan saat ini, dimana orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang influencer.

Bukan hanya karena agar dikenal orang. Namun penghasilan yang didapatkan dengan menjadi influencer bahkan bisa melebihi pendapatan karyawan kantor biasa. 

Bisa dibilang saat ini, influencer menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan. Menurut hubspot pada tahun 2022 pasar influencer bernilai $16,4 miliar dan diperkirakan akan mencapai $21,1 miliar pada tahun 2023. Sungguh angka yang fantastis dan sangat menjanjikan bukan?

Menjadi seorang influencer akan membuat kamu berperan dalam memberikan pengaruh terhadap para pengikut dengan berbagi keahlian dan rekomendasi dari bidang yang kamu kuasai. Namun, untuk menjadi seorang influencer yang sukses, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.

Bagaimana? Tertarik menjadi seorang influencer? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membantumu menjadi seorang influencer.

Baca Juga : Jenis-jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers

Bagaimana Cara Menjadi Influencer

Berikut 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang Influencer : 

Menentukan Niche

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang influencer adalah menentukan niche. Sesuatu yang ingin kamu fokuskan dan ingin kamu bagi ke pengikut kamu.

Menentukan niche sangat bermanfaat karena kamu akan fokus pada satu bidang dan memudahkan kamu membangun otoritas dan menarik perhatian audiens. Hal ini juga membantu dalam menentukan audiens yang lebih spesifik dan membantu dalam membuat konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. 

Beberapa niche yang bisa kamu coba : Travelling, Kecantikan, Kuliner, Gaya Hidup, Teknologi, Skincare dan lainnya.

Menentukan Platform Media Sosial

Langkah berikutnya adalah dengan menentukan media sosial yang akan digunakan untuk berbagi konten. Untuk meningkatkan pengikut penting menentukan platform media sosial yang sesuai dengan niche dan audiens yang ditargetkan.

Lakukan analisa terhadap target audiens, platform yang sering mereka gunakan bahkan platform yang digunakan influencer lain dan memiliki fokus yang sama dengan kamu. Hal ini akan membantu kamu dalam membangun audiens yang relevan.

Saat memilih media sosial sesuaikan dengan jenis konten yang akan kamu tampilkan. Karena satu konten tidak bisa digunakan untuk semua platform media sosial. Kamu harus memahami karakteristik setiap platform media sosial termasuk audiensnya sehingga pesan yang kamu sampaikan tepat sasaran.

Buat Strategi Konten

Buatlah konten yang relevan dan menjawab pertanyaan dari audiens yang ditargetkan. Konten yang berkualitas dan dikemas secara menarik akan membuat audiens semakin tertarik dan selalu menunggu konten yang kamu buat. Tentukan format konten yang dibuat dan sesuaikan dengan platform media sosial dimana kamu akan banyak berinteraksi dengan target audiens.

Konsisten

Hal utama yang harus dilakukan ketika kamu ingin menjadi seorang influencer adalah konsistensi. Membuat konten yang berkualitas dan konsisten mengunggahnya, menjadi cara agar kamu tetap terhubung dengan audiens. Jika kamu tidak memperbaharui konten atau tidak aktif bisa dipastikan kamu akan kehilangan pengikut dan mereka akan beralih ke influencer yang lain. 

Interaksi dengan Audiens

Berinteraksi langsung dengan audiens akan membuat mereka merasa dihargai dan terus mendukung kamu dan selalu menunggu konten yang kamu buat. 

Seorang influencer harus memiliki kemampuan komunikasi dua arah yang baik. Memberikan komentar atau membalas pesan langsung dapat membuat followers merasa terlibat dalam segala aktifitas kamu.

Perluas Networking

Kamu bisa memperluas networking salah satunya dengan cara melakukan kolaborasi bersama influencer lain. Dengan berkolaborasi kalian akan sama-sama mendapatkan exposure dan bukan tidak mungkin akan meningkatkan jumlah pengikut di media sosial.

Mengikuti Tren

Jangan pernah malas untuk melakukan riset atau mencari informasi mengenai tren terbaru. Sebagai influencer kamu harus update terhadap perkembangan tren yang akan membantu kamu dalam mengembangkan materi konten. 

Konten yang up to date menjadi daya tarik bagi audiens untuk terus mengikuti perkembangan konten kamu. Namun perlu diingat, tidak semua tren bisa diaplikasikan ke dalam sebuah konten. Semua harus disesuaikan dengan fokus konten dan audiens kamu ya.

Selain konten yang harus update, kamu juga harus mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi di platform media sosial seperti fitur-fitur terbaru sehingga kamu bisa memaksimalkan penggunaannya dalam membuat konten.

Baca Juga : Simak! 6 Media yang Sering dipakai oleh Influencer, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Menjadi seorang influencer membutuhkan beberapa usaha dan proses untuk mendapatkan hasil. Influencer bukanlah pekerjaan yang hasilnya akan terlihat dalam semalam. Lakukan secara bertahap dan nikmati prosesnya. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading