Cerita di Balik Fenomena #LulusanUI dan #Gaji8Juta

235
0

Dalam dua hari ke belakang ini, reputasi Universitas Indonesia di media sosial sedang ditaruhkan. Seperti yang bisa kita lihat di beberapa media sosial, tagar #LulusanUI dan #Gaji8Juta sudah bertengger menjadi trending topic selama kurang lebih dua hari.

Bagi mereka yang awam, mungkin akan menyangkan bahwa informasi di balik kedua tagar tersebut adalah informasi positif yang membicarakan tentang bagaimana kelanjutan dari masing-masing mahasiswa yang berstatus #LulusanUI.

Akan tetapi, setelah ditelusuri lebih jauh, sentimen yang ada di balik tagar-tagar tersebut malah cenderung negatif. Hal ini tentu saja mempengaruhi citra baik dari Universitas Indonesia itu sendiri.

Di sini, kita akan coba memaparkan hasil pemantauan kami terkait dengan trending-nya kedua tagar tersebut.

Ada apa dengan Lulusan UI dan Gaji 8 juta?

Ternyata, gambar di atas adalah awal mulai dari ramainya pembicaraan terkait #LulusanUI dan juga #Gaji8Juta. Secara garis besar, seseorang yang disamarkan namanya tersebut merasa tersinggung dengan tawaran gaji yang diberikan oleh perusahaan yang dilamarnya. Sebagai seorang fresh graduates dari Universitas Indonesia, anonim tersebut merasa keberatan dengan tawaran gaji 8 juta tersebut.

Hal ini lah yang memicu banyaknya komentar dari masyarakat di media sosial, di mana 90% masyarakat tidak setuju dengan opini yang dituliskan oleh akun anonim tersebut.

Fenomena ini pun ternyata turut menyeret Universitas Indonesia (@univ_indonesia). Walaupun tidak merespon secara langsung, melalui akun Twitternya, pihak UI membuat beberapa Tweet untuk menjelaskan bagaimana sikap sebagai lulusan UI seharusnya dalam mencari kerja, dilengkapi dengan beberapa tautan untuk mencari kerja juga data tracer study lulusan dari UI tahun 2018.

Memantau Penyebaran Isu di Media Sosial Twitter

Dengan NoLimit Dashboard, kami turut memantau penyebaran isu ini di media sosial. Dalam jangka waktu dua hari saja, 23 – 24 Juli 2019, kedua tagar tersebut sudah dibicarakan sebanyak 2.370 kali.

Tagar tersebut pertama kali dibuat oleh pemilik akun @anaherliana17 di mana dirinya membandingkan bagaimana lulusan UI dengan dirinya yang berstatus lulusan Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

https://twitter.com/anaherliana17/status/1153698793470062592

Seperti biasa, kami pun memantau beberapa Tweet yang paling viral, yang berpotensi sebagai faktor tersebarnya isu ini dan juga Trending Topic-nya tagar #LulusanUI dan #Gaji8Juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading