Blast Marketing: Ketahui Seberapa Efektif Penggunaanya dalam Pemasaran

311
0

Pernah menerima email atau SMS yang berisi promosi sebuah produk atau layanan?itu merupakan contoh dari blast marketing. Blast marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital masa kini. 

Blast marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media massa, seperti email, SMS, atau media sosial, untuk mengirimkan pesan promosi kepada sejumlah besar audiens secara serentak.

Nah, untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai blast marketing, simak sampai artikel di bawah ini!

Pengertian Blast Marketing

Blast marketing adalah salah satu bentuk dari direct marketing, yaitu pemasaran yang berusaha untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan potensial atau eksisting tanpa perantara.

Blast marketing memanfaatkan teknologi digital untuk mengirimkan pesan yang relevan, personal, dan tepat waktu kepada audiens yang ditargetkan. Blast marketing juga bisa disebut sebagai mass marketing, karena mencakup audiens yang luas dan beragam.

Tujuan dari blast marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran, minat, dan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Blast marketing juga bisa digunakan untuk memperluas jangkauan, meningkatkan penjualan, mendapatkan feedback, atau mengurangi biaya pemasaran.

Namun, blast marketing juga memiliki kekurangan, seperti bisa dianggap spam, mengganggu, atau tidak efektif jika tidak ditargetkan dengan baik. Oleh karena itu, blast marketing harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan etika.

Platform Blast Marketing, Apa Saja?

Lalu di mana blast marketing biasanya dilakukan? Blast marketing bisa dilakukan melalui berbagai platform atau media, tergantung pada tujuan, sasaran, dan anggaran pemasaran. Beberapa platform yang umum digunakan untuk blast marketing adalah sebagai berikut:

Email

Email adalah platform yang paling populer dan efektif untuk blast marketing, karena memiliki biaya yang rendah, jangkauan yang luas, dan tingkat respons yang tinggi.

Email juga memungkinkan untuk mengirimkan pesan yang kaya akan konten, seperti teks, gambar, video, atau tautan. Email juga bisa dilacak dan diukur dengan mudah, sehingga bisa mengetahui seberapa efektif blast marketing yang dilakukan.

SMS

Platform lainnya yang biasa digunakan sebagai media blast marketing adalah SMS. SMS adalah platform yang paling sederhana dan cepat untuk blast marketing, karena bisa langsung sampai ke ponsel pelanggan tanpa memerlukan koneksi internet.

SMS juga memiliki kemudahan untuk dibaca yang cukup tinggi, karena biasanya dibaca dalam waktu singkat setelah diterima. SMS juga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan yang singkat dan padat, seperti kode promo, undangan, atau pengingat.

Media Sosial

Media sosial adalah platform yang paling interaktif dan viral untuk blast marketing, karena bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti like, comment, share, atau tag.

Media sosial juga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan yang menarik dan mengundang partisipasi, seperti kontes, kuis, polling, atau live streaming. Media sosial juga bisa digunakan untuk membangun komunitas dan hubungan dengan pelanggan.

Beberapa platform di atas digunakan tentunya dengan alasan dan tujuan tertentu, dengan beberapa platform yang memiliki fleksibilitas dan keunggulan seperti di atas, blast marketing akan lebih mudah dilakukan dan dilaksanakan.

Bagaimana Caranya Agar Blast Marketing Efektif?

Bagaimana sih caranya agar blast marketing ini efektif? Nah, blast marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang ampuh jika dilakukan dengan benar dan sesuai dengan etika.

Berikut ini adalah beberapa tips agar blast marketing Anda efektif:

Tentukan tujuan dan sasaran

Sebelum melakukan blast marketing, Anda harus menentukan tujuan dan sasaran yang ingin Anda capai, seperti meningkatkan penjualan, trafik, atau kesadaran merek.

Anda juga harus menentukan audiens yang ingin Anda sasar, seperti demografi, lokasi, preferensi, atau perilaku. Dengan mengetahui tujuan dan sasaran Anda, Anda bisa menyesuaikan pesan, platform, dan waktu blast marketing Anda.

Buat pesan yang menarik dan relevan

Pesan yang Anda kirimkan melalui blast marketing harus menarik dan relevan bagi audiens Anda, sehingga bisa menimbulkan minat dan respons.

Anda harus menggunakan judul yang menarik perhatian, isi yang informatif dan persuasif, dan tindakan yang jelas dan mudah. Anda juga harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan audiens Anda, baik formal maupun informal.

Anda juga harus menghindari penggunaan kata-kata yang bisa menimbulkan spam, seperti gratis, kaya, atau segera.

Pilih platform yang tepat

Platform yang Anda gunakan untuk blast marketing harus sesuai dengan tujuan, sasaran, dan anggaran Anda.

Anda harus memilih platform yang memiliki jangkauan yang luas, biaya yang rendah, dan tingkat respons yang tinggi. Anda juga harus memilih platform yang memiliki fitur yang mendukung blast marketing Anda, seperti segmentasi, personalisasi, atau otomatisasi.

Anda juga harus memilih platform yang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya, sehingga tidak merusak citra merek Anda.

Waktu yang tepat

Waktu yang Anda gunakan untuk blast marketing harus sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan audiens Anda, sehingga bisa meningkatkan peluang untuk dibaca dan direspon.

Anda harus mengirimkan blast marketing pada saat audiens Anda paling aktif dan terbuka untuk menerima pesan, seperti pagi, siang, atau sore hari.

Anda juga harus menghindari mengirimkan blast marketing pada saat audiens Anda paling sibuk atau tidak tertarik, seperti malam, akhir pekan, atau hari libur. Anda juga harus mengatur frekuensi blast marketing Anda, sehingga tidak terlalu sering atau jarang, yang bisa menimbulkan kebosanan atau ketidakpedulian.

Jika Anda melakukan beberapa hal di atas dengan tepat maka blast marketing bisa berjalan dengan efektif. Perhatikan juga target audiens Anda dengan konten blast marketing agar sesuai dan tidak salah sasaran.

Demikian pembahasan mengenai blast marketing yang bisa Anda baca dan lakukan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading