Apa itu Telemarketing? Ketahui Tugas, skill, Gaji dan Manfaatnya Untuk Bisnis

158
0

Telemarketing adalah salah satu strategi marketing yang memanfaatkan panggilan telepon dengan tujuan menjual produk kepada pelanggan. Telemarketing memerlukan kemampuan komunikasi yang baik agar bisa meyakinkan calon pelanggan untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Yuk, simak penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu telemarketing, mulai dari tugas dan tanggung jawabnya, hingga manfaatnya dalam bisnis di bawah ini!

Apa itu Telemarketing?

Telemarketing adalah jenis pemasaran di mana produk atau layanan dijual melalui telepon. Dalam telemarketing, seorang marketing atau sales berusaha menjual atau mendapatkan dukungan untuk tindakan tertentu dengan menghubungi calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada untuk mempromosikan produk atau layanan.

Tujuan utama telemarketing adalah untuk meningkatkan penjualan, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dan mengumpulkan data pelanggan.

Bisnis dari perusahaan swasta hingga lembaga nirlaba dapat menerapkan metode ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Telemarketing

Telemarketing tidak hanya sekadar melakukan panggilan dengan pelanggan. Beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang telemarketing adalah sebagai berikut:

  • Menjelaskan kegunaan atau manfaat produk dengan jelas kepada para pelanggan.
  • Tidak hanya melakukan panggilan terlebih dahulu, namun telemarketing juga bertugas menerima panggilan pelanggan dan menjawab pertanyaan yang diajukan.
  • Melayani dan memproses permintaan pelanggan yang ingin melakukan pembelian.
  • Mencatat pelanggan potensial yang memiliki ketertarikan untuk membeli produk atau jasa, dan melakukan panggilan kembali.
  • Menyimpan dan memelihara catatan kontak pelanggan agar bisa melakukan penawaran kembali di masa depan.

Skill yang Harus Dimiliki Telemarketing

Agar berhasil dalam penjualan dan menjalin hubungan dengan pelanggan, beberapa skill yang dibutuhkan oleh telemarketing adalah sebagai berikut:

  • Memiliki pemahaman mendalam tentang produk atau jasa yang dijual.
  • Memiliki kemampuan dalam memengaruhi orang lain
  • Memiliki kemampuan dalam memahami kebutuhan pelanggan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Memiliki kemampuan menangani penolakan tanpa kehilangan motivasi.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam manajemen waktu.
  • Memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah.
  • Memiliki kemampuan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan.

Berapa Gaji Telemarketing?

Sebenarnya, gaji telemarketing tidak jauh berbeda dengan bidang marketing lainnya. Pasalnya, profesi ini pun memiliki tingkatan karir dan tugas yang beragam. Seperti yang kita ketahui, setiap tingkatan karir tentu menawarkan gaji berbeda-beda.

Dilansir dari Indeed, kisaran gaji untuk telemarketing di Indonesia adalah Rp 4.000.000. Namun, tentunya angka ini tidak bisa menjadi acuan pasti, mengingat bahwa setiap daerah memiliki standar gaji berbeda-beda.

Manfaat Telemarketing untuk Bisnis

Telemarketing adalah bagian penting dari strategi pemasaran bisnis, terutama untuk mendorong penjualan. Dengan menggunakan telepon sebagai sarana komunikasi, seorang telemarketing dapat secara langsung berbicara dengan calon pembeli tentang nilai dan keunggulan barang atau jasa yang ditawarkan, kemudian meyakinkan mereka untuk membeli.

Telemarketing dapat meningkatkan peluang konversi penjualan dan pendapatan. Telemarketing juga bertanggung jawab untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Telemarketing dapat membantu memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan, meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan, dan menumbuhkan loyalitas pelanggan.

Pada akhirnya, hal tersebut dapat berdampak positif pada retensi pelanggan (kemampuan perusahaan dalam mempertahankan pelanggan) dalam jangka panjang. Lebih dari itu, telemarketing juga dapat memberikan layanan yang personal melalui panggilan telepon dan menawarkan solusi yang sesuai untuk pertanyaan atau keberatan pelanggan.

Itulah informasi mengenai apa itu telemarketing yang perlu Anda pahami, terutama jika Anda bergelut dalam bidang bisnis. Tidak ada salahnya menerapkan telemarketing untuk meningkatkan penjualan sekaligus kepuasan pelanggan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Jadilah bagian dari komunitas inspirasi kami! Bergabunglah dengan newsletter blog kami dan dapatkan konten menarik, tips bermanfaat, dan berbagai informasi terbaru.

Loading