Contoh dan Pengertian Sosial Media untuk Bisnis

861
0

Pengertian sosial media yaitu media online yang memungkinkan penggunanya bisa berpartisipasi, berbagi konten. Media sosial menggunakan teknologi berbasis internet sehingga komunikasi bisa berjalan secara interaktif. Selain pengertian di atas, beberapa ahli mengemukakan pendapat yang berbeda mengenai media sosial. Inti dari pengertian media sosial menurut ahli yang wajib Anda tahu bisa Anda baca di artikel berikut.

Andreas M. Kaplan & Michael Haenlein

Media sosial adalah kelompok aplikasi berbasis internet. Kelompok ini membangun Web 2.0 teknologi dan ideologi serta memungkinkan terjadinya penciptaan serta pertukaran user-generated content.

Michael Cross

Media sosial adalah istilah yang menggambarkan mengenai aneka jenis teknologi untuk mengikat orang-orang saling bertukar informasi, berkolaborasi, berinteraksi lewat isi pesan berbasis website.

M. Terry

Media sosial adalah media komunikasi yang memungkinkan penggunanya mengisi konten secara bersamaan lewat teknologi berbasis internet.

Chris Brogan

Apa itu media sosial menurut Chris Brogan adalah seperangkat alat untuk berkomunikasi dan kolaborasi yang baru sehingga memungkinkan terjadinya interaksi baru. Menurut Chris Brogan, interaksi yang terjadi di media sosial ini belum pernah terjadi sebelumnya untuk orang awam.

P. N Howard & M. R Parks (2012)

Media sosial adalah media yang memiliki 3 bagian yaitu:

  • Infrastruktur informasi dan alat untuk membuat serta menyalurkan konten atau isi media.
  • Isi media yang berupa gagasan, berita, pesan pribadi ataupun produk budaya dalam bentuk digital.
  • Pembuat dan penikmat atau yang mengkonsumsi konten adalah organisasi, individu dan industri.

M. L Kent

Sosial media merupakan media yang berbentuk komunikasi interaktif yang memungkinkan suatu interaksi 2 arah dan umpan balik.

Joyce Kasman Valenza

Media sosial merupakan media internet yang dimana seseorang bisa berbagi secara instan dan kemudian berkomunikasi secara terus menerus dengan komunitas mereka.

Contoh Media Sosial

Dari pengertian media sosial di atas, pada dasarnya media sosial berfungsi sebagai alat komunikasi dan berinteraksi. Seiring dengan perkembangan zaman, fitur di media sosial berkembang pesat dan bisa dipergunakan untuk berbisnis. Beberapa diantaranya bisa dimanfaatkan untuk pemasaran secara digital, seperti sosial media berikut ini.

Facebook

Facebook hingga saat ini memiliki pengguna aktif mencapai 2,5 juta user per bulannya. Sosial media facebook cocok untuk Anda yang fokus untuk konten berita dengan sharing tinggi, engagement video. Selain itu, Facebook juga pas untuk Anda yang memiliki pangsa pasar dengan usia di atas 30 tahun.

Jika Anda hendak menggunakan Facebook sebagai sarana bisnis, maka Anda perlu memperhatikan hal berikut ini:

  • Anda ingin mencapai jangkauan audience dengan target pasar kelompok dewasa.
  • Ingin menjangkau dengan video atau konten yang menggunakan emosi atau emotional marketing.
  • Konten yang bisa disharing.
  • Membangun suatu komunitas yang berkaitan dengan topic tertentu ataupun bisnis.

Instagram

Instagram memiliki sekitar 1 juta pengguna aktif per bulannya. Dengan jumlah user yang besar tersebut, membuat instagram menjadi salah satu sosial media untuk bisnis. Misalnya untuk online shop ataupun personal branding.

Lewat instagram, strategi sosial media marketing seperti penggunaan influencer bisa diterapkan. Khususnya jika Anda memiliki target pasar di bawah usia 40 tahun,

Namun, apapun sosial media yang Anda gunakan, jika Anda hendak menggunakannya untuk keperluan bisnis, maka analisa wajib dilakukan. Proses menganalisa sosial media tersebut bisa menggunakan NoLimit.

Tool sosial media ini membantu Anda menganalisa sosial media milik Anda dan competitor. NoLimit juga dilengkapi dengan fitur berikut untuk analisis lebih mendalam dan akurat:

  • Mengontrol reputasi dan respons dari netizen terhadap brand milik Anda.
  • Memberikan laporan secara rutin sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Membantu memantau serta menganalisa objek seperti akun, tagar dan kata kunci yang happening di media online.
  • Template yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, setelah tahu pengertian sosial media dan NoLimit yang bermanfaat untuk bisnis Anda, masih mau menunggu lagi? Dobrak keterbatasan menggunakan sosial media untuk bisnis Anda dengan NoLimit sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading